Artikel Pilihan

Spesifikasi Pupuk Urea Pusri yang Wajib Diketahui

Tanaman akan tumbuh dengan baik, apabila ditopang dengan pupuk yang efektif. Jenis pupuk yang bisa dipakai untuk tanaman terdiri dari pupuk organik dan pupuk anorganik. Kini jenis pupuk memang sangatlah banyak dan para petani diharapkan bisa menggunakan pupuk terbaik. Pupuk urea menjadi salah satu pupuk recomended yang bisa dipakai untuk tanaman atau berbagai jenis pohon.

Pupuk urea merupakan salah satu jenis pupuk kimia yang memiliki kadar nitrogen yang sangat tinggi. Nitrogen akan menjadi zat hara yang akan bermanfaat untuk tumbuh kembang tanaman. Pupuk urea sudah sangat populer di kalangan petani, karena sudah ada sejak jaman dulu dan harga pupuk urea juga sangat terjangkau, jadi banyak petani yang menggunakannya.

Baca juga : Ini Kandungan Serta Manfaat Pupuk NPK Mahkota untuk Tanaman

Sekilas Tentang Pusri

Pupuk Urea Pusri
Sumber: disk.mediaindonesia.com
PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang atau Pusri adalah salah satu perusahaan pupuk terbesar yang ada di Indonesia dan menjadi produsen pupuk urea yang telah beroperasi sejak 1959 di Palembang. Tujuan utama perjalanan bisnis pusri adalah untuk menopang berbagai program yang diinginkan pemerintah, karena dengan adanya pupuk dari pusri petani menjadi lebih mudah memperoleh pupuk.




Pusri tidak hanya bertugas sebagai produsen pupuk berskala nasional, namun pusri juga bertugas dalam mengembangkan industri pupuk di Indonesia. Pusri mendistribusikan pupuk ke para petani dengan cara penyebaran Public Service Obligation atau PSO. Salah satu produk pusri yang sangat bermanfaat adalah pupuk urea pusri.

Spesifikasi Pupuk Urea Pusri

Pupuk Urea Pusri
Sumber: sumselterkini.co.id
Pupuk urea pusri memiliki kandungan nitrogen sekitar 46% dan memiliki kandungan air sekitar 0,5%, sedangkan biuret yang dimiliki pupuk urea pusri sekitar 1%. Pupuk urea pusri telah memiliki ijin resmi dari pihak pemerintah yaitu dengan memiliki no standar nasional Indonesia yaitu No.2801 : 2010.

Baca juga : Begini Dosis Pupuk NPK yang Tepat untuk Tanaman Padi

Pupuk urea pusri juga memiliki banyak manfaat seperti membantu dalam menumbuhkan akar, menopang pertumbuhan batang, membantu pertumbuhan daun menjadi lebih optimal, tanaman atau pohon akan cepat tinggi, tanaman menjadi kuat terhadap berbagai hama, jumlah anakan akan berlimpah dan pupuk urea pusri memiliki cabang yang banyak.

Pupuk urea pusri dapat membantu daun tanaman menjadi terlihat lebih hijau dan segar. Kondisi akar tanaman akan menjadi lebih kuat, sehingga bisa menopang berat beban yang dihasilkan tanaman. Kualitas batang tanaman akan lebih kuat terhadap berbagai serangan hama batang atau tiupan angin alam yang kencang.

Pupuk urea pusri juga mampu meningkatkan organisme yang terkandung dalam tanah untuk meningkatkan kesuburan tanah. Kandungan protein dalam tanaman atau pohon akan meningkat dengan penggunaan pupuk urea pusri dan pupuk bisa diaplikasikan ke berbagai jenis tanaman seperti tanaman pangan, perkebunan dan hortikultura.

Pupuk urea sangat aman berkenaan dengan kulit manusia, karena terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Namun penggunaan pupuk urea pusri yang berlebihan, akan menimbulkan efek samping pada tanaman. Pupuk urea pusri sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan dan sangat mudah menyatu dengan tanaman yang kondisi tanahnya berair.

Pemanfaatan pupuk urea juga bisa untuk tanaman di dalam pot, namun harus ditempatkan dengan benar dan jumlah penggunaan harus disesuaikan dengan ukuran tanaman. Pada setiap kemasan pupuk urea pusri, pasti ada tata cara penggunaannya dan hal ini akan memudahkan para petani. Hampir semua jenis tanaman atau pohon cocok diberikan pupuk urea pusri.

Penyebaran pupuk urea pusri sudah sangat luas, karena sangat mudah ditemukan di berbagai toko pupuk seluruh Indonesia. Harga penjualan pupuk urea pusri merata diseluruh wilayah. Jawa Barat menjadi basis terbesar pengguna pupuk urea pusri. Pupuk urea pusri juga disediakan non subsidi dan ada juga pupuk urea pusri bersubsidi.




Pengolahan pupuk urea pusri terbuat dari bahan yang aman, sehingga tidak akan menghasilkan efek samping. Namun penggunaan harus mengikuti prosedur, jangan menggunakan pupuk dengan seenaknya. Pupuk juga bisa diterapkan untuk tanah yang basah atau kering. Namun penyimpanan pupuk haruslah ditempat yang kering, supaya pupuk tidak mudah untuk mencair atau meleleh dan pupuk juga tidak akan mudah rusak saat disimpan dalam waktu lama.

Itulah ulasan lengkap mengenai spesifikasi pupuk urea pusri dan semoga semua bahasannya memberikan manfaat bagi para pembacanya.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Spesifikasi Pupuk Urea Pusri yang Wajib Diketahui "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel