Artikel Pilihan

Kenalan Yuk Dengan Morfologi Tanaman Akasia

Tanaman merupakan salah satu jenis bagian dari bumi kita sekarang. Di mana selama ini kita pun juga tahu ada beraneka ragam jenis tanaman. Baik itu tanaman yang bisa di manfaatkan karena mempunyai banyak manfaat. Dan ada juga di sini tanaman yang hanya di manfaatin karena keindahan yang di miliki dan juga di punyai oleh tanaman itu. Adapun salah satu jenis tanaman yang ada di bumi ini adalah tanaman akasia.

Mungkin beberapa dari kita sudah tahu tentang apa yang di maksud dengan tanaman akasia dan apa saja sih bagian dari morfologinya. Namun rupanya masih ada beberapa onrang yang belum mengetahui. Untuk anda yang belum mengetahui tentu akan merasa penasaran dan juga ingin tahu tentang apa saja yang di maksud dengan tanaman akasia. Penasaran kan? Maka dari itu mari kita baca bersama sama penjelasan yang ada di bawah ini.


Apa sih tanaman akasia itu?

Tanaman akasia yang menurut penelitian ilmiah adalah salah satu jenis tumbuhan yang masuk dalam kerajaan plantae. Selain itu tanaman akasia itu sendiri juga masuk dalam divisi tumbuhan yang adalah magnoliophyta dan juga masuk dalam kelas magnoliopsyda. Selanjutnya dalam jenis ordo tanaman akasia itu masuk dalam ordo fabales. Sedangkan untuk tipe family tanaman akasia itu sendiri adalah masuk dalam family fabacaea. Dan juga masuk dalam sub family yaitu adalah mimosoidae. Dan juga tanaman akasia itu masuk dalam jenis bangsa tumbuhan acaciea. Dan untuk katagori genus tanaman akasia adalah genus acacia.


Morfologi tanaman akasia

Sama seperti tumbuhan lain pada umumnya yang memiliki morfologi tertetu. Nah demikian juga di sini dengan tanaman akasia itu juga mempunyai morfologi tertentu. Sebenarnya apa saja sih morfologi dari tanaman akasia itu sendiri. Penasaran kan? Yuk kita baca dan juga ulas bersama sama.

Akar

Pada bagian pertama kali ini kita akan membahas berupa akar. Di mana kita semua tentu sudah tahu bahwa akar itu merupakan bagian yang sangat penting dan menjadi hal yang pokok dalam suatu tubuh tumbuhan. Sebab di sini tanpa ada adanya akar sebuah tumbuhan tentu tidak bisa menjadi tumbuh dan juga berkembang. Begitu pula di sini dengan akar pada tumbuhan akasia. Pada tanaman pohon akasia ini memiliki jenis akar tunggang. Dan pada akar tunggang pohon akasia itu memiliki warna putih kecoklatan. Biasanya akar tunggang pada tanaman pohon akasia . itu memiliki Panjang 10 cm. dengan akarnya yang Panjang itu pohon akasia mampu bertumbuh dan juga berkembang dengan tinggi pohon antara 5 m – 10 m.

Batang 

ciri ciri pohon batang akasia

Bagian tumbuh tumbuhan lain yang tidak kalah penting dalam setiap tubuh tumbuhan adalah batang. Di mana setiap tumbuhan itu memiliki batang. Demikian juga di sini dengan tumbuhan akasia itu juga memiliki batang. Di mana pada tanaman akasia itu memiliki ukuran batang dengan diameter 20 cm. selain itu batang dari tanaman akasia. Pada umumnya permukaan batang pada pohon itu memiliki ukuran yang halus. Namun rupanya hal itu berbeda dengan batang pohon akasia. Pada batag pohon akasia itu sendiri mempunyai permukaan yang kasar dan juga tinggi. Dan pada batang pohon akasia itu memiliki biasanya memiliki batang yang berwarna coklat atau abu abu. Batang batang pada pohon akasia itu bisa mencapai tinggi antara 15 m – 25 m.

Baca Juga :

Daun

ciri ciri pohon daun akasia
Sumber: google.com
Bagian lain yang tidak kalah penting dalam tubuh tumbuhan adalah daun. Di mana kita tahu bahwa pada daun terjadi proses memasak makanan atau yang biasa di kenal dengan fotosintesis. Adapun daun pada pohon akasia itu cenderung memiliki bentuk yang berupa menyirip. Pada bagian daun pohon akasia itu mempunyai Panjang 5 cm – 15 cm dan biasanya mempunyai lebar 2 cm – 5 cm. selain di bagian pohon akasia itu cenderung memiliki getah yang berwarna putih bila mana daun akasia itu tersobek.

Itulah tadi informasi yang bisa kami bagikan untuk anda sekalian. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Kenalan Yuk Dengan Morfologi Tanaman Akasia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel