Artikel Pilihan

Daya Tarik Pohon Palem Ekor Tupai

ciri ciri pohon palem

Tanaman hias menjadi sebuah komoditi yang penting dalam menciptakan lingkungan rumah yang indah. Kini tanamah hias jenisnya sangatlah beragam, karena sudah banyak tanaman yang masuk dari luar negeri dan populer di Indonesia. Harga tanaman dari luar negeri biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan tanaman lokal.

Salah satu tanaman asal luar negeri yang populer di Indonesia adalah palem ekor tupai dan harga jual jenis palem ini sangatlah tinggi. Untuk memperoleh bibitnya bisa didapatkan dengan memesan langsung ke luar negeri atau mencari pecinta pohon palem ekor tupai yang ada di Indonesia. Lembang Bandung menjadi salah satu kawasan penjual tanaman yang menyediakan pohon palem ekor tupai.


Daya Tarik Pohon Palem Ekor Tupai

ciri ciri pohon palem ekor tupai
Sumber: grosirtanaman.com
Pohon palem ekor tupai adalah salah satu tanaman langka yang berasal dari Queensland dan tanaman ini memiliki nama latin yang disebut dengan Wodyetia bifurcata. Palem Ekor Tupai seringkali ditemukan dijadikan tanaman hias, karena memiliki bentuk yang unik dan untuk mendapatkan jenis palem ekor tupai kualitas bagus, tentu akan memiliki harga yang sangat tinggi.

Secara umum, pohon palem ekor tupai memiliki bentuk yang hampir sama dengan pohon palem raja. Tak heran keduanya seringkali ditanam di pinggir jalan sebagai tanaman pembatas jalan. Ciri daun dan pelepah pohon palem ekor tupai bisa mencapai panjang hingga 3 meter dan bentuk anak daun pohon palem ekor tupai terlihat sempit, hal ini yang membuat anak daun tumbuh mengelilinggi ibu tangkai daun.

Pohon palem ekor tupai bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter, namun apabila ditanam di pot akan menjadi kerdil atau pendek. Warna batang pohon palem ekor tupang adalah kelau dan bagian batangnya memiliki ruas yang lumayan rapat. Pohon palem ekor tupai akan menghasilkan bunga betina dan bunga jantan pada bagian tangkai yang terpisah.

Pohon palem ekor tupai juga memiliki ukuran buah yang relatif besar, karena diameternya bisa mencapi 4 cm dan warna buahnya adalah hijau saat masih mudah, sedangkan warnanya akan berubah menjadi merah saat sudah matang. Pohon palem ekor tupai menjadi satu-satunya jenis pohon palem yang masuk dalam marga Wodyetia.

Asal Usul Penamaan Pohon Palem Ekor Tupai

Dulunya pohon palem ekor tupai hanyalah suatu pohon palem biasanya yang tidak terkenal sama sekali. Namun pada tahun 1978, seorang pria yang berasal dari suku aborigin di Australia membawa pohon palem ekor tupai kepada seorang botaniwan dan sejak itulah jenis pohon palem ekor tupai mulai dikenal ke berbagai penjuru dunia.

Baca Juga :

Wodyeti adalah pria yang berjasa membawakan pohon palem ekor tupai ke botaniwan dan atas jasanya yang besar, nama Wodyeti diabadikan menjadi salah satu nama marga atau genus. Pooularitas pohon palem ekor tupai terus berkembang dari tahun ke tahun, apalagi setelah hadirnya jaringan internet dan berbagai sosial medianya.


Ekologi dan Habitat Pohon Palem Ekor Tupai

ciri ciri pohon palem ekor tupai
Sumber: rumputgajahminimurah.com
Pohon palem ekor tupai berasal dari Tanjung Melville yang merupakan bagian tebing terbuka yang memiliki pasir dan kawasan Tanjung Melville terbilang sangat terbatas, karena menjadi bagian dari Taman Nasional Tanjung Melville yang ada di Australia. Dengan adanya pohon palem ekor tupai, tentu menambah keragaman tanaman hias berkualitas.

Taman Nasional Tanjung Melville memang sudah sejak lama terkenal sebagai kawasan yang membudidayakan berbagai keanekaragaman hayati dan tidak hanya pohon palem ekor tupai yang ada di taman nasional ini, banyak juga jenis tanaman lain. Taman Nasional Tanjung Melville telah menjadi salah satu puak pribumi yang ada di Australia.

Taman Nasional Tanjung Melville tidak hanya dihuni berbagai jenis tanaman, namun banyak juga dihuni berbagai jenis hewan. Ada beberapa jenis hewan khas Australia yang ada disini seperti cecak berekor cincin dan wallaby Petrogale godmani. Kedua contoh hewan itu bisa tumbuh dan berkembang dengan sangat baik di Taman Nasional Tanjung Melville. Jenis reptil juga banyak ditemukan di Taman Nasional Tanjung Melville seperti katak pohon dan katak gunung.

Demikian bahasan lengkap mengenai daya tarik pohon palem ekor tupai dan semoga semua bahasannya bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Daya Tarik Pohon Palem Ekor Tupai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel