Artikel Pilihan

4 Alasan Memelihara Tanaman Aglonema

ciri ciri pohon aglonema

Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang beberapa alasan yang membuat banyak orang ingin menanam Aglonema. Tanaman hias Aglonema merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sudah banyak dikenal. Sudah banyak orang yang menanam dan bahkan membudidayakan tanaman ini yang juga mampu memberikan keuntungan.

Tanaman yang juga bernama Sri Rejeki kerap menjadi incaran masyarakat dan para pecinta tanaman. Mereka menganggap bahwa memelihara tanaman hias Aglonema akan membuat orang yang memilikinya selalu diselimuti oleh keberuntungan. Maka dari itu, Aglonema kerap dikaitkan dengan keberuntungan seseorang. Selain itu, ketika melihat Aglonema untuk pertama kali, kesan yang didapatkan adalah tanaman ini merupakan tanaman yang sangat indah.

Bagian Aglonema yang langsung membuat pandangan tertuju dan tidak bisa berpaling adalah daunnya. Daun yang dimiliki oleh Sri Rejeki ini memang berbeda dengan yang dimiliki oleh tanaman hias yang lainnya. Daun tanaman inilah yang membuat semua orang langsung jatuh cinta. Apalagi beberapa jenis tanaman hias Aglonema hadir dengan perpaduan warna yang sangat indah.

Alasan Memilih Tanaman Hias Aglonema

ciri ciri pohon aglonema
Sumber: sukad.files.wordpress.com

Berikut ini kami akan memberikan beberapa alasan yang melatarbelakangi mengapa banyak orang memilih tanaman hias Aglonema dibandingkan dengan tanaman yang lain. Salah satu alasannya mungkin sama dengan alasan anda memelihara tanaman tersebut.

1. Keindahan daunnya

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa kesan pertama yang akan membuat semua orang tidak bisa berpaling adalah daun Aglonema. Daun yang dimiliki tanaman hias Aglonema memang berbeda dengan daun tanaman hias yang lainnya. Bukan dari segi bentuknya saja, melainkan warnanya pun merupakan campuran dari beberapa warna. Perpaduan warna inilah yang membuat warna daunnya semakin indah dan membuat siapapun tidak bisa melepaskan pandangan mereka.

Bahkan ada beberapa jenis tanaman hias Aglonema yang terkenal memiliki warna daun paling cantik. Tentu saja tanaman tersebut dijual dengan harga yang mahal, sekali pun ketika anda hanya membeli bibitnya saja. Alasan keindahan warna daunnya inilah yang membuat banyak orang memelihara Aglonema.

Baca Juga :

2. Tidak memerlukan perawatan yang rumit

Alasan kedua mengapa Aglonema banyak dipelihara karena perawatannya tidak sulit. Bagi anda yang ingin memelihara tanaman namun terbentur oleh waktu yang padat, solusinya adalah dengan memelihara tanaman Aglonema. Tanaman ini termasuk jenis tanaman hias yang tidak memerlukan perawatan yang ribet. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal seperti menyiramnya sekali dalam sehari, memberi pupuk minimal 3 bulan sekali dan meletakkannya di tempat yang cukup sinar matahari.

Dengan hal-hal sederhana ini saja sudah membuat tanaman hias Aglonema mampu tumbuh dengan subur. Apalagi dahannya yang mampu tahan terhadap ruangan ber-AC sehingga cocok diletakkan di dalam ruangan atau indoor. Oleh sebab itu, tanaman Aglonema merupakan pilihan terbaik bagi anda yang hobi memelihara tanaman namun anda tidak memiliki banyak waktu untuk merawatnya.


3. Untuk keperluan lomba

ciri ciri pohon aglonema
Sumber: dosenpertanian.com

Apa anda tahu bahwa sebuah perlombaan atau kontes tanaman hias? Kontes ini hampir dilaksanakan setiap musim untuk mengetahui mana tanaman hias terbaik. Salah satu jenis tanaman hias yang diikutkan lomba adalah Aglonema. Tanaman ini memang kerap diikutkan perlombaan dan tidak jarang menjadi pemenang dalam ajang lomba tersebut.

Untuk tanaman hias Aglonema yang berhasil menjadi pemenang, maka sudha tentu harga tanaman ini akan semakin mahal. Bahkan harganya bisa berkali lipat dibandingkan harga asli atau harga pertama kali anda mendapatkannya. Belum lagi dengan pemilik tanaman ini yang akan disegani karena pernah menjuarai perlombaan tersebut.

4. Menyerap polutan

Saah satu alasan sekaligus manfaat memiliki tanaman hias Aglonema adalah karena tanaman ini mampu menyerap polutan. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa jika Aglonema digabungkan dengan lidah mertua, maka tanaman tersebut dapat menggantikan fungsi AC di dalam menyaring udara kotor.

Perpaduan keduanya inilah yang mampu menghadirkan kesejukan di dalam ruangan. Bayangkan saja, asap rokok mampu dinetralisir sehingga tidak mengganggu pernapasan anda. Manfaat lainnya adalah tanaman hias Aglonema mampu digunakan sebagai anti bakteri. Hal ini karena kemampuannya yang mampu menekan populasi spora jamur sampai 50%.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "4 Alasan Memelihara Tanaman Aglonema"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel