Artikel Pilihan

Cara Menanam dan Merawat Pohon Palem Putri

ciri ciri pohon palem putri

Pohon palem putri adalah suatu jenis pohon palem yang sudah familiar di Indonesia, karena pohon palem putri bisa ditemukan di pinggir jalan. Tak hanya itu, palem putri juga seringkali dijadikan tanaman hias dan disimpan dalam sebuah pot. Bentuk pohon palem putri memang hampir mirif dengan pohon palem raja. Palem putri memiliki daun yang lebih lebar dab warna daun palem putri lebih hijau.

Pohon palem putri memiliki sifat yang kosmopolit dan tanaman ini bisa tumbuh di berbagai jenis iklim. Dengan daya tahannya yang kuat, banyak masyarakat yang menanam palem puri di rumahnya. Untuk bisa melakukan budidaya pohon palem putri, tentu ada berbagai hal penting yang harus diketahui dan cara perawatan yang baik, akan membuat proses pertumbuhan palem putri menjadi lebih cepat.

Persiapan Bibit Palem Putri

ciri ciri pohon palem putri
Sumber: bukalapak.com
Untuk melakukan pembibitan palem putri bisa dilakukan dengan menggunakan biji dan caranya dengan mengambil biji palem putri yang sudah berusia tua, sebaiknya yang sudah jatuh secara alami ke tanah. Langkah berikutnya adalah proses perendaman biji di dalam air, sebaiknya kupas kulit buah palem yang sudah direndam dengan menggunakan pisau.

Setelah proses pengupasan selesai, sebaiknya jemur buah palem putri hingga kering. Apabila biji sudah kering, simpanlah biji kering dalam keadaan bersih dan buah palem putri haru dibungkus dengan rapih, supaya tidak ada udara yang masuk. Penyimpanan dilakukan selama 12 bulan atau setahun lebih, tidak boleh kurang dari setahun.

Setelah proses penyimpanan selesai, maka lanjut ke proses perendaman biji palam putri di dalam air yang sudah dicampurkan dithane M45 sekitar 2 liter. Biji palem putri yang lunak biasanya membutuhkan waktu perendaman sekitar 6 sampai 12 jam dan untuk biji palem putri yang keras diperlukan waktu perendaman sekitar 2-3 hari.

Untuk membuat biji pohon palem putri cepat berkecambah, maka rendamlah biji dalam lumpur sekitar 4 hari. Biji yang sudah lunak dan lembap bisa langsung dimasukan ke dalam polybag atau karung, agar pertumbuhan kecambahnya menjadi lebih cepat dan semprotkan air ke dalam polybag atau karung, kemudian ikat dengan rapat supaya bisa disimpan di tempat teduh.

Penyimpanan polybag di tempat teduh biasanya berlangsung dalam waktu 2-4 minggu. Apabila akar pohon palem putri telah tumbuh, sebaiknya simpanlah dalam sebuah wadah yang diisi dengan gambut. Segera siapkan media tanam yang terdiri dari pasir halus, sekam padi, dithane M45 dan pupuk kandang secukupnya.

Baca Juga :

Kemudian masukan semua media tanam dalam sebuah pot atau polybag yang memiliki ukuran volume 90% dan bibit palem putri ditancapkan di pot dengan rapat, agar akar bisa langsung menancap pada media tanam. Setelah itu, taburilah tanaman dengan selapis pasir dan simpanlah pohon pelam putri di tempat yang teduh.

Apabila dalam jarak 2 sampai 3 hari tanaman mengalami kekeringan, sebaiknya semprotlah dengan air secukupnya dan jika daun sudah ada yang tumbuh, segeralah pindahkan tanaman ke lokasi yang lebih besar.

Cara Menanam Pohon Palem Putri

ciri ciri pohon palem putri
Sumber: bukalapak.com
Untuk melakukan pemindahan siapkanlah media tanam seperti sekam padi, pupuk dan tanah, kemudian masukanlah semua media tanam ke dalam sebuah wadah. Proses mencongkel bibit haruslah menggunakan peralatan yang bersih dan lakukanlah pencongkelan dengan baik, agar tidak ada bagian akar yang terpotong. Setelah itu celupkan bagian akar bibit pohon palem putri ke dalam dithan M45.

Masukan bibit kedalam pot yang sudah disiapkan dan tempatkan pot di lokasi yang teduh. Untuk menunjang pertumbuhan tanaman, sebaiknya gunakan pupuk NPK setiap 1,5 bulan sekali dan pemakaian NPK hauslah secukupnya, agar tidak menimbulkan efek samping. Lakukanlah proses penyiraman rutin setiap hari dan perawatan ekstra harus dilakukan selama 8 bulan.


Cara Merawat Pohon Palem Putri

Pohon palem yang sudah beranjak dewasa, bisa disiram seperlunya dan tidak perlu memberikan air yang berlebihan. Pemupukan harus tetap dilakukan secara berkala menggunakan pupuk NPK dan penggunaan pupuk harus disesuaikan dengan ukuran pohon palemnya. Apabila pohon sudah semakin besar dan pot sudah mulai rusak, segeralah pindahkan pohon ke tanah.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara menanam dan merawat pohon palem putri dan semoga semua isi artikel dapat bermanfaat untuk para pembaca.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Pohon Palem Putri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel