Artikel Pilihan

Manfaat Pupuk Urea Untuk Menunjang Pertumbuhan Tanaman


Manfaat Pupuk Urea

Pupuk urea memang memiliki banyak sekali manfaat untuk berbagai jenis tanaman. Kandungan dalam pupuk urea yang dinilai sangat stabil mampu meningkatkan kualitas tanah menjadi lebih subur. Pupuk urea menyediakan banyak sekali kandungan nitrogen untuk tanaman, sehingga bisa meningkatkan hasil panen suatu tanaman.

Para petani biasanya akan mendapatkan pupuk urea dalam bentuk granular yang sangat kering. Penggunaan pupuk urea yang salah, tentu akan menimbulkan efek samping buat tanaman dan untuk bisa memanfaatkan pupuk urea dengan baik, tentu ada beberapa cara penerapan pupuk urea yang perlu dipelajari.

Baca juga : Begini Cara Membedakan Pupuk NPK Asli dan Palsu

Definisi Pupuk Urea

Pupuk urea adalah salah satu jenis pupuk murah yang memiliki kandungan nitrogen, fosfor dan kalium. Pupuk urea dibentuk dengan bantuan proses kimia, namun didalamnya juga memiliki kandungan senyawa organik yang aman untuk tanaman. Pupuk urea juga bisa membantu proses pertumbuhan pepohonan seperti pohon palem, pohon kacang arab dan berbagai jenis pohon lainnya.




Pada tahun 1828, seorang ilmuan bernama Frederich Wohler menyimpulkan bahwa kandungan potasium cyanate yang dicampurkan dengan kandungan amonium sulfat akan menghasilkan urea dan penemuan Friedrich Wohler menjadi tonggak awal munculnya revolusi organik.

Manfaat Pupuk Urea Untuk Tanaman

Manfaat Pupuk Urea
Sumber: sikumis.com

1. Mempercepat Pertumbuhan Tanaman

Pupuk urea adalah salah satu jenis pupuk yang bisa menunjang pertumbuhan suatu tanaman, karena memiliki kandungan nitrogen yang tinggi. Penggunaan pupuk urea juga bisa memperbanyak jumlah anakan dan bisa memperbanyak jumlah cabang suatu tanaman. Dengan cepatnya pertumbuhan suatu tanaman, maka akan lebih cepat ke masa panen.

2. Menopang Asupan Protein

Pupuk urea memiliki kandungan yang mampu menopang asupan protein untuk tanaman dan bisa membantu tanaman yang kekurangan akan protein. Dalam siklus hidup tanaman, protein memiliki peranan untuk membentuk struktur batang. Protein juga memiliki peranan untuk membentuk antibodi suatu tanaman, semakin baik asupan protein akan membuat tanaman menjadi kuat.

3. Membuat Tanaman Lebih Segar

Dengan memanfaatkan pupuk urea sebagai pupuk penunjang tanaman, maka akan membuat kondisi daun tanaman menjadi lebih hijau dan akan memiliki butiran hijau atau terkenal dengan sebutan klorofil. Untuk melakukan fotosintesis, tentu tanaman sangat membutuhkan klorofil dan tanaman yang melakukan fotosintesis dengan baik, akan mengalami perkembangan yang pesat.

4. Aman Untuk Berbagai Jenis Tanaman

Pupuk urea seringkali disebut sebagai pupuk serbaguna, karena sangat aman dipakai untuk berbagai jenis tanaman. Tak hanya untuk tanaman, pupuk urea juga seringkali dimanfaatkan untuk usaha perikanan dan peternakan. Tanaman pangan juga sangat aman menggunakan pupuk urea sebagai penunjang, karena pupuk urea tidak memiliki kandungan yang berbahaya untuk tubuh manusia.

Baca juga : Jenis Pupuk NPK yang Cocok Untuk Bibit Pohon Bidara

5. Cara Penggunaan yang Mudah

Pupuk urea memang harus digunakan dengan cara yang tepat, agar fungsinya untuk tanaman berjalan dengan baik. Penggunaan pupuk urea yang efektif, akan membantu produksi hasil suatu tanaman dan bisa membantu menjaga struktur media tanah. Penggunaan pupuk urea yang mudah, akan memudahkan para petani tanaman dalam mengaplikasikan pupuk.

6. Mudah Larut Dalam Air

Pupuk urea juga bisa digunakan untuk berbagai jenis tanaman yang ditanam di sekitar irigasi, karena pupuk urea sangat mudah dilarutkan dalam air irigasi. Dengan manfaat ini, banyak petani yang menanam rumput untuk pakan ternak dengan dorongan pupuk urea. Harga pupuk urea yang terjangkau, menjadikan pupuk ini sangatlah familiar di masyarakat.

7. Penguat Akar Tanaman

Pupuk urea bisa digunakan untuk menguatkan akar tanaman dan membuat tanaman menjadi lebih kokoh, karena kondisi akarnya kuat. Dengan menggunakan pupuk urea, kondisi batang tanaman juga akan lebih kokoh. Pupuk urea juga bagus dipakai untuk mengembangkan pepohonan dan proses pemakaiannya sangatlah simpel.




8. Untuk Pengolahan Tanah Sebelum Penanaman

Untuk berbagai jenis tanaman biji-bijian, pupuk urea sering dipakai dalam proses pengolahan tanah terakhir sebelum dilakukannya penanaman. Pupuk kimia memang sebuah senyawa organik yang biasanya berbentuk menyerupai kristal putih dan pupuk urea mampu beradaptasi dengan berbagai jenis tanah yang ada di Indonesia.

Sekian ulasan lengkap mengenai manfaat pupuk urea untuk tanaman dan semoga semua bahasannya memberikan manfaat bagi para pembacanya.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Manfaat Pupuk Urea Untuk Menunjang Pertumbuhan Tanaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel