Artikel Pilihan

Kandungan Dalam Bibit Pohon Bidara Untuk Kecantikan

Bibit Pohon Bidara

Salah satu bibit tanaman yang paling sering dicari adalah bibit tanaman karena mudah dalam perawatan dan mencarinya. Selain bibit pohon bidara, orang juga biasanya membeli daun dan buahnya untuk dikonsumsi atau dijadikan obat. Bagian dari pohon bidara ini memang terkenal memiliki banyak sekali manfaat.

Dalam sebiji bibit pohon bidara diketahui memiliki banyak sekali kandungannya. Ada kandungan mikronutrien, yang berupa karbohidrat, lemak, dan protein. Selain itu, ada juga beberapa kandungan mikronutrien yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain dibutuhkan tubuh, tumbuhan ini juga mengandung berbagai zat yang berguna untuk menambah kecantikan. 

Kandungan Zat Bibit Pohon Bidara Untuk Kecantikan 


1. Anti inflamasi 

Anti inflamasi biasa dikenal juga sebagai anti bakteri yang berfungsi untuk mencegah infeksi pada luka. Untuk wajah, kandungan ini berguna untuk mencegah radang dan infeksi pada bekas jerawat. 

Jerawat biasanya disebabkan oleh kotoran yang terus menumpuk di pori-pori wajah dalam waktu yang lama hingga akhirnya menimbulkan reaksi. Selain jerawat, proses ini juga biasanya menyebabkan komedo. 

Karena itu, anda harus membuang bakteri yang menempel di wajah setelah anda beraktivitas seharian. Salah satu bahan alami yang bisa anda pakai sebagai anti bakteri untuk wajah adalah daun, buah, atau bibit pohon bidara. 

Anda bisa menggunakan bibit pohon bidara sebagai masker dengan menumbuknya hingga halus. Anda juga bisa menambahkan susu, madu, air putih biasa. Oleskan pada wajah hingga kering dan bilas lagi dengan air putih. 

Pemakaian yang rutin bisa membuat kulit wajah anda bebas dari jerawat. Karena memiliki kandungan anti bakteri, bibit pohon bidara juga bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka gores. 

2. Antioksidan 

Tanda-tanda kekurangan antioksidan bisa terlihat dari tubuh yang cepat melemah dan kulit yang semakin pucat. Bukan hanya pucat, akan muncul tanda penuaan dini pada kulit anda. Bila anda kekurangan antioksidan, akan muncul garis halus, perubahan warna pigmen, serta kulit yang mulai keriput. 

Itulah mengapa banyak sekali produk kecantikan yang mengklaim bahwa produk mereka mengandung antioksidan yang tinggi. Meski mereka mengaku memiliki produk dengan antioksidan yang tinggi. Namun, nyatanya jarang sekali ada produk dengan kandungan antioksidan yang benar-benar tinggi. 

Jika benar kandungannya tinggi, harganya sudah pasti mahal. Ada solusi lain bagi anda yang ingin memberi nutrisi antioksidan kepada kulit. Anda bisa menggunakan bibit pohon bidara sebagai alternatif. 

Cara menggunakannya sama, yaitu menjadikannya masker. Terkandung antioksidan yang cukup besar di dalam sebiji bibit pohon bidara yang kecil. Jangan terkejut kalau nantinya wajah anda akan lebih cerah nantinya. 

3. Vitamin C 

Vitamin C memiliki fungsi untuk membantu daya tahan tubuh serta sebagai antioksidan. Namun, vitamin C juga terkenal memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Salah satunya adalah untuk meremajakan kulit. 

Fungsi ini satu paket dengan antioksidan yang mencegah penuaan dini. Kulit anda akan semakin kencang dan lembut. Selain itu, vitamin C juga berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari. 

Kandungan vitamin C dalam 100 gram bibit pohon bidara ada 0,07 mg. Sudah cukup banyk untuk membuat kulit anda jadi lebih mulus. Bila anda masih merasa vitamin C yang terkandung dalam tanaman ini masih kurang, anda bisa menambahkan perasan air lemon. 

4. Vitamin B3 

Kandungan gizi yang dapat menutrisi kulit dalam bibit pohon bidara memang sangat lengkap. Kali ini ada vitamin B3 yang juga sangat dibutuhkan oleh kulit. Dalam 100 gram tanaman ini mengandung vitamin B3 sebanyak 0,8 mg. 

Vitamin B3 memiliki fungsi yang sangat vital bagi kulit wajah. Beberapa fungsi vitamin B3 adalah mengendalikan produksi minyak yang berlebih pada wajah, melindungi kulit dari sinar matahari, mencegah bintik merah pada kulit yang sensitif, mempertahankan kelembapan kulit, dan mencegah penuaan dini. 

Fungsinya sangat lengkap untuk segala jenis permasalahan kulit. Kulit kamu berminyak atau kering, bisa memakai masker yang terbuat dari bibit pohon bidara. 


Manfaat Lain dari Bibit Pohon Bidara 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: saungsehat.com
Selain untuk kecantikan, bibit pohon bidara juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan badan. Salah satunya adalah menjaga nutrisi badan. Anda juga sudah mengetahui kalau dalam bibit ini terdapat makronutrien dan mikronutrien yang sangat lengkap. 

Dalam bibit pohon bidara juga ada zat besi, fosfor, dan kalsium yang sangat berguna untuk darah, jaringan saraf, dan tulang. Ada juga berbagai mineral lain yang bisa mencegah penyakit berbahaya. 

Anda bisa menjadi bibit pohon bidara menjadi minuman yang menyegarkan atau memakan langsung. Daunnya juga bisa anda rebus menjadi minuman teh. Mengkonsumsi buah dan daun bidara secara rutin setiap hari bisa mencegah penyakit. 

Penyakit yang bisa dicegah oleh bibit pohon bidara adalah penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, diabetes, dan kolesterol. Tanaman ini juga bisa mengatasi masalah pencernaan, kecemasan, dan insomnia. Tanaman ini juga dipercaya bisa mengusir makhluk halus. 
Bibit Pohon BIdara
Sumber: putratani.com
Bibit pohon bidara memang kaya akan nutrisi. Tidak hanya bisa mengatasi masalah kecantikan wajah. Namun, juga bisa mengatasi berbagai penyakit yang berbahaya. Apakah anda masih ragu untuk menanam bibit pohon bidara?

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Kandungan Dalam Bibit Pohon Bidara Untuk Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel