Artikel Pilihan

Cek Yuk! Hama Pada Tanaman Akasia

Ciri Ciri Pohon Akasia

Di sekitar kita itu ada 2 jenis makhluk hidup. Adapun jenis makhluk hidup adalah hewan dan juga tumbuhan. Di mana pada hewan dan juga tumbuhan itu memiliki beraneka macam jenis. Bisa saja di sini satu nama hewan atau tumbuhan itu memiliki banyak sekali spesies. Itulah mengapa banyak orang yang merasa kurang paham dengan nama hewan dan juga tumbuhan.

Di mana kita tahu bahwa pada setiap jenis makhluk hidup itu sendiri mempunyai beraneka macam fungsi dan juga manfaat yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. . Adapun manfaat yang bisa diambil dan juga dimanfaatkan seperti halnya adalah bisa dimanfaatkan sebagai makanan, obat, hiasan, dan aneka macam jenis manfaat lain yang bisa dimanfaatkan oleh manusia.

Baca juga : Cek Yuk Tentang Tanaman Akasia Decora

Sama seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jika tanaman itu juga mempunyai banyak sekali spesies. Adapun salah satu jenis tanaman yang akan kami jelaskan disini adalah tanaman akasia. Mungkin saja selama ini banyak orang yang berpikir dan juga beranggapan apa sih yang dimaksud dengan tanaman akasia.




Apa yang Dimaksud Dengan Tanaman Akasia

Tanaman akasia yang menurut penelitian ilmiah adalah salah satu jenis tumbuhan yang masuk dalam kerajaan plantae. Selain itu tanaman akasia itu sendiri juga masuk dalam divisi tumbuhan yang adalah magnoliophyta dan juga masuk dalam kelas magnoliopsida. Selanjutnya dalam jenis ordo tanaman akasia itu masuk dalam ordo fabales.

Sedangkan untuk tipe famili tanaman akasia itu sendiri adalah masuk dalam famili fabaceae. Dan juga masuk dalam sub famili yaitu adalah mimosoideae. Dan juga tanaman akasia itu masuk dalam jenis bangsa tumbuhan acacia. Dan untuk kategori genus tanaman akasia adalah genus acacia.

Hama yang Biasa Menyerang Tanaman Akasia

Biasanya sebagian besar tanaman itu terkadang mengalami penyakit yang disebabkan oleh hama yang dibawa oleh tanaman. Akibatnya membuat tanaman menjadi mudah rusak dan tidak bisa berkembang dengan baik seperti pada umumnya.

Demikian juga di sini dengan tanaman akasia itu sendiri juga mempunyai hama yang mengakibatkan tanaman akasia itu menjadi mudah rusak dan tidak berkembang. Hal itu tentu saja membuat banyak orang menjadi mudah merasa gelisah dan juga khawatir.

Baca juga : Mengenal Tanaman Akasia Baileyana

Di bawah ini kami akan memberikan beberapa informasi yang bisa berguna dan bermanfaat untuk anda sekalian tentang hama apa saja yang biasa menyerang tanaman akasia. Penasaran kan? Yuk kita baca dan simak Bersama sama penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini.

1. Ochthebius dilatatus

Hama yang pertama yang akan kita bahas yang biasanya menyerang tanaman akasia adalah hama hewan Ochtebius dilataus. Hewan Ochtebius dilatasi adalah hewan yang biasa merusak tanaman akasia. Biasanya akibat adanya hewan ini tanaman akasia itu menjadi keluarnya getah dari batang, kulit kayu yang mengering dan mengelupas. Hewan Ochtebius dilataus biasa menyerang pada bagian pokok batang tanaman akasia sehingga akan menyebabkan batang tanaman pohon akasia itu menjadi mati.

Namun kendati ada hama pada tanaman akasia rupanya hal itu juga bisa di sembuhkan. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan tanaman akasia dari adanya hama hewan Ochtebius dilataus yaitu dengan cara rutin untuk membersihkan batang pohon tanaman akasia, memusnahkan sarang hama hewan Ochtebius dilataus, memberikan herbisida, dan memotong cabang yang terserang hama hewan Ochtebius dilataus.

2. Xylodepra sp

Ciri Ciri Pohon Akasia
Sumber: paktanidigital.com
Hama hewan lain yang biasa menyerang pada tanaman akasia adalah hewan Xylodepra sp. Biasanya hewan ini biasa mengakibatkan tanaman akasia itu menjadi munculnya lubang gerek di bagian dalam ranting pohon akasia.

Jika keadaan yang seperti ini tidak dikendalikan dengan baik dan benar, akan mengakibatkan munculnya lubang gerek ini akan semakin membesar karena adanya aktivitas makan hama dari hewan Xylodepra sp.




Sama seperti hama hewan yang sebelumnya, rupanya Xylodepra sp juga bisa dikendalikan. Adapun cara untuk bisa mengendalikan dan juga menjaga tanaman akasia itu dengan cara menutup permukaan perakaran tanaman akasia dengan memakai tanah tanah setebal 2 cm, sterilisasi kumbang jantan, dan melakukan sanitasi kebun.

Nah itulah tadi informasi yang bias sedikit kami bagikan untuk anda sekalian tentang hama hewan yang biasa menyerang pada tanaman akasia. Semoga informasi yang kami bagikan itu bisa berguna dan bermanfaat untuk anda sekalian.

Baca juga :


Belum ada Komentar untuk "Cek Yuk! Hama Pada Tanaman Akasia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel