Artikel Pilihan

Perhatikan Cara Menyimpan dan Mengolah Daun Pohon Basil!

Pohon yang memiliki daun warna hijau ini merupakan pohon yang di Benua Eropa terutama di Italia dijadikan sebagai salah satu jenis rempah yang digunakan dalam bahan masakan, daun pohon basil ini digunakan karena bisa membuat cita rasa masakan menjadi lebih strong. Ternyata selain memberikan rasa yang kuat untuk masakan, daun pohon basil ini juga bermanfaat sekali untuk kesehatan kita.

Oleh karena itu banyak sekali orang yang menanam pohon basil di rumah, dibandingkan harus membeli basil maka lebih baik menanamnya sendiri karena basil sangat mudah untuk ditanam. Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai perhatikan cara menyimpan dan mengolah daun pohon basil. Bagaimana? Simak ulasannya di bawah ini!

Cara Menyimpan Daun Pohon Basil

Ciri Ciri Pohon Basil

Anda bisa menanam pohon basil di rumah Anda, entah Anda ingin menanamnya di pekarangan Anda secara outdoor atau mungkin Anda ingin menanam pohon basil di dalam rumah dengan pot-pot kecil yang Anda letakkan di dekat jendela yaitu secara indoor.

Jika Anda sudah berhasil menanam pohon basil dan bisa memanennya, maka kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai bagaimana cara menyimpan daun pohon basil. Berikut adalah beberapa tipsnya :




1. Menyimpan daun basil dengan cara membekukannya

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: imagesvc.meredithcorp.io
Setelah Anda memanen daun dari pohon basil, maka selanjutnya Anda dapat menyimpannya dengan cara membekukannya. Setelah memetik daun dari pohon basil yang masih fresh maka Anda bisa membekukannya dengan cara memasukkan ke dalam freezer yang ada di kulkas Anda.

Baca juga : Mengetahui Ciri-Ciri Utama Pohon Angsana

Nanti ketika Anda membekukannya maka daun dari pohon basil itu akan menyusut, Anda kemudian bisa memanfaatkannya untuk Anda masukkan ke dalam masakan Anda. Berikut merupakan tips jika Anda ingin menyimpan daun pohon basil dengan cara membekukannya.

Merebusnya dengan cepat : Setelah memanen daun dari pohon basil, selanjutnya lepaskanlah daun basil dari batangnya kemudian cuci sampai bersih sehingga debu atau kotorannya hilang. Celupkanlah daun basil dalam air mendidih selama 2 detik.

Ice bath : Kemudian langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memindahkan daun tersebut ke dalam es tempat yang berisi es batu selama beberapa detik.

Kering dan bekukan : Langkah ketiga adalah keringkan sepenuhnya daun dari pohon basil kemudian simpan dalam wadah yang aman ke dalam freezer.

2. Menghaluskannya dan membekukannya

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: i.ytimg.com
Perhatikan cara menyimpan dan mengolah daun pohon basil yang kedua, jika anda sering memanfaatkan daun basil untuk masak maka anda bisa menggunakan cara yang kedua ini yaitu dengan cara menghaluskan daun pohon basil kemudian membekukannya.

Baca juga : Yuk Mengenal Pohon Waru dengan Nama Latin Hibiscus tiliaceus

Mungkin anda tahu olahan basil ala Italia yaitu vinaigrette, pesto, dan masih banyak lagi yang biasanya dimasukkan ke dalam rebusan atau masakan. Maka anda bisa mengikuti cara ini dengan menghaluskan atau mengencerkan daun basil kemudian membekukannya. Berikut merupakan langkah jika anda ingin menghaluskan dan membekukan daun pohon basil :
  • Persiapan : Langkah yang pertama adalah persiapan, lepaskan daun basil dari batangnya setelah anda memanennya kemudian cuci daun basil dengan air mengalir sehingga kotorannya bisa bersih kemudian anda bisa mengeringkannya dengan cara menepuknya pelan dengan tisu atau handuk.
  • Menghaluskan : Setelah itu anda mulai bisa menghaluskannya, anda bisa menggunakan food processor atau blender yaitu dengan cara mencampurkan daun pohon basil segar dengan tambahan minyak zaitun. Perbandinganya adalah 1 cangkir daun pohon basil dengan 1 sendok makan minyak zaitun.
  • Bekukan : Jika sudah masukkan ke dalam wadah, kemudian bekukan basil yang telah dihaluskan ke dalam nampan berisi es batu. Simpan menggunakan kantong plastik besar dan masukkan ke dalam freezer.




Itu tadi beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan untuk menyimpan dan juga mengolah daun basil yang baru saja anda panen di rumah sendiri. Karena tentu lebih sehat jika anda menanam sendiri di rumah pohon basil karena anda tidak menggunakan insektisida.

Itu tadi informasi yang kami sampaikan mengenai Perhatikan cara menyimpan dan mengolah daun pohon basil. Semoga informasi itu berguna dan bermanfaat bagi anda yang masih kebingungan untuk menyimpan dan mengolah daun dari pohon basil ya!

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Perhatikan Cara Menyimpan dan Mengolah Daun Pohon Basil!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel