Artikel Pilihan

Panduan Mengidentifikasi Pohon Maple Gula Untuk Pemula

ciri ciri pohon maple

Pohon maple gula yang dalam bahasa Latin disebut dengan Acer biasanya tumbuh dengan subur di timur laut Amerika Utara, Tenggara Kanada dan juga timur laut Amerika Serikat. Pohon maple gula ini juga bisa menghasilkan kayu yang sangat kuat dan tentunya sirup maple yang bisa meningkatkan ekonomi daerah.

Pohon maple gula sendiri bisa diidentifikasi dari kulit kayu, daun, ranting serta ukuran buahnya yang kecil. Namun untuk anda yang masih pemula dan masih belum mengerti cara mengidentifikasi pohon maple gula, berikut akan kami berikan panduannya.

1. Identifikasi Pohon Maple Gula Dari Bagian Daun

ciri ciri pohon daun maple
Sumber: statesymbolsusa.org
Daun dari pohon maple gula punya warna yang hijau gelap pada bagian luar serta hijau muda untuk bagian bawahnya. Ketika musim gugur, maka daun maple akan berubah warna menjadi oranye, merah serta kuning yang sangat cantik. Selain itu, ada hal lain yang harus anda perhatikan dari bagian daun pohon maple, seperti:


Hitung Lobus

Daun dari pohon maple gula terbagi menjadi lima lobus yakni 3 lobus utama berukuran besar serta 2 lobus yang lebih kecil di bagian kedua sisinya. Lobus tersebut tersebut ditandai dengan gerigi tajam.

Perhatikan Bagian Ujung Daun

Untuk bagian ujung daun pohon maple gula memiliki bentuk U dan bundar pada bagian pangkal. Sedangkan untuk jenis pohon maple lain mempunyai margin merah seperti maple merah yang punya titik tajam serta margin yang bergerigi di antara lobusnya. Inilah yang bisa dijadikan pembeda dari pohon maple.

Sementara untuk tangkai daun pohon maple gula ini yang menjadi penghubung daun dengan cabang tempat tubuh dengan panjang yang sama seperti daun.

Periksa Daun yang Tumbuh Pada Ranting

Periksa juga daun yang tumbuh secara tegak lurus di ranting yang berpasangan atau dinamakan dengan orientasi berlawanan. Nantinya, daun akan tumbuh pada satu set dan saling berseberangan di masing masing cabang serta ranting.

Perhatikan Ukuran Daun

Untuk daun pohon maple gula berukuran sekitar 3 inci serta 5 inci untuk panjang dan lebarnya. Anda bisa mengukurnya dengan jari tangan seperti ibu jari ke sambungan yang pertama sekitar satu inci.

Baca Juga :


2. Identifikasi Pohon Maple Gula Dari Ranting Serta Kulit

Untuk kulit pohon maple gula akan terus berubah sesuai dengan umurnya. Untuk kulit pohon maple gula berwarna coklat agak abu abu. Sedangkan untuk kulit pohon maple gula dewasa memiliki warna coklat gelap serta memiliki alur vertikal serta jarak yang dekat. Selain itu, anda juga bisa mengidentifikasi pohon maple gula dari bagian ranting serta kulit lewat beberapa cara, seperti:


Periksa Bagian Tepi Kulit

Untuk bagian tepi kulit pohon maple gula akan semakin terkeluapas seiring dengan bertambahnya umur pohon. Pohon maple gula yang sudah tua akan terlihat lebih kusam karena bagian kulit batang sudah mulai banyak terkelupas.


Periksa Bagian Ujung Rating

Ranting merupakan cabang tipis serta kecil yang tumbuh di bagian cabang yang ukurannya jauh lebih besar. Anda bisa melihat pada ranting yang lebih ramping serta kecil dengan warna cokat agak kemerahan. Sementara untuk tunas kecil pada setiap ujung ranting akan tertutupi dengan sisik sisik berukuran kecil warna coklat.

Sedangkan selama musim dingin, nantinya tunas bisa berwarna coklatserta berbentuk kerucut yang tumbuh di sepanjang ranting. Untuk tunas ranting pohon maple gula yang berasal dari Norwegia berukuran lebih besar dibandingkan gula maple biasa. Kuncup maple Nirwegia akan tertutup dengan sisik berwarna ungu serta ukurannya yang bulat besar.


3. Mengidentifikasi Pohon Maple Gula Dari Buahnya

ciri ciri pohon daun maple
Sumber: bobklips.com
Untuk bagian buah pohon maple gula memiliki warna hijau yang akan menjadi coklat ketika matang saat musim gugur. Daunnya terlihat seperti tapal kuda yang artinya buah mempunyai 2 daun yang akan tumbuh berlawanan dari buahnya. Untuk bunga nantinya akan berubah menjadi buah ganda berbentuk seperti daun.

Buah pohon maple gula ini nantinya berukuran kurang lebih 2.5 cm dan sayap maple gula akan tumbuh sejajar antara yang lain. Buah dari pohon maple gula terkadang juga disebut dengan biji meski sebenarnya untuk biji ada di bagian dalam buah dari pohon gula maple.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Panduan Mengidentifikasi Pohon Maple Gula Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel