Artikel Pilihan

Pohon Pinus Canary, Jenis Pohon yang Paling Tahan dengan Api

ciri ciri pohon pinus

Pohon pinus dikenal sebagai pohon yang tahan dengan api. Jadi, meski hutan mengalami kebakaran, pohon yang disebut sebagai tanaman runjung atau konifer itu bisa tetap bertahan. Salah satu jenis pohon pinus yang paling tahan dengan api adalah pohon pinus Canary.

Ketahanan pohon pinus Canary terhadap api terlihat pada beberapa jenis ini yang terdapat di hutan-hutan yang berada di wilayah Spanyol. Diketahui, negara Spanyol merupakan salah satu negara di dunia yang sering mengalami kebakaran hutan. Namun meski sering terbakar, pohon pinus Canary ini tetap bisa tumbuh dengan kokoh.

Selama tiga dekade terakhir, ada lebih dari 14.000 kebakaran per tahun yang melanda 200.000 hektar di Spanyol. Kebakaran ini membakar total hampir 6 juta hektar (Mha), dari area hutan seluas ca. 25 Mha. Kebakaran terjadi hampir di mana-mana di seluruh negeri, kecuali di lembah-lembah sungai besar, tempat lanskap pertanian mendominasi

Sedikitnya ada sekitar 0,55% dari total luas hutan Spanyol terbakar. Kebakaran hutan ini bisa dibilang sudah melebihi kapasitas pemadam kebakaran. Namun meski sering terjadi kebakaran, Pohon pinus Canary ini tetap tumbuh dengan baik karena memiliki salah satu tunas yang khas.

Pohon pinus Canary ini dianggap sebagai salah satu tumbuhan runjung yang paling tahan api di dunia. Setelah pohon pinus ini terbakar, akan tumbuh tunas epikorma glaucous (kebiruan-hijau) yang tumbuh dari batang bawah. Namun, perlu diketahui bahwa tunas episormik hanya terjadi sebagai akibat kebakaran atau kerusakan lain.

Pohon pinus yang memiliki nama latin Pinus canariensis ini merupakan spesies gymnospermae dalam famili konifer Pinaceae. Ia adalah salah satuh pohon pinus besar yang asli dan endemik di Kepulauan Canary luar di Samudra Atlantik. Pohon pinus Canary merupakan jenis pinus subtropis dan tidak bisa berada di suhu rendah atau embun beku, suhu yang bertahan turun sekitar −6 hingga −10 ° C.
ciri ciri pohon pinus canary
Sumber: nikospiano.com
Di dalam wilayah alaminya, pohon pinus Canary tumbuh di bawah curah hujan yang sangat bervariasi. Dalam kondisi yang lebih hangat, pohon pinus ini adalah salah satu pinus yang paling toleran terhadap kekeringan, hidup bahkan dengan curah hujan kurang dari 200 mm (7,9 in) per tahun.

Sayangnya, pohon pinus canary yang asli sudah agak berkurang karena telah ditebang habis. Sehingga hanya pulau-pulau Tenerife, La Palma dan Gran Canaria masih memiliki hutan besar. Pohon yang benar-benar besar masih jarang karena terjadi penebangan yang berlebihan.

Baca Juga :

Sedangkan bentuk daun dari pohon pinus Canary ini berwarna hijau ke kuning-hijau seperti jarum, dalam bundel tiga, panjang 20-30 cm. Sedangkan panjang kerucut ini memiliki panjang 10–18 cm (3,9-7,1 in), lebar 5 cm (2,0 in). Adapula yang berwarna cokelat kastanye mengkilap di warna dan sering tetap tertutup selama beberapa tahun atau yang biasa dikenal dengan nama kerucut serotinous.

Kerabat terdekat pohon pinus ini adalah Pinus Chir (Pinus roxburghii) dari Himalaya, pinus Mediterania Pinus pinea, Pinus halepensis, Pinus pinaster dan Pinus brutia dari Mediterania timur. Sebelumnya, pinus Canary juga pernah ditemukan fosilnya di Turki. Ia berasal dari zaman Pliosen awal.

Jangan salah, daun pohon pinus yang berbentuk jarum dan panjang ini ternyata punya kontribusi yang signifikan terhadap pasokan air di kepulauan Canary. Daun pohon pinus ini menjebak sejumlah besar kondensasi dari udara lembab yang datang dari Atlantik dengan angin timur laut yang berlaku (secara lokal disebut "alisios"). Kondensasi itu kemudian jatuh ke tanah dan cepat diserap oleh tanah, akhirnya meresap ke akuifer bawah tanah.

Pinus canariensis tumbuh rata-rata setinggi 30–40 m (98–131 kaki) dan diameter batang 100-120 cm (39–47 in), juga rata-rata. Namun, tentu saja ada pengecualian. Salah satu pengecualian tersebut adalah Pino Gordo, yang terletak di Vilaflor di Tenerife, yang tingginya 45,12 meter dan memiliki lingkar sama dengan 9,36 pada ketinggian dada. Lebar minimum Pino Gordo adalah 3,10 meter, dan maksimal 3,16.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Pohon Pinus Canary, Jenis Pohon yang Paling Tahan dengan Api"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel