Artikel Pilihan

Jenis Pupuk NPK yang Cocok Untuk Bibit Pohon Bidara

Bibit Pohon Bidara

Bibit pohon bidara merupakan bibit yang terbesar di negara yang panas, seperti Mesir, Libya, Aljazair, Asia Selatan, dan Asia Timur. Bibit pohon bidara ada lima jenis, yaitu biara Arab, bidara Apel India, Bidara Laut, Bidara Cina, dan Bidara Upas. Semua tanaman ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Namun, tidak terlalu beda jauh.

Salah satu kelebihan bibit pohon bidara adalah mudah dalam perawatannya. Namun, anda harus memberikan pupuk secara rutin jika ingin mendapatkan buah bidara yang berkualitas. Ada beberapa jenis pupuk NPK yang cocok untuk pohon bidara. 

Pupuk NPK yang Cocok Untuk Bibit Pohon Bidara 


1. Pupuk NPK Mutiara 

Pupuk yang satu ini sangat cocok untuk menumbuhkan bibit pohon bidara karena mengandung hara makro dan mikro. Kedua kandungan tersebut berguna untuk mempercepat pertumbuhan hingga masa panen. 

Pupuk NPK Mutiara berwarna biru mengandung nitrogen, fosfat, dan kalsium sebanyak 16% dari total komposisi yang ada. Ketiga bahan tersebut sangat berguna untuk tanaman ini. 

2. Pupuk NPK Ria Plus 

Fungsi pupuk NPK Ria Plus adalah membuat tanaman agar tumbuh lebih tinggi. Pohon bidara pada umumnya dapat tumbuh hingga 15 meter. Kalau anda memberikannya pupu ini, tingginya bisa mencapai 20 hingga 25 meter. 

Selain membuat bibit pohon bidara lebih tinggi, pupuk NPK Ria Plus juga membuat daun bidara jadi lebih rindang dan lebih hijau segar. Kombinasinya ada nitrogen, kalsium, dan fosfor. 

3. Pupuk NPK Zambrud 

Kebanyakan pupuk akan terpengaruh oleh kondisi tanah sehingga tidak bisa memberikan kandungan gizi yang tepat untuk tanaman. Namun, tidak dengan pupuk NPK Zambrud. Pupuk yang satu ini dapat berfungsi dengan baik dalam kondisi tanah apa saja. 

Pupuk ini mengandung hara makro, yaitu nitrogen, fosfor, dan kalsium sebagai makanan utama bibit pohon bidara. Selain hara makro, ada juga hara mikro, yaitu magnesium dan belerang yang akan diserap akar. 

4. Pupuk NPK Pak Tani 

Nitrogen, fosfat, pottasium oksida, nitrat nitrogen, kalsium oksida, dan magnesium oksida merupakan zat yang berada dalam pupuk NPK Pak Tani. Pupuk yang satu ini merupakan salah satu pupuk dengan kandungan yang lengkap. 

Pupuk ini sangat cocok digunakan saat anda akan menyiram bibit pohon bidara karena pupuk ini larut dalam air. Pupuk ini juga bisa membuat buah bidara tumbuh lebih cepat dari biasanya. 

5. Pupuk NPK Kebomas 

Seperti pupuk NPK Pak Tani, pupuk NPK Kebomas ini juga memiliki kandungan yang kurang lebih sama. Pupuk yang satu ini memiliki warna merah dengan bentuk butiran. Cara penggunaannya sangat mudah, cukup taburkan saja di atas tanah. 

Kalau anda sering mengeluh buah bidara yang dihasilkan kurang bagus, pupuk NPK Kebomas ini bisa membuat kualitas buah bidara semakin meningkat. Buah akan mengkilap dan memiliki aroma yang kuat. 

6. Pupuk NPK Mahkota Pupuk 

NPK Mahkota merupakan pupuk yang diimpor dari Rusia yang sangat cocok untuk bibit pohon bidara. Selain untuk pohon bidara, pupuk ini juga sering digunakan untuk mempercepat pertumbuhan buah, sayur, dan berbagai tumbuhan lainnya. 

Nitrogen, fosfor, kalium, kalsium florida, dan nitrat merupakan kandungan yang terdapat dalam pupuk ini. Anda bisa memberikan pupuk yang satu ini secara rutin kepada pohon bidara yang anda tanam. 

7. Pupuk NPK Pelangi 

Pupuk yang satu ini diproduksi di Kalimantan Timur dengan menyesuaikan kebutuhan konsumen. Kebanyakan konsumennya memesan pupuk khusus untuk bibit pohon bidara. Pupuk NPK Pelangi termasuk pupuk dengan kandungan hara yang sangat lengkap. 

Selain kandungannya yang lengkap, pupuk ini juga dibuat dengan proses yang sangat canggih, yaitu dengan menggunakan mechanical blending. Proses ini memungkinkan pupuk NPK Pelangi dihasilkan dengan kualitas yang sangat baik. 

Pupuk ini bisa membuat pohon bidara jadi lebih tinggi, lebih lebat, dan menghasilkan buah yang lebih berkualitas serta banyak. 

8. Pupuk NPK Phonska 

Umumnya, pupuk NPK mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium. Namun, pupuk NPK Phonska juga mengandung sulfur sebesar 10%. Warna dari pupuk ini adalah merah muda dengan bentuk butiran kecil.  
Harga dari pupuk ini cukup terjangkau sehingga anda bisa membelinya dengan jumlah yang banyak untuk bibit pohon bidara yang anda tanam. Salah satu kelebihan dari pupuk NPK Phonska adalah mudah diserap oleh tumbuhan. 

Cara Menanam Bibit Pohon Bidara 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: pinterest.com
Percuma bila anda mengetahui pupuk terbaik untuk bibit pohon bidara bila anda tidak tahu cara menanamnya. Langkah pertama, anda harus merendam bibitnya beserta bawang merah dalam air selama satu malam. 

Bila sudah direndam, anda bisa meletakkan bibit pohon bidara di atas tisu basah. Proses ini membutuhkan waktu sekitar seminggu hingga tumbuh akar. Sambil menunggu akarnya tumbuh, anda bisa menyiapkan tanah. 

Siapkan tanah dalam sebuah pot, buka bagian tengahnya sebagai tempat meletakkan bibit pohon bidara. Bila sudah seminggu dan akarnya telah tumbuh, pindahkan bibit tersebut ke dalam tanah. Pastikan kalau akarnya menghadap ke bagian bawah. 

Bibit pohon bidara memang tanaman yang mudah dirawat. Namun, anda tetap harus rajin memberikan pupuk untuk mendapatkan tanaman yang lebih indah.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Pupuk NPK yang Cocok Untuk Bibit Pohon Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel