Artikel Pilihan

4 Jenis Pohon Bidara yang Perlu Kamu Ketahui

Banyak yang belum tahu jika pohon bidara memiliki beberapa jenis, tidak hanya satu jenis atau pohon bidara asli atau arab (Sidr) saja. Tetapi ada juga pohon bidara laut, pohon bidara cina, pohon bidara upas, dan pohon putsa yang mana memiliki kekhasan dan keistimewaan masing-masing.

Berikut adalah penjelasan tentang jenis pohon bidara apa saja yang perlu kamu ketahui, antara lain:


1. Pohon Bidara Asli atau Sidr

pohon bidara

Pohon bidara jenis ini banyak dicari oleh banyak orang di berbagai negara dan bisa dimanfaatkan sebagai penangkal jin maupun sihir. Baik daun, kulit, akar, maupun buah dari pohon ini memiliki khasiat dan manfaatnya sendiri yang bisa dirasa, baik untuk kesehatan maupun kecantikan kulit.

Pohon bidara ini berasal dari Arab dan tumbuhnya pohon ini asli berada di kawasan yang kering seperti arab dan asia barat lainnya. Dalam perkembangannya, banyak orang membudidayakan pohon ini karena tahu akan kelebihannya yang cukup banyak membantu untuk kehidupan.

Pohon ini juga tumbuh di Israel dengan tinggi pohon sampai 500 meter. Pohon yang batang dan rantingnya memiliki duri ini biasanya dijadikan anyaman berupa “mahkota duri” dan ditaruh di kepala Yesus Kristus menjelang penyalibannya.

Buahnya yang matang dapat dimakan. Selain itu, bunganya menjadi sumber penting untuk madu di Eritrea dan Yaman. Daun dari pohon bidara ini juga digunakan untuk kepentingan ruqyah, sunnah, dan pengobatan dari gangguan sihir maupun jin.


2. Pohon Bidara Laut

Pohon jenis ini nama lainnya adalah “Strychnos Lucida". Tempat pohon bidara ini berada di hutan yang lokasinya dekat dengan pantai atau laut. Pohon bidara laut bisa ditemukan di beberapa kawasan Indonesia salah satunya di pulau Sumatera yang mana dikenal dengan nama Bidara Putih.

Selain itu juga ada Bidara Pahit dan Kayu Ular disana. Untuk pulau jawa, pohon bidara lebih dikenal dengan nama Dara Putih dan Dara Gunung. Di pulau Madura terkenal dengan nama Aju Mapai atau Bidara Mapai.

Umumnya, daun pohon bidara laut diolah dengan cara direbus dan bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit rematik, kulit, sariawan, malaria, demam, pencuci darah alami, dan lain sebagainya. Buah pohon bidara ini rasanya asam dan warnanya kuning walaupun sudah tua.

Baca Juga :

Batangnya berduri dan durinya lebih besar daripada pohon bidara arab atau asli. Pohon ini dikenal oleh masyarakat bisa mengobati orang mabuk laut.


3. Pohon Bidara Cina

bidara cina
Sumber: tokopedia.net
Pohon bidara cina memiliki nama latin "Ziziphus Zizyphus" yang mana adalah salah satu jenis pohon berdaun rindang dan memiliki buah seperti apel ketika buahnya masih berumur muda. Ketika buahnya sudah tua, maka buahnya akan berwarna cokelat kehitam-hitaman dengan tekstur yang keriput.

Sehingga tidak kaget jika pohon bidara ini disebut dengan jujube, jujuba, kurma merah, kurma korea, kurma cina, atau kurma india. Pohon bidara cina merupakan pohon kecil yang mencapai ketinggian antara 5-10 meter. Memiliki cabang-cabang yang berduri.


4. Pohon Bidara Upas

Pohon bidara ini tidak memiliki duri sama sekali pada batang pohon dan rantingnya. Definisi dari pohon ini juga beda dengan bidara yang lainnya, dimana pohon ini lebih sebagai jenis tumbuhan umbi-umbian yang merambat dan tingginya bisa 3-6 meter.

Tumbuhan merambat ini banyak ditemukan di kawasan Indo-Cina dan beberapa negara di Asia Tenggara, seperti di Malaysia, Filipina, Indonesia (Jawa, Ambon, dan Bali). Daun dan umbi-umbian pohon bidara upas ini biasanya digunakan untuk mengobati penyakit, seperti diabetes, kencing batu.

Kemudian juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit tuberkolosis, syphilis, dan lain sebagainya.


5. Pohon Putsa (Apel India)

bidara putsa
Sumber: faunadanflora.com
Pohon bidara jenis ini termasuk ke dalam keluarga Pohon Apel, sehingga tumbuhan ini disebut juga dengan nama "Apel India". Buahnya mirip dengan buah apel dan rasanya juga manis tanpa ada rasa asam.

Batang dan ranting pohonnya juga tidak memiliki duri. Tetapi memang, pohon ini mirip sekali dengan pohon bidara asli atau arab sehingga sulit untuk dibedakan. Tetapi pembedanya bisa dilihat dalam hal memiliki duri atau tidak.

Pohon ini aslinya bukanlah jenis pohon bidara. Hanya saja dimasukkan ke pembahasan karena pohon ini memiliki kemiripan dengan pohon bidara hanya saja tidak memiliki duri.

Nah, itulah penjelasan tentang 4 jenis pohon bidara yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "4 Jenis Pohon Bidara yang Perlu Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel