Artikel Pilihan

Jenis-Jenis Varietas Pohon Basil yang Harus Diketahui

Apakah anda tahu bahwa pohon basil merupakan salah satu jenis tanaman herbal atau rempah yang memiliki banyak jenis varietas. Banyak sekali macam-macam basil yang harus anda ketahui, mungkin selama ini yang anda ketahui hanyalah basil jenis biasa saja.

Padahal ternyata masih banyak jenis basil yang ada di dunia ini dan memiliki rasa yang berbeda pula. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda semua mengenai jenis-jenis varietas pohon basil yang harus diketahui. Apa saja? Simak informasinya di bawah ini!

Baca juga : Cara Merawat Pohon Bidara Agar Tetap Tumbuh dan Berkembang

1. Dark opal basil

Ciri Ciri Pohon Basil

Jenis variasi dari pohon basil yang pertama adalah dark opal basil. Pohon basil yang satu ini memiliki warna daun yang berbeda dari pada biasanya yaitu memiliki daun warna ungu gelap. Memiliki cita rasa yang agak pedas sehingga sangat cocok dijadikan sebagai pesto (hidangan khas Italia), ditambahkan pada salad, dan juga dijadikan sebagai garnish. Pohon basil dengan jenis dark opal basil ini bisa tumbuh hingga 14 sampai 20 inchi. Tertarik menanamnya?




2. Holy basil

Holy basil merupakan salah satu jenis pohon basil yang dihormati dalam agama Hindu, disebut sebagai basil suci atau Tulsi. Biasanya orang-orang memanfaatkan holy basil ini sebagai teh yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Merupakan tanaman pohon basil yang punya daun berwarna hijau dan untu yang disertai dengan bintik. Pohon basil jenis ini mampu tumbuh mencapai 12 hingga 14 inchi.

3. Christmas basil

Variasi yang ketiga adalah christmas basil, pohon basil yang satu ini memiliki daun hijau yang mengkilap dan memiliki ukuran sekitar 2 inci serta bunga berwarna ungu. Biasanya christmas basil ini digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan seperti misalnya saja salad atau ditambahkan ke dalam minuman juga karena memiliki warna daun yang menyegarkan dan cantik. Pohon basil jenis christmas basil ini bisa tumbuh mencapai 16 hingga 20 inchi.

4. Lime basil

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: cloudfront.net
Jenis-jenis varietas pohon basil yang harus diketahui yang keempat adalah lime basil. Lime basil ini memiliki ukuran daun yang kecil dan ringkas, bisa tumbuh dengan ukuran 12 hingga 16 inchi, memiliki bunga berwarna putih. Seperti namanya, pohon basil yang satu ini memiliki aroma bak jeruk nipis sehingga sangat cocok ditambahkan pada hidangan ayam dan ikan. Selain itu lime basil bisa ditambahkan pada teh dan margarita. Sudah pernah mencobanya?

Baca juga : Cara Menanam Pohon Sengon Yang Tepat

5. Spicy bush basil

Pohon basil spicy bush ini tumbuh lebih mini daripada jenis basil yang lainnya, karena tumbuh hanya mencapai 8 hingga 10 inchi. Karena tidak bisa tumbuh besar, jenis pohon basil ini sangat cocok ditanam di pot kecil di rumah anda. Memiliki daun berwarna hijau yang punya ukuran ½ hingga 1 inchi. Jika ingin menambahkan rasa yang kuat pada saus yang anda buat, maka anda bisa menggunakan daun dari pohon basil yang satu ini.

6. Sweet basil

Variasi pohon basil yang satu ini bisa dibilang merupakan salah satu yang terbaik. Di Italia, pohon basil dengan variasi sweet basil ini sering digunakan sebagai campuran saus dan pesto. Bisa tumbuh mencapai 14 hingga 30 inchi. Pohon basil yang satu ini mempunyai cita rasa yang manis.

7. Purple ruffles basil

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: specialtyproduce.com
Selanjutnya adalah pohon purple ruffles basil yang biasanya digunakan sebagai garnish pada hidangan. Memiliki rasa yang hampir sama seperti dark opal basil. Tanaman ini bisa tumbuh mencapai 16 hingga 30 inci dan memiliki daun dengan ukuran 2 hingga 3 inchi.

8. Cinnamon basil

Varietas yang terakhir ada cinnamon basil, pohon basil yang satu ini memiliki aroma yang berbeda dan rasanya juga pedas. Sehingga jika anda menginginkan makanan yang pedas maka anda bisa menambahkan pohon basil jenis cinnamon ini ke dalam masakan anda.




Pohon basil yang satu ini memiliki tinggi mulai dari 25 hingga 30 inchi dengan bunga ungu tua dan daun yang mengkilap. Merupakan jenis pohon basil yang seringkali ditambahkan pada salad buah atau dijadikan sebagai garnish.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda semua mengenai jenis-jenis varietas pohon basil yang harus diketahui. Semoga artikel yang kami berikan mengenai variasi pohon basil itu bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semuanya ya!

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Varietas Pohon Basil yang Harus Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel