Artikel Pilihan

Cara Agar Pohon Bidara Cepat Menghasilkan Buah

Pohon Bidara

Salah satu tanaman yang paling banyak ditanam di Indonesia adalah Pohon bidara. Alasan banyak orang yang menanam pohon bidara adalah karena proses penanaman dan perawatan yang mudah. Tanaman dengan nama latin Ziziphus mauritiana ini juga memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya.

Bagian yang dapat dimanfaatkan dari pohon bidara adalah daun dan buahnya. Buah bidara dapat terus berbuah setiap waktu tanpa musiman. Inilah salah satu kelebihan dari tanaman yang satu ini. Buah bidara umumnya berbuah saat sudah berumur 1,5 sampai 2 tahun. Namun, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mempercepat proses pertumbuhan buah bidara. 

Cara Agar Pohon Bidara Cepat Menumbuhkan Buah 

Buah Bidara
Sumber: bertani.co.id

1. Berikan Air Dalam Jumlah yang Tepat dan Rutin 

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mempercepat proses pembuahan pohon bidara adalah dengan mengontrol jumlah yang air yang akan anda berikan kepada tanaman ini. 

Tanaman yang bisa tumbuh setinggi 15 meter sampai 40 meter ini memiliki habitat di daerah yang kering. Pohon ini biasa hidup di Mesir, Aljazair, libya, dan beberapa daerah di Indonesia. 

Karena biasa hidup di daerah yang kering, pohon bidara tidak terlalu membutuhkan air untuk bertahan hidup. Namun, tanaman ini tetap membutuhkan air untuk tumbuh tinggi. 

Siram tanaman yang satu ini dengan air secara rutin selama dua hari sekali. Memberikan air yang terlalu banyak justru bisa membuat buahnya lama tumbuh. Selain itu, air yang terlalu banyak dapat membuat daun bidara cepat layu dan rontok. 

2. Mengurangi Daunnya 

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan agar pohon bidara cepat berbuah adalah dengan memangkas sebagian daunnya bila terlalu lebat. Daun bidara yang sangat lebat malah membuat tanaman menjadi stress hingga tidak bisa menumbuhkan buah. 

Daun bidara yang tumbuh terlalu banyak disebabkan karena air yang terlalu banyak. Itulah kenapa anda harus mengontrol pasokan air untuk tanaman ini. Anda harus segera memangkas daun bidara yang tumbuh dengan lebat. 

Singkirkan beberapa daun bidara yang terlihat sudah tua, kering, dan layu. Anda juga bisa langsung memangkas di bagian ujung cabangnya. 

3. Buat Tanah Lebih Subur 

Tanah sebagai media tanam merupakan penentu subur atau tidaknya sebuah tanaman. Agar pohon bidara semakin cepat menumbuhkan buah, anda harus memastikan kalau tanah yang digunakan merupakan tanah yang bagus. 

Karakteristik tanah yang bagus bagi pohon bidara adalah netral, memiliki unsur hara yang banyak, tidak mudah mengeras, dan memiliki lapisan humus yang tebal. 

Sebaiknya, anda memastikan kadar pH tanah terlebih dahulu sebelum menggunakannya sebagai media tanam. Pastikan kalau pH tanah tersebut netral, tidak dibawah 6 atau di atas 8. 

Tanah yang terlalu asam atau basa malah mengambil unsur hara yang dibutuhkan pohon bidara. Kalau tanah kekurangan unsur hara, anda bisa mengatasinya dengan memberikan pupuk alami. 

4. Pastikan Disinari Matahari 

Sinar matahari juga menjadi penentu cepat atau tidaknya pertumbuhan buah bidara. Seperti yang telah diketahui sebelumnya kalau pohon yang satu ini tinggal di daerah yang kering dan panas. 

Terkena sinar matahari merupakan kebutuhan bagi pohon bidara. Sinar matahari juga bisa membantu proses pernapasan tanaman yang berbunga ini. 

Jika proses pernapasan pohon bidara lancar, tanaman ini mendapatkan lebih banyak unsur hara. Bila unsur hara tanaman ini terpenuhi, pertumbuhan buah bidara akan semakin cepat. 

Karena itu, pastikan kalau tanaman yang satu ini selalu terkena sinar matahari setiap harinya. Pohon ini bahkan biasanya hidup di daerah dengan curah hujan hanya sekitar 300 ml sampai 500 ml setiap tahunnya. 

5. Bersihkan Tanahnya 

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mempercepat pertumbuhan buah bidara adalah dengan membersihkan area di sekitar tanaman ini, terutama dari hama yang menganggu. 

Banyaknya sampah di sekitar pohon bidara bisa menyebarkan bakteri dan jamur yang membuat buah cepat membusuk. Selain itu, basmi juga hama yang sering menganggu dan menyerang tanaman ini. 

Beberapa hama yang sering menyerang tanaman ini adalah cacing tanah, semut hitam, dan kupu-kupu putih. Cacing tanah akan memakan batang bidara hingga patah, semut hitam memakan daun dan buah bidara, sedangkan kupu-kupu putih akan membuat sarang di sekitar tanaman ini. 

Cara Mengusir Hama Pada Pohon Bidara 

Mengusir hama yang merugikan pohon bidara tidaklah mudah. Namun, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Salah satunya adalah dengan membuat pestisida alami yang terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapatkan. 

Siapkan bawang putih, bubuk cabai, dan sabun cuci. Siapkan juga ember yang berisi air penuh. Campur bawang putih, bubuk cabai ke dalam air dan diamkan selama satu malam. Kalau sudah, campurkan sabun cuci dan aduk sebentar. 

Pestisida alami ini siap digunakan untuk mengusir hama yang merugikan. Masukkan ke dalam botol dan semprotkan ke seluruh bagian pohon bidara. Jangan lupa juga semprot bagian tanah karena cacing tanah tinggal di sana. 
Pohon Bidara
Sumber: bisnisonlinekita.net
Itulah 5 cara yang bisa anda lakukan untuk mempercepat proses pertumbuhan buah pada pohon bidara. Melakukan semua cara tersebut secara rutin bisa membuat pertumbuhan buah bidara semakin efektif.

Belum ada Komentar untuk "Cara Agar Pohon Bidara Cepat Menghasilkan Buah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel