Artikel Pilihan

Cara Menumbuhkan Tunas Pohon Maple Dari Benih

ciri ciri pohon maple

Sekarang ini, ada begitu banyak spesies dari pohon maple yang bisa ditemukan dan belum ditemukan satu pun cara yang paling pas untuk menanam pohon maple dari benihnya. Beberapa spesies pohon maple mungkin akan mudah ditanam khususnya saat benih disebar pada awal musim panas atau musim semi.

Namun untuk jenis pohon maple yang lain bisa dikatakan cukup sulit bahkan para profesional sendiri hanya bisa mengecambahkan pohon maple dengan tingkat keberhasilan dari 20 sampai 50% saja. Jika memang mungkin, sebaiknya identifikasi jenis maple lebih dulu sebelum mulai ditanam. Namun jika tidak, maka anda bisa mencoba cara menumbuhkan tunas pohon maple dari benih berikut ini.

1. Gunakan Gabungan Stratifikasi Hangat Serta Dingin

ciri ciri pohon maple
Sumber: valavanisbonsaiblog.files.wordpress.com
Untuk jenis maple Amur, vine maple, paperbark maple dan maple bergaris adalah jenis pohon maple yang susah untuk ditanam serta butuh perhatian yang lebih ekstra. Ini juga berlaku pada sebagian spesies pohon maple dari Asia, maple gunung dan juga maple di gunung berbatu. Semua benih dari jenis pohon maple ini akan mulai jatuh pada musim dingin atau musim gugur. Jika hanya dibiarkan saja di tanah, maka butuh waktu hingga bertahun tahun sampai akhirnya bisa berkecambah.

Rawat Lambung Luar

Umumnya, beberapa spesies pohon maple ini memiliki lambung keras atau pericarp dan para petani sering membuat stratifikasi lambung ini untuk meningkatkan proses perkecambahan. Anda bisa menggosok pangkal benih dengan cara diamplas. Sesudah lambung terlihat, maka berhenti dan jangan sampai mantel biji di bagian bawahnya robel.

Kemudian, rendam biji memakai hidrogen peroksida beberapa jam kemudian bilas sampai bersih dan rendam benih pohon maple tersebut di dalam air hangat sekitar 24 jam.


Simpan Pada Ruangan Hangat

Sangat direkomendasikan untuk menyimpan benih di suhu antara 20 sampai 30 derajat celcius selama 30 hingga 60 hari.


Lakukan Stratifikasi Dingin Selama 90 Sampai 180 Hari

Lanjutkan dengan memindahkan benih pohon maple ke dalam kantong plastik yang tertutup di lemari es yang ditambahkan dengan sedikit gambut atau bahan untuk pertumbuhan yang lain. Perisak beberapa minggu sekali untuk melihat apakah ada tanda kekeringan, jamur atau pertumbuhan.

Untuk benih pohon maple gunung berbatu atau Acer glabrum umumnya butuh waktu 180 hari supaya bisa mulai berkecambah. Sedangkan untuk jenis lainnya butuh waktu lebih singkat yakni selama 90 hari meski memang tidak bisa diprediksi dengan tepat. Anda juga jangan sampai berharap jika semua benih akan tumbuh. Ini disebabkan tingkat perkecambahan yang bisa terjadi hanya sekitar 20% untuk jenis benih pohon maple ini.

Baca Juga :

Menanam Benih

Anda sudah bisa meletakkan benih yang berkecambah di nampan bibit di dalam ruangan atau juga bisa ditanam diluar ketika musim dingin sudah berakhir. Tanamlah antara 0.6 sampai 2.5 cm di bawah permukaan tanah. Siram juga sesekali namun jangan sampai biarkan tanah sampai mengering terlalu lama.


 Kecambah Langsung di Tanah

ciri ciri pohon maple
Sumber: gardeningknowhow.com
Pohon maple merah namun bukan maple Jepang dan juga maple perak, bijinya akan mulai berjatuhan pada awal musim tanam. Selain itu, spesies ini juga tidak mati dan tidak butuh perawatan yang khusus. Beberapa jenis pohon maple merah tidak menjatuhkan benih hingga musim gugur atau sampai musim dingin yang butuh stratifikasi dingin.

Langsung Ditanam dan Jangan Disimpan

Untuk benih beberapa jenis pohon maple ini akan mati jika sampai kering pada penyimpanan. Untuk itu, benih beberapa jenis pohon maple ini harus segera ditanam sesudah dikumpulkan sebab harus berkecambah secepatnya.


Tanam Pada Tanah yang Lembab

Letakkan benih pohon maple pada kondisi tanah yang lembab serta banyak dedaunan dan bahan organik. Jika tanah tidak sampai kering, maka benih juga tidak memerlukan perawatan ekstra.

Tanam Pada Area Terkena Matahari atau Teduh Sebagian

Untuk pohon maple perak, maka tidak cocok untuk ditanam di area yang teduh. Pohon maple merah bisa ditanam di daerah yang teduh hanya 3 hingga 5 tahun saja, namun akan sulit tumbuh jika terus menerus tumbuh di area yang teduh.

Biarkan Wadah Tanpa Terganggu

Apabila ada beberapa benih yang gagal berkecambah, maka biasanya tetap akan bertunas di tahun selanjutnya. Namun jika terlihat banyak benih yang gagal tumbuh, maka sebaiknya jangan gunakan kembali lahan tersebut di musim berikutnya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Menumbuhkan Tunas Pohon Maple Dari Benih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel