Artikel Pilihan

Mengenal Komposisi Pupuk NPK untuk Tanaman Sawit

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK

Pupuk menjadi salah satu elemen penting dalam tumbuh kembang tanaman. Nutrisi memiliki fungsi untuk meningkatkan produktivitas tanaman serta membuat tanaman jadi jauh lebih sehat.

Salah satu tanaman yang cukup dikenal dan memiliki peluang bisnis adalah tanaman sawit. Industri kelapa sawit yang masih terbuka lebar membuat banyak perusahaan pupuk memproduksi nutrisi untuk tanaman satu ini. Salah satu jenis pupuk yang sering dipakai adalah pupuk NPK.

Berbagai merk pupuk NPK untuk sawit tersebar di pasar misalnya saja NPK Sawit Pak Tani yang diproduksi oleh PT. Saprotan Nusantara. Sebenarnya apa sih kandungan pupuk NPK untuk sawi yang membuatnya jadi sangat terkenal? Apa saja jenis dan manfaat dari pupuk satu ini?



Jenis Pupuk NPK untuk Sawit

Pupuk NPK sendiri memiliki berbagai varian yang disesuaikan dengan kebutuhan dan manfaatnya masing-masing. Misalnya saja ada NPK Sawit 15-15-6-4, 12-6-22-3+TE, 12-12-7-2+TE, 13-8-27-4+0,5B hingga 13-6-27-4+0,65B. Kegunaanya pun berbeda.

Misalnya saat petani baru mulai menanam bibit sawit. Maka, pupuk yang diberikan adalah jenis 15-15-6-4. Pupuk ini mengandung banyak nitrogen dan phospat yang sangat membantu perkembangan awal tumbuhan. Maka umumnya pupuk ini disebut pupuk TBM atau Tanaman Belum Menghasilkan.

Setelah melalui proses panjang dan bibit mulai berkembang, barulah menggunakan NPK Sawit Pak Tani 12-12-7-2+ TE. Kondisi ini biasanya ketika bibit sudah mulai tumbuh dan berkembang. Fase ini umumnya yang disebut para petani tanaman menghasilkan.

Kandungan Pupuk NPK Sawit

Ada banyak keunggulan pupuk NPK untuk sawit. Pertama adalah bentuk fisiknya yaitu granul. Dengan tekstur seperti itu, pupuk akan mudah larut dan diserap oleh tanaman. Kandungan P atau fosfat dalam komposisi pupuk satu ini memiliki tingkat kelarutan yang tinggi.

Dua faktor inilah yang membuat para petani senang memakai pupuk NPK. Apalagi dapat menekan biaya produksi karena pupuk bekerja secara efektif dan efisien.
]
Tak sampai situ saja, seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pupuk NPK punya banyak jenis sesuai dengan kebutuhan tanaman. Maka jangan khawatir jika pupuk tidak bekerja dengan efektif. Cukup memilih pupuk yang sesuai dengan usia tanaman serta prosesnya.

Ada unsur lain yang membuat pupuk NPK untuk sawit banyak disukai orang. Salah satunya kandungan nitrogen di dalam pupuk. Nah, nitrogen ini berbentuk NO3 yang adalah ion negatif yang akan mengikat berbagai ion positif. Proses ini sangat dibutuhkan oleh tanaman karena akan membantu tanaman menyerap magnesium, potasium dan juga kalsium.

Nitrat ini juga yang akan memberikan nutrisi jauh lebih cepat kepada tanaman. Ketika daya serap tinggi, pupuk yang dipakai juga lebih efektif dan pastinya akan sesuai dengan pertumbuhan tanaman.
Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK
Sumber: tipspetani.blogspot.com

Dosis Pemakaian Pupuk NPK untuk Sawit

Hal lain yang wajib diperhatikan adalah dosis untuk tanaman satu ini. Banyak orang yang menyalah artikan dosis sehingga memakai pupuk secara berlebihan. Siapa sangka pemakaian pupuk yang berlebihan ternyata membawa pengaruh buruk bagi tanaman.

Dosis yang tidak tepat justru akan membuat daun terlalu lebat sehingga bisa mudah rontok. Selain itu, dosis pupuk yang terlalu banyak juga akan membuat kerja akar berkurang karena tanah yang terlalu banyak mengandung pupuk.

Lalu bagaimana dosis pemakaian yang tepat? Misalnya pada pemakaian NPK 15-15-6-4 sangat direkomendasikan untuk memakai 30-1500 gram pohon disesuaikan dengan usia tanamannya. Sementara pada pupuk 12-12-7-2+TE biasanya memakai 1,5 kilogram sampai 4 kilogram per pohon setiap enam bulan.

Uniknya lagi, pupuk yang berbentuk granola ini membuat proses pemupukan lebih efisien. Hal ini membuat proses pemupukan tidak perlu dilakukan berkali-kali karena sudah pasti tanaman menyerap nutrisinya dengan baik. Lalu bagaimana dengan harga?



Pupuk satu ini dibanderol Rp 5.000 sampai Rp 6.000. Namun sekarang juga ada pupuk yang disubsidi dari pemerintah. Namun, hanya petani yang bergabung pada organisasi atau kelompok tani yang bisa mendapatkannya.

Hal ini semakin membuktikan bahwa pupuk NPK memiliki banyak manfaat dan terbukti efektif untuk membantu pertumbuhan tanaman termasuk tanaman sawit. Yang utama adalah mengetahui jenisnya serta dosis yang tepat. Dengan begitu tanaman akan tumbuh subur dengan biaya yang efisien dan efektif.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Komposisi Pupuk NPK untuk Tanaman Sawit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel