Artikel Pilihan

Bougenville Alexandra, Bunga Hibrida dari Brasil Warna Ungu yang Cantik

Ciri Ciri Pohon Bougenville Alexandra

Bougenville Alexandra—Bagi Anda pecinta tanaman hias, Anda pasti sudah tak asing dengan tanaman bougenville dan salah satu varietasnya yang memiliki warna mengagumkan. Tempat tinggal kita yang berada di iklim tropis, sangat cocok menjadi habitat tumbuhnya tanaman bougenville.

Bougenville memiliki beberapa julukan, seperti “triple flower”, “miracle flower”, dan “bunga kertas”. Ketika mekar, bunga ini memiliki ciri khas yakni melimpahnya bunga yang bermekaran. Setiap bunga memiliki bentuk bintang yang tidak biasa, yang tersusun dari tiga antena. Jika Anda tertarik untuk menanam bougenville di pekarangan rumah Anda, simak informasi-informasi menarik tentang bougenville alexandra berikut ini.

Tentang Bougenville Alexandra

Bougenville alexandra merupakan tumbuhan merambat dari Brasil yang dapat beradaptasi dengan baik pada daerah dengan iklim Mediterania. Dalam beberapa dekade terakhir, bunga kertas jenis alexandra ini telah banyak menjadi bagian dekorasi lanskap.




Di musim panas, bunga bougenville alexandra akan tumbuh dengan dikelilingi seludang berwarna pink-violet cerah yang cantik. Di negara-negara yang memiliki iklim dingin, bougenville varietas alexandra cocok ditanam di dalam pot, di balkon, atau untuk menghiasi teras rumah.

Agar dapat menghasilkan bunga yang melimpah, tanaman ini memerlukan sinar matahari penuh berjam-jam dalam sehari. Sebelum turun saji pertama di musim dingin, Anda disarankan untuk membawa tanaman ini ke tempat yang terlindung.

Bunga ini memiliki nama latin Bougainvillea spectabilis alexandra, dapat Anda tanam sebagai semak atau menjadi tanaman rambat dengan bantuan teralis, dinding, atau pohon untuk menopangnya. Tanaman bougenville ini dapat tumbuh mencapai 70 hingga 150 cm, dengan penyebaran 1 m pada tingkat 60 cm atau lebih.

Baca juga : Teknik Budidaya Tanaman Bougenville Ini Dapat Membuat Bunga Cepat Tumbuh

Penggunaan Tanaman Hias Bougenville Alexandra

Bougenville Alexandra
Sumber: www.diygarden.co.uk
Bougenville alexandra selama ini dimanfaatkan karena memiliki tampilan seludang yang berwarna cantik dan dapat mekar sepanjang tahun, sehingga dapat memberikan kesan tropis yang kuat ketika diaplikasikan. Tanaman ini memiliki tingkat toleransi yang tinggi terhadap polusi di daerah perkotaan, sehingga dapat ditanam di kawasan industri, di sepanjang jalan yang sering dilalui kendaraan, area pertokoan atau di tempat parkir.

Anda dapat menanamnya sebagai bonsai, bahkan membentuknya menyerupai keranjang besar dan angsa. Tanaman bougenville varietas alexandra dengan kombinasi warna ungu pada seludang dan dedaunan hijau sepertinya layak diberi julukan golden jackpot.

Meski diletakkan di dalam wadah, bunga ini juga tetap tampil menawan. Pastikan Anda menyesuaikan ukuran wadah dengan varietas bougenville, semakin besar ukuran tanaman bougenville, maka dibutuhkan wadah yang lebih besar.

Baca juga : Memahami Filosofi Bunga Bougenville yang Eksotis dan Indah

Di Mana Tempat Menanam Bougenville Alexandra yang Tepat?

Wadah yang digunakan untuk menanam bougenville jenis alexandra harus memiliki lubang di bagian dasarnya. Lubang ini berfungsi untuk membuang kelebihan air, sehingga akar bougenville tidak mengalami kebusukan. Namun, jika Anda menanamnya di lahan, maka Anda perlu lebih sering menyiramnya. Menanam bunga kertas varietas alexandra dalam pot memungkinkan Anda untuk memindahkan letak ketika memasuki musim dingin, sehingga tanaman bougenville Anda tidak akan terpapar es dan kondisi yang terlalu ekstrim.

Anda juga dapat meletakkan bunga hias ini di dalam ruangan. Namun, karena tanaman bougenville jenis alexandra memerlukan sinar matahari yang optimal, sebaiknya Anda meletakkan pot di daerah yang mendapat penyinaran matahari cukup. Hal ini bertujuan agar tanaman bougenville Anda tidak layu dan dapat mekar sempurna.

Meskipun tanaman bougenville toleran terhadap banyak jenis tanah, tapi tanaman ini lebih suka tumbuh di media tanam yang mengandung tanah liat, pasir, dan lumpur dengan proporsi yang seimbang. Anda dapat menambahkan bahan organik untuk memungkinkan nutrisi dengan mudah mencapai akar. Untuk perawatan terbaik tanaman bougenville alexandra, Anda dapat memilih tanah dengan pH lebih dari 6.




Perawatan tanaman bougenville sangat mudah, Anda bahkan tidak perlu terlalu khawatir tentang air begitu tanaman mulai berbunga. Penyiraman hanya diperlukan ketika tanaman mulai layu dan tanah tampak kering. Tanaman merambat ini juga memerlukan makanan tambahan, sehingga Anda dapat memberikan pupuk setiap bulan di musim semi dan awal musim panas. Pastikan dosis yang Anda berikan seimbang.

Demikian pembahasan tentang bougenville alexandra, semoga dapat memberikan pengetahuan yang baru bagi Anda.


Baca Juga :





Belum ada Komentar untuk "Bougenville Alexandra, Bunga Hibrida dari Brasil Warna Ungu yang Cantik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel