Artikel Pilihan

Mengenal Manfaat Pupuk Urea Petro Untuk Tanaman

PT Petrokimia Gresik adalah salah satu pabrik pupuk terbesar di Indonesia dan awal pendirian pabrik dinamakan dengan proyek petrokimia Surabaya. Penandatanganan kontrak pembangunan dilakukan pada tanggal 10 agustus 1964 dan pemberlakuan pembangunan dilakukan pada tanggal 8 desember 1964, proses pembangunan dilakukan dalam waktu yang lama.

Proyek pembangunan PT Petrokimia Gresik diresmikan langsung oleh presiden Soeharto pada tanggal 10 juli 1972, sekaligus tanggal tersebut dijadikan sebagai hari ulang tahun atau hari jadi PT Petrokimia Gresik. Hadirnya perusahaan ini membuat banyak sekali tenaga kerja yang terserap dan jumlah pengangguran lumayan terkurangi.

Baca juga : Pemupukan dalam Budidaya Pohon Pinang Bagi Pemula

PT Petrokimia Gresik dibangun di area seluas 450 hektar yang berlokasi di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Total produksi perusahaan ini terbilang sangat tinggi yaitu sekitar 8,9 ton per tahun. PT Petrokimia Gresik merupakan anak perusahaan dari PT Pupuk Indonesia atau Persero dan PT Petrokimia Gresik melakukan transformasi besar dengan mendukung program pemerintah di bidang pertanian.




PT Petrokimia Gresik mendukung program pemerintah dalam mencapai program ketahanan pangan dan memajukan industri pertanian di Indonesia. Dulunya jumlah petani di Indonesia sangatlah banyak, namun seiring perkembangan jaman terus menurun dan banyak keturunan petani yang lebih memilih bisnis lain yang dianggap lebih ringan, karena tidak memerlukan tenaga yang kuat.

Pemegang saham di Perusahaan pupuk yaitu PT Petrokimia Gresik dan PT Pupuk Indonesia, namun pemegang saham terbesarnya adalah PT Petrokimia Gresik. Pengembangan perusahaan terus diupayakan, agar mampu memproduksi pupuk lebih banyak dan menyebarluaskannya ke semua pelosok di Indonesia, bahkan memiliki target untuk menjual pupuk ke luar negeri.

Visi dan Misi PT Petrokimia Gresik

Manfaat Pupuk Urea

Visi PT Petrokimia Gresik adalah untuk menjadi produsen pupuk kimia terbaik di Indonesia dan menguasai industri pertanian secara global. Visi ini bisa diwujudkan dengan kerja keras para pekerja dan konsistensi yang dilakukan pihak perusahaan. Semua pekerja diharapkan bisa mengikuti semua visi yang diusung oleh perusahaan.

Misi PT Petrokimia Gresik adalah mendukung program pemerintah dalam mencapai program swasembada pangan. PT Petrokimia Gresik juga ingin memiliki hasil yang maksimal, agar bisa melakukan pengembangan usaha dan PT Petrokimia Gresik juga memiliki misi untuk mendukung industri kimia nasional dalam menciptakan produk yang bermanfaat untuk masyarakat.

Mengenal Manfaat Pupuk Urea Petro Untuk Tanaman

Manfaat Pupuk Urea
Sumber: sumber-pangan.com
Pupuk Urea Petro adalah pupuk urea yang telah memiliki standar nasional Indonesia dengan nomor 02-2801-1998. Pupuk urea retro telah populer sejak jaman dulu, terutama di wilayah Jawa Timur. Kini untuk menemukan pupuk urea petro sangatlah mudah, karena penyebarannya sudah sangat luas dan sudah menjangkau wilayah kecil atau terpencil.

Baca juga : Ternyata, Ini Manfaat Serta Kandungan Pupuk NPK Nitrophoska

Pupuk urea petro juga memiliki kandungan air sekitar 0,50% dan kadar biuret pupuk urea petro sekitar 1%. Pupuk urea petro memiliki kadar nitrogen sekitar 46% dan kemasan pupuk urea petro disediakan dengan berbagai ukuran. Untuk pupuk urea petro non subsidi biasanya berwarna putih dan untuk pupuk urea petro bersubsidi berwarna pink.

Pupuk urea petro memiliki sifat yang mudah larut dalam air dan pupuk juga mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi tanah. Pupuk urea petro sangatlah ramah lingkungan, apabila digunakan dengan sesuai prosedur. Penggunaan pupuk yang berlebihan bisa membuat tanaman mati dan daunnya akan cepat layu.

Kandungan nitrogen yang dimiliki tumbuhnya menjadi lebih cepat tumbuh dengan menggunakan pupuk urea petro dan tanaman akan menjadi lebih banyak unsur protein. Tanaman yang ditopang dengan pupuk urea petro secara rutin akan memiliki daun yang lebih hijau dan akan tampak terlihat lebih cerah. Tanaman yang tumbuhnya sehat hingga dewasa, tentu akan menghasilkan buah yang lebat.




Tanaman atau pohon yang kekurangan kandungan nitrogen akan terlihat dengan berbagai ciri seperti warna tanaman pucat, tanaman akan kerdil, daun yang sudah tua akan berwarna kuning dan apabila kekurangan nitrogen sifatnya parah, maka tanaman akan cenderung mengering. Kekurangan nitrogen bisa diatasi dengan menggunakan pupuk urea petro secara rutin.

Sekian ulasan lengkap mengenai manfaat pupuk urea petro untuk tanaman dan semoga semua bahasannya memberikan manfaat bagi para pembacanya.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Manfaat Pupuk Urea Petro Untuk Tanaman "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel