Artikel Pilihan

Masalah yang Sering Terjadi Pada Pohon Basil

Pohon basil merupakan salah satu jenis tanaman rempah yang daunnya dimanfaatkan sebagai bahan tambahan khususnya masakan Italia. Tanaman pohon basil ini sangat mudah tumbuh dimanapun, oleh karena itu banyak orang yang menanam pohon basil.

Pohon basil ini bisa tumbuh dengan baik walaupun ditanam di outdoor maupun indoor asalkan ia mendapatkan sinar matahari yang cukup selama 6 hingga 8 jam per harinya dan mendapatkan tanah yang lembab.

Baca juga : Ketahui Persebaran Pohon Waru di Seluruh Dunia

Bagi anda yang ingin menanam pohon basil, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa informasi penting kepada anda mengenai masalah yang sering terjadi pada pohon basil. Apa saja sih masalah yang sering terjadi pada daun pohon ini? Simak ulasannya di bawah ini :




Masalah yang Sering Terjadi Pada Pohon Basil

Beberapa masalah atau penyakit yang sering dialami oleh pohon basil antara lain sebagai berikut :

1. Fusarium wilt

Ciri Ciri Pohon Basil

Masalah pertama yang sering dialami oleh pohon basil adalah fusarium wilt atau layu, ini merupakan masalah umum yang sering terjadi pada pohon basil. Penyakit ini pada umumnya berbasis di tanah, ia menyebabkan pembuluh air dari pohon basil anda jadi terhambat, kemudian perlahan menyebabkan tanaman menjadi layu dan kemudian mati.

Gejala dari penyakit ini adalah pertama tunas akan berubah warna menjadi menguning dan daun akan berwarna kuning juga ketika tanaman sudah mencapai tinggi 8 hingga 10 inchi. Dan biasanya juga akan muncul jamur berwarna putih atau oranye pada bagian batangnya. Selanjutnya, batang tanaman menjadi bengkok dan jaringan batangnya berubah warna.

Bagaimana cara mengatasinya? Jika anda sudah menemukan gejala seperti itu pada pohon basil anda, sebelum semakin parah maka keluarkan dari tanah tempat anda menanamnya. Setelah itu jangan menanam pohon basil selama 4 hingga 5 tahun untuk memberikan waktu bagi tanah supaya pulih kembali. Pastikan ketika anda membeli bibit pohon basil memilih yang berkualitas ya.

2. Bakteri pada daun

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: google.com
Masalah yang sering terjadi pada pohon basil yang selanjutnya adalah munculnya bakteri pada daun. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang dikenal sebagai Pseudomonas cichorii. Gejala jika pohon basil anda mengalami penyakit ini adalah akan muncul bintik-bintik berwarna coklat atau hitam pada daun anda dan juga terdapat goresan pada batang.

Baca juga : Anti Gagal, Ini Tips Menanam Pohon Tabebuya di Rumah

Tidak hanya muncul pada pohon basil saja ya, penyakit ini umumnya juga muncul pada jenis tanaman lainnya. Bintik dari penyakit ini menyukai kondisi yang hangat dan basah. Bagaimana cara mengatasinya? Sebenarnya tidak ada cara spesifik untuk mengatasi penyakit akibat bakteri ini.

Namun untuk mencegahnya semakin menyebar, maka anda bisa memetik daun yang terkena bakteri ini kemudian selanjutnya siram dengan perlahan supaya air tidak mengenai daun pohon basil. Selain itu hindarilah memegang tanaman ketika daunnya masih basah, karena hal simpel ini bisa menyebarkan penyakit dan bakteri.

3. Downy Mildew

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: ag.umass.edu
Penyakit pada pohon basil yang ketiga adalah downy mildew, yang merupakan penyakit yang sangat merusak dan menular. Gejalanya adalah awalnya daun pohon basil akan menguning dan hampir mirip seperti pohon anda kekurangan nutrisi. Setelah itu akan muncul jamur berbulu halus di bagian daun. Biasanya jamurnya berwarna putih, ungu, atau abu-abu. Jika muncul gejala seperti itu maka berarti pohon basil anda mengalami penyakit downy mildey.

Bagaimana cara mengatasinya? Sebelumnya anda harus mengetahui terlebih dulu apa yang menyebarkan penyakit ini. Penyakit ini disebarkan oleh spora di udara yang tumbuh subur di cuaca yang basah.

Jika anda menanam pohon basil secara indoor maka jangan membuat daunnya terlalu basah karena bisa menyebabkan penyakit downy mildew, selain itu hindari juga untuk menyiram tanaman pada malam hari. Untuk menghindari penyakit yang sama, maka hindarilah untuk menanam pohon basil di tempat yang sama selama 1 tahun.




Itu tadi beberapa informasi penting yang bisa kami sampaikan mengenai masalah yang sering terjadi pada pohon basil. Masalah itu sebenarnya kebanyakan disebabkan oleh bakteri dan jamur, jika pohon basil anda mengalami gejala yang tidak umum maka sebaiknya segera lakukan tindakan sesuai yang telah kami sampaikan di atas tadi.

Semoga artikel yang kami sampaikan di atas tadi bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semuanya! Jangan sampai membiarkan pohon basil anda mati karena penyakit yang tadi kami sebutkan ya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Masalah yang Sering Terjadi Pada Pohon Basil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel