Artikel Pilihan

Ini Dia 6 Ciri-ciri Pohon Palem yang Wajib Diketahui

ciri ciri pohon palem

Indonesia adalah salah satu negara yang sangat terbuka terhadap berbagai perubahan, maka sangat mudah budaya luar masuk ke Indonesia. Pengaruh budaya luar di Indonesia sudah sangat besar dan hal ini terlihat dari banyaknya cara hidup orang luar yang ditiru, baik cara hidup yang baik ataupun cara hidup yang tidak sesuai dengan cara hidup orang Indonesia.

Salah satu pengaruh luar terhadap Indonesia adalah masuknya berbagai jenis tumbuhan import yang memiliki harga tinggi. Pohon palem memiliki banyak jenis dan ada beberapa jenis palem yang tumbuh subur di Indonesia, namun asalnya dari luar negeri. Secara umum pohon palem memiliki ciri yang unik, sehingga mudah dibedakan dengan pohon jenis lain.


Ciri-ciri Pohon Palem yang Wajib Diketahui

1. Batang

Pohon palem memiliki bentuk batang yang tidak bercabang, sehingga tubuhnya lurus keatas. Pohon palem mirif dengan pohon kelapa, karena memiliki batang pohon yang tunggal. Pohon palem biasanya sangat tegak, sehingga bisa digunakan untuk berteduh dan sangat cocok ditanam di pekarangan rumah, karena tidak memerlukan lahan yang besar.

Batang pohon palem biasanya memiliki ruas, namun tidak memiliki kambium sejati. Pohon palem juga bisa dibuat tumbuh tegak lurus keatas atau dikredilkan dan batang pohon palem juga sangat kokoh, sehingga tak mudah diterpa angin. Batangnya juga tidak memiliki duri, jadi sangatlah aman untuk berada di lingkungan sekitar rumah.

2. Akar

Akar pohon palem biasanya tumbuh dari pangkal batangnya yang bentuknya menyerupai silinder dan akar pohon palem juga tidak begitu bercabang, namun sifatnya sangat padat. Akar pohon palem menusuk dengan kuat kearah tanah, sehingga bisa menahan tanah dari erosi dan bisa melakukan penyerapan air hujan dengan sangat baik.

Akar pohon palem akan masuk ke dalam tanah dan bisa menopang batang yang tumbuh ke arah atas, akar palem juga mampu menopang batang yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter atau lebih. Untuk membedakan akan pohon palem dengan akar pohon lain terlihat dari serabutnya yang sangat kuat dan akarnya sulit untuk dicabut dari pohonnya.

3. Bunga

ciri ciri pohon bunga palem
Sumber: pixabay.com

Pohon palem yang masih muda, akan memiliki bunga yang terlindung dengan seludung bunga dan sebutan untuk karangan bunga palem adalah mayang. Ciri khas dari tangkai mayang adalah memiliki cairan manis yang sering disebut dengan nira dan cairan manis akan keluar saat tangkai mayang dilukai atau tak sengaja terkena benda yang tajam.

Penyerbukan bunga pohon palem biasanya dilakukan oleh berbagai burung kecil atau berbagai jenis serangga. Dengan penyerbukan alami, maka bunga yang keluar adalah bunga yang tidak memiliki kandungan alami dan tidak berbahaya bagi kesehatan manusia. Bunga palem biasanya memiliki tampilan yang indah, sehingga menimbulkan daya tarik bagi yang melihatnya.

Baca Juga :

4. Daun

Ciri khas dari daun pohon palem adalah bentuk daunnya yang tersusun menyirip tunggal, namun daunnya sangatlah majemuk. Ada beberapa jenis pohon palem yang biasanya memiliki duri di area daun, namun durinya lunak dan tidak akan membuat kulit luka. Daun pohon palem memang bagus untuk dilihat, apalagi dipadukan dengan buahnya yang lebat.

Pada bagian tangkainya, daun pohon palem dilengkapi dengan pelepah yang membungkus batang. Daun pohon palem memang hampir mirif dengan daun pohon kelapa, namun perbedaannya dari segi ukuran dan warna, karena daun kelapa ukuran daunnya biasanya lebih panjang. Daun pohon palem memiliki ujung yang bentuknya menyudut atau tidak tumpul.


5. Biji

Pohon palem juga memiliki biji yang dilindunggi oleh lapisan buah di bagian dalam dan lapisan buahnya memiliki tekstur yang keras, karena bentuknya seperti berkayu. Dengan mengetahui berbagai ciri khas yang dimiliki pohon palem, tentu anda bisa mengenali pohon palem yang ada disekitaran rumah dan anda tidak akan salah menentukan jenis pohon.

6. Buah

ciri cri pohon buah palem
Sumber: live.staticflickr.com
Buah yang dimiliki pohon palem biasanya memiliki bagian kulit yang tebal, sehingga bisa menutupi bagian dalam yang berserat atau berair. Serat yang dimiliki buah pohon palem biasa disebut dengan sabut. Buah palem biasanya akan menempel baik di batang dan tidak terlalu sensitif terhadap sentuhan tangan manusia.

Demikian ulasan lengkap mengenai ciri-ciri pohon palem dan semoga semua isi artikelnya bermanfaat bagi para pembacanya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Ini Dia 6 Ciri-ciri Pohon Palem yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel