Artikel Pilihan

Kandungan yang Ada Dalam Pupuk Urea

Kandungan dalam Pupuk Urea

Pupuk urea adalah jenis pupuk yang memiliki kadar nitrogen sangat tinggi dan pupuk urea mampu beradaptasi dengan berbagai jenis tanah. Kandungan nitrogen yang dimiliki pupuk urea merupakan zat hara yang sangat dibutuhkan oleh banyak jenis tanaman. Pupuk urea juga sangat mudah larut dalam air, karena mampu menghisap kandungan air dengan baik.

Baca juga : Mengenal Kandungan dan Sifat Pupuk NPK Phonska

Pupuk urea biasanya dibuat dalam bentuk yang berkristal dengan warna putih. Pupuk kimia haruslah ditempatkan di lokasi yang kering dan jauhkan dari lokasi yang lembab. Pupuk kimia memiliki karakteristik yang berbeda dengan pupuk alami yang dihasilkan dari alam dan untuk menggunakan pupuk kimia, tentu harus mengikuti berbagai anjuran cara pemakaian.

Sekilas Tentang Pupuk Urea

Pupuk urea merupakan pupuk untuk menyuburkan tanaman dengan cepat dan pupuk urea sangat cocok dipakai pada saat masa pertumbuhan tanaman. Kandungan zat nitrogen yang dimiliki pupuk urea, akan membuat tanaman memiliki metabolisme yang kuat dan bisa menghindarkan tanaman dari berbagai penyakit atau serangan hama.




Secara umum bentuk dari pupuk urea seperti butiran yang bentuknya menyerupai kristal dengan warna putih dan dalam ilmu kimia, pupuk kimia dirumuskan dengan NH2 CONH2. Pupuk urea memiliki sifat yang sangat mudah larut dalam air dan tidak akan menimbulkan gumpalan yang membahayakan tanaman. Pupuk urea mampu beradaptasi dengan berbagai jenis tanah.

Secara keilmuan, pupuk urea memiliki kecenderungan untuk higroskopis atau mudah berikatan dengan air. Untuk bisa menghindarkan pupuk urea dari kadaluarsa, sebaiknya simpanlah pupuk urea di suatu tempat yang kering dan tutup dengan rapat berbagai peluang udara yang masuk. Banyaknya manfaat yang dimiliki pupuk urea, membuat pupuk ini banyak dicari oleh para petani.

Untuk mempercepat proses pertumbuhan suatu tanaman atau suatu pohon, maka bagusnya menggunakan pupuk urea yang mengandung banyak zat hara dari nitrogen. Dengan bantuan zat hara, suatu tanaman juga bisa memiliki banyak cabang dan memiliki jumlah anakan yang banyak. Tak hanya itu, penggunaan pupuk urea juga mampu membuat kondisi daun menjadi lebih segar.

Kandungan yang Dimiliki Pupuk Urea

Kandungan dalam Pupuk Urea
Sumber: bukalapak.com
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan para ahli disebutkan bahwa pupuk urea memiliki kandungan nitrogen sebanyak 46% dan kandungan zat carrier sebanyak 54%. Zat pembawa dalam pupuk urea memang tidak akan memberikan efek positif bagi suatu tanaman atau pohon, namun kandungan nitrogennya akan bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman.

Baca juga : Cara Mengetahui Pupuk yang Berkualitas Untuk Bibit Pohon Bidara

Namun tidak semua nitrogen yang dimiliki pupuk urea dapat bermanfaat bagi tanaman, paling hanya separuhnya saja nitrogen yang bisa dikonsumsi tanaman dengan baik. Sebagian kandungan nitrogen akan hilang dengan adanya proses pencucian oleh air yang berlangsung di dalam tanah atau nitrogen juga bisa hilang dengan adanya proses evaporasi atau penguapan di dalam tanah.

Nitrogen menjadi satu-satunya zat bermanfaat yang dimiliki pupuk urea, karena bisa memberikan keuntungan pada proses tumbuh suatu tanaman. Nitrogen dalam pupuk urea berpengaruh besar terhadap pertumbuhan tanaman, hal ini berbeda dengan zat pembawanya yang lebih banyak memberikan dampak negatif bagi tanaman.

Pupuk urea yang sangat mudah menyerap dalam air, akan sangat membantu saat ditempatkan dalam sistem penyimpanan yang tepat. Pupuk urea yang memiliki zat pembawanya, tentu seringkali memiliki karbondioksida yang dihasilkan saat proses pembuatan pupuk urea dilakukan dan kandungan karbondioksida biasanya memberikan dampak buruk untuk tanaman.

Pupuk urea yang memiliki kandungan karbon dioksida dalam jumlah yang banyak, tentu akan semakin banyak jumlahnya saat karbondioksida mengalami penguraian. Namun ada sedikit manfaat karbon dioksida untuk tanaman, karena karbon dioksida bisa membantu proses fotosintesis.




Ketika proses pembuatan pupuk urea, seringkali ada senyawa biuret yang terbawa dalam pupuk urea dan senyawa ini sangatlah mengganggu saat proses pertumbuhan suatu tanaman. Senyawa biuret dipercaya dapat menimbulkan atau memicu datangnya berbagai jenis penyakit. Namun kandungan pupuk urea masih banyak manfaatnya dibanding kerugiannya, jadi tidak ada salahnya untuk dijadikan pupuk tanaman atau pohon.

Demikian ulasan lengkap mengenai kandungan yang dimiliki pupuk urea dan semoga bahasannya memberikan manfaat bagi para pembacanya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Kandungan yang Ada Dalam Pupuk Urea"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel