Artikel Pilihan

Penting, Ini Dia Cara Panen Pohon Basil yang Tepat

Pohon basil atau yang masih satu kerabat dengan kemangi yang sering kita jumpai ini merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kita. Biasanya daun dari pohon basil ini dijadikan sebagai rempah rempah untuk masakan khas Italia.

Nah selain itu, ternyata basil ini juga bisa digunakan sebagai salah satu obat-obatan herbal karena ternyata mengandung banyak senyawa baik. Jika Anda menanam pohon basil di rumah, maka mungkin pada pertengahan musim Anda bisa mendapatkan daun basil yang bagus dan siap panen.

Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan informasi penting, ini dia cara panen pohon basil yang tepat. Kami juga akan memberikan informasi bagaimana menggunakan pohon basil yang tepat. Simak ulasannya di bawah ini!




Cara Memanen Pohon Basil

Ciri Ciri Pohon Basil

Jika Anda memiliki pohon basil baik itu Anda tanam secara indoor ataupun outdoor, maka selain tahu bagaimana cara menanam pohon itu maka Anda juga harus tahu bagaimana cara memanennya. Sebenarnya cara memanennya sangatlah mudah karena tidak ada teknik tertentu yang harus dilakukan. Ketika Anda ingin memanen daun dari pohon basil maka Anda bisa memetiknya kapan saja sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga : Siapa Sangka, Fungsi Daun Pohon Waru Untuk Kecantikan Ini Bisa Diandalkan

Karena pada kenyataannya, panen bisa mendorong tanaman pohon basil Anda untuk menghasilkan lebih banyak lagi daun. Jika ingin memanen pada waktu yang tepat maka lakukanlah panen pohon basil pada pagi hari karena pagi merupakan waktu yang terbaik. Namun sebenarnya, Anda bisa memanen pohon basil kapanpun sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun jika Anda menginginkan hasil terbaik untuk panen Anda, maka lakukanlah langkah berikut :
Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: i.pinimg.com
Panen dalam jumlah kecil : Ambilah beberapa daun dari masing-masing tanaman pohon basil, daripada Anda memotong seluruh batangnya. Selain itu saat Anda ingin memetik daun basil maka jepitlah ujung cabang secara berkala untuk mendorong tanaman lepas. Selain itu Anda juga bisa mengambil semua kuncup bunganya dan bisa menggunakannya sebagai garnish untuk hidangan masakan Anda.

Panen dalam jumlah lebih besar : Jika Anda ingin panen dalam jumlah yang lebih besar lagi maka Anda bisa memanen daun pohon basil dari atas ke bawah, Anda bisa memotong hingga sepertiga bagian dari tinggi tanaman. Pastikan supaya Anda memotong tepat di atas cabang daun. Dalam beberapa minggu ke depan maka mungkin Anda bisa memanen daun basil lagi.

Panen final : Jika Anda ingin melakukan panen final maka Anda bisa memotong batang ke tanah dan mengambil semua daun dari pohon basil. Kemudian anda bisa menambahkan batangnya ke pupuk kompos organik dan menggunakan daunnya untuk masak atau mungkin anda gunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Baca juga : Tak Hanya Indah, Pohon Tabebuya Menyimpan 9 Fakta Menarik

Cara Menggunakan Pohon Basil

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: psesyq1vu8-flywheel.netdna-ssl.com
Untuk memanen pohon basil sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan ya, karena tidak ada teknik khusus. Ketika Anda sedang membutuhkan daun basil maka Anda bisa melakukannya dengan cara memetik dari pohon basil.

Tidak ada teknik tertentu ketika Anda ingin menanamnya. Selain memberikan informasi mengenai penting, ini dia cara panen pohon basil yang tepat. Kali ini kami juga akan memberikan informasi lain yang tak kalah bergunanya yaitu bagaimana cara menggunakan pohon basil.

Untuk menggunakan pohon basil maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memetik daun dari batangnya kemudian langkah selanjutnya adalah memilih daun yang berkualitas. Kami sarankan supaya Anda membuang daun-daun pohon basil yang mati ataupun berbintik.




Selanjutnya jika Anda sudah memiliki daun-daun basil yang berkualitas maka cucilah daun basil dengan air mengalir sehingga kotoran dan debu bisa hilang. Dan kemudian tepuk ringan daun basil dengan handuk atau tissue sehingga Anda bisa mengolahnya kemudian. Anda bisa mencampurkan daun basil dengan masakan atau mungkin dijadikan sebagai rebusan untuk obat herbal.

Itu tadi informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai penting, ini dia cara panen pohon basil yang tepat. Sangat mudah bukan ternyata memanen pohon basil di rumah sendiri? Semoga informasi yang kami berikan mengenai cara memanen pohon basil bisa berguna bagi Anda ya.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Penting, Ini Dia Cara Panen Pohon Basil yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel