Artikel Pilihan

Tips Menghindarkan Pohon Basil dari Penyakit Tanaman

Pohon yang memiliki sejuta manfaat, baik untuk kuliner dan juga untuk meningkatkan kesehatan manusia ini ternyata sangat mudah ditanam. Karena mudah untuk ditanam di manapun, entah itu secara indoor ataupun outdoor maka banyak sekali orang yang menanamnya di rumah.

Pohon basil ini sebenarnya perawatannya sangatlah mudah hampir seperti tanaman pada biasanya, namun itu tak menutup kemungkinan akan timbul masalah pada pohon basil anda seperti masalah yang diakibatkan oleh jamur.

Baca juga : Di Indonesia, Habitat Pohon Ketapang Ada Pada Daerah Ini

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi penting yang menarik mengenai tips menghindarkan pohon basil dari penyakit tanaman. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!




1. Pastikan untuk memilih bibit yang berkualitas

Ciri Ciri Pohon Basil

Jika anda ingin supaya tanaman pohon basil anda bebas dari penyakit maka ketika anda membelinya, anda harus memastikan bahwa anda membeli pohon basil yang berkualitas. Pastikan nda membeli bibit pohon basil yang berkualitas baik sehingga nantinya pohon basil anda tumbuh besar dengan baik dan terhindar dari berbagai penyakit. Kami sarankan supaya anda membeli pohon basil secara langsung sehingga bisa melihat apakah bibit yang anda beli itu berkualitas atau tidak.

2. Pastikan menggunakan tanah yang bagus

Langkah kedua yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan tanaman pohon basil yang bagus dan berkualitas adalah memastikan bahwa anda menggunakan tanah yang bagus. Tanah yang subur, gembur, dan terhindar dari paparan zat berbahaya. Karena ada beberapa penyakit dari pohon basil yang disebabkan karena tanah yang digunakan jelek dan tidak berkualitas.

Jika sebelumnya anda menanam di tanah tersebut kemudian beberapa tanaman anda tidak tumbuh subur dan bahkan mati, maka jangan gunakan tanah yang sama untuk menanam pohon basil. Jika memang seperti itu mungkin tanah itu tidak bagus. Jadi sebelum menanam pohon basil maka perhatikan dulu tanah yang anda gunakan, apakah tanahnya bagus atau tidak.

3. Rawatlah pohon basil dengan benar

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: netdna-ssl.com
Tips menghindarkan pohon basil dari penyakit tanaman yang ketiga adalah dengan merawatnya dengan benar. Pohon basil pada umumnya membutuhkan sinar matahari 6 jam hingga 8 jam setiap harinya supaya ia bisa tumbuh baik dan tidak kekurangan nutrisi.

Baca juga : Apakah Perbedaan Pohon Ketapang Kencana dan Lainnya?

Jika tidak ada sinar matahari di rumah anda, maka anda bisa menerangi pohon basil menggunakan lampu neon selama 14 jam per harinya. Selain itu juga berikan tambahan pupuk kompos atau pupuk yang larut dalam air di tanah sehingga pohon basil bisa tumbuh dengan subur.

4. Lakukan penyiraman tetes jika perlu

Ada beberapa penyakit yang juga bisa menyerang pohon basil anda dan penularannya bisa disebabkan oleh air. Oleh karena itu kami sarankan supaya anda memilih model yang tepat untuk melakukan irigasi dan penyiraman sehingga tanaman pohon basil anda bisa aman dari penularan bakteri. Jika perlu anda menggunakan penyiraman atau irigasi tetes sehingga bisa menghindarkan daun basil dari penyakit seperti penularan bakteri.

5. Melakukan panen secara rutin

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: hgtvhome.sndimg.com
Sebenarnya untuk menanam pohon basil ini bisa dibilang mudah, asalkan anda telaten dan juga memperhatikan pohon basil anda setiap harinya. Ketika pohon basil anda sudah tumbuh dengan baik, menghasilkan daun yang rimbun maka langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah memanennya secara rutin. Sebenarnya tidak ada takaran berapa kali anda harus memanen pohon basil, ketika anda memerlukan pohon basil itu maka anda bisa memetiknya kapan saja.




Namun jika mungkin anda tidak terlalu membutuhkan daun basil maka kami sarankan supaya anda melakukan panen minimal seminggu sekali atau dua minggu sekali, sehingga pohon basil anda bisa menumbuhkan daun yang baru dan segar dan tidak sampai layu. Untuk penyimpanan daun pohon basil maka anda bisa menyimpannya di dalam freezer kulkas rumah anda dan kemudian menggunakannya jika perlu.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai tips menghindarkan pohon basil dari penyakit tanaman. Selain itu anda juga harus memberikan pohon basil anda sinar matahari yang cukup, mulai dari 6 hingga 8 jam tiap hari. Semoga informasi yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya!

Baca juga :



Belum ada Komentar untuk "Tips Menghindarkan Pohon Basil dari Penyakit Tanaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel