Artikel Pilihan

Begini Cara Penggunaan Pupuk Mutiara yang Tepat

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK Mutiara

Pupuk NPK mutiara termasuk dalam salah satu pupuk yang memiliki standar internasional. Maka tak heran pupuk ini dipakai di hampir seluruh negara dunia. Pastinya hal ini disebabkan pupuk ini memiliki banyak manfaat. Semakin bermanfaat tentu semakin baik untuk kesuksesan panen.

Tak heran jika pupuk ini harganya mahal bila dibandingkan dengan pupuk majemuk yang setipe. Tapi ada banyak keuntungan yang didapat jika memakai pupuk ini. Salah satunya bisa dipakai di berbagai tanaman misalnya sayuran daun, buah dan sayuran buah.

Bahkan, pupuk ini bisa dipakai digunakan untuk tanaman perkebunan seperti karet, kakao dan sawit. Mengapa tanaman ini begitu banyak manfaatnya? Ternyata kandungannya yang majemuk dengan kandungan hara yang lengkap. Dalam pupuk ini memiliki unsur mikro dan makro.



Dalam unsur hara makro terdapat tiga jenis yaitu nitrogen, phospat dan kalium. Kandungannya pun seimbang. Dalam pupuk mutiara, kandungan nitrogen ada di angka 16%. Begitu pula kandungan kalium dan phospat yang sama-sama ada di angka 16%.

Sementara untuk unsur mikro dalam pupuk ini yaitu kalsium dan juga magnesium. Setelah mengetahui kandungannya, sekarang saatnya kamu memahami cara memakainya. Pada umumnya pupuk NPK mutiara bisa dijadikan pupuk susulan maupun pupuk dasar.

Untuk pemakaiannya bisa dengan banyak cara. Ada yang ditaburkan namun ada pula yang dilarutkan terlebih dahulu. Setelah itu barulah disiram ke tanaman. Pupuk ini termasuk salah satu yang mudah larut dalam air. Dengan pupuk berbentuk cairan maka akan mudah diserap oleh akar tanaman.

Nah, pemakaian pupuk ini berbeda-beda. Semua itu tergantung dengan jenis tanaman yang akan diberikan pupuk. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara pemakaian pupuk yang tepat sebab beda tanaman mungkin beda pula cara pemakaiannya.

Cara Pemakaian Pupuk pada Tanaman Buah

Beberapa jenis tanaman yang masuk ke dalam tanaman buah antara lain tomat, cabai, pare, oyong, timun dan terong. Tanaman buah ini perlu diperhatikan nutrisinya karena harus menghasilkan buah yang berkualitas. Jika nutrisinya kurang bisa saja hasil panen akan kurang baik dan cenderung gagal.

Untuk memakainya, kamu cukup menaburkan secara merata pada area bedengan. Setelah itu tutup dengan tanah dengan tinggi kurang lebih tiga sampai lima cm saja. Ada cara lain yang bisa dipakai untuk tanaman buah yaitu dengan cara dicampur dan diaduk agar bisa menyatu dengan tanah.

Cara ini cocok untuk tanaman sayuran buah agar pupuk yang diberikan tidak hanyut karena air hujan. Cara ini juga untuk mencegah agar pupuk tidak menguap saat matahari sedang terik. Hal ini akan membuat pemakaian pupuk jadi efektif.
Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK Mutiara
Sumber: 99.co

Cara Memakai Pupuk pada Tanaman Sayuran Daun

Tanaman yang termasuk dalam sayuran daun antara lain kangkung, bayam, sawi, brokoli dan selada. Untuk memakainya, ternyata caranya sama dengan pemakaian sayuran buah. Cukup dengan cara ditaburkan saja pada area bedengan.

Tapi kamu harus memperhatikan dari segi dosisnya. Banyak atau sedikitnya pupuk ditentukan dari kesuburan tanah. Semakin subur sebuah tanaman tentunya tidak membutuhkan pupuk yang terlalu banyak.

Cara Memakai Pupuk untuk Tanaman Umbi

Beberapa tanaman umbi seperti bawang putih, bawang merah, wortel dan kentang memiliki cara tersendiri untuk pemakaian pupuknya. Nah, jika dipakai sebagai pupuk dasar, pemakaian harus dilakukan dengan cara ditaburkan pada bedengan.

Pemberian pupuk juga sebaiknya dilakukan sebelum proses pembibitan. Kira-kira 10 sampai 15 hari sebelum ditanam bibit, kamu bisa menaburkan pupuk ini terlebih dahulu. Cara ini bertujuan agar tanah dan pupuk bisa menyatu sehingga tidak dapat meracuni tanaman.



Ternyata teknik pemberian pupuk juga berpengaruh pada kesuksesan tanaman ya. Maka dari itu, mengetahui teknik penanaman dan pemupukan juga memainkan peran penting dalam kesuksesan panen. Beda tanaman maka beda pula cara merawatnya.

Ingat pupuk memang berfungsi untuk meningkatkan produksi tanaman. Namun jika tidak ditakar dan dikerjakan dengan baik, pupuk justru berdampak buruk pada tanaman dan juga tanah. Ada banyak kasus tanah menjadi tandus karena unsur haranya berkurang. Hal tersebut menjadi dampak buruk pemakaian pupuk yang berlebihan.

Belum ada Komentar untuk " Begini Cara Penggunaan Pupuk Mutiara yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel