Artikel Pilihan

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Manfaat Pohon Angsana Bagi Kesehatan

Apakah Anda mengetahui Pohon Angsana? Pohon Angsana atau yang dikenal sebagai Pohon Sonokembang ini merupakan salah satu jenis pohon yang dengan mudah kita temui, kita bisa melihatnya di pinggiran trotoar.

Pohon ini banyak ditanam di pinggir jalan karena merupakan peneduh yang baik bagi lingkungan. Selain itu, Pohon Angsana ini juga memiliki beragam manfaat salah satunya untuk industri mebel. Karena memiliki struktur kayu yang kuat dan kokoh, maka biasanya dimanfaatkan sebagai bahan utama mebel untuk membuat meja, kursi, dan mebel lainnya.
Ciri Ciri Pohon Angsana

Namun tahukah Anda? Bahwa pohon yang disebut sebagai Pohon Narra ini juga memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan manusia. Dibalik tinggi dan kokohnya pohon ini, ia menyimpan sejuta manfaat bagi kita, bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Jarang diketahui, ternyata ini manfaat pohon Angsana bagi kesehatan manusia.

1. Membantu mengatasi sariawan di mulut

Manfaat Pohon Angsana yang pertama untuk kesehatan manusia adalah membantu untuk mengatasi sariawan di mulut. Jika Anda memiliki sariawan, dan kebetulan ada Pohon Angsana di sekitar lingkungan Anda maka Anda bisa memanfaatkannya. Untuk mengatasi sariawan maka Anda harus menggunakan kulit kayu Angsana. Caranya adalah menyiapkan kulit kayu Angsana 4 gram, daun Saga yang masih segar 4 gram, daun sirih 3 lembar, dan air 115 ml.



Langkah selanjutnya adalah menyeduh semua bahan, jika ingin lebih manjur Anda bisa menambahkan 10 gram gips yang bisa dibeli di apotek. Jika sudah mulai bening, diamkan beberapa saat kemudian saring. Gunakan untuk berkumur setiap 3 jam sekali ya, tiap berkumur Anda bisa mengambil 50 ml. Dijamin sariawan cepat sembuh.

2. Untuk mengatasi bisul

Banyak sekali manfaat Pohon Angsana bagi kesehatan, selain bisa membantu tuk mengatasi sariawan di mulut. Ternyata Pohon Angsana ini juga bisa membantu untuk mengatasi bisul. Bagi Anda yang sedang mengalami bisulan dan bingung harus menggunakan obat apa, maka kami sarankan supaya Anda memanfaatkan Pohon Angsana saja. Jika tadi kulit pohonnya, maka untuk mengatasi bisul Anda bisa menggunakan daunnya.

Caranya sangat mudah dan bisa dipraktekkan di rumah. Langkah pertama bersihkan area bisul menggunakan air bersih atau alkohol kadar 70%, kemudian Daun Angsana yang sudah ada remas dan tempelkan pada area bisul. Lakukanlah pergantian daun Angsana tiap 3 jam sekali. Dijamin bisul yang Anda alami segera sembuh!


3. Membantu penderita diabetes melitus

Jarang diketahui, ternyata ini manfaat pohon Angsana bagi kesehatan yang ketiga adalah bisa membantu penderita diabetes melitus. Sama seperti untuk mengatasi bisul tadi, bagi penderita diabetes melitus bisa memanfaatkan daunnya. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa daun dari Pohon Angsana ini terbukti bisa membantu untuk mengurangi dan mengontrol kadar gula darah.

Bagi Anda yang mungkin menderita diabetes melitus dan kesulitan untuk mengontrol kadar gula darah maka bisa mencoba pengobatan alami dari Angsana ini. Caranya sangat mudah, Anda bisa merebus daun Angsana sebanyak 5 sampai 6 helai, saring dan minumlah sari rebusan tadi. Jika Anda melakukan dengan rutin maka membantu mengontrol kadar gula darah dan bisa memperoleh hasil yang maksimal.



4. Mengatasi batu ginjal

Tak hanya digunakan untuk mengatasi penyakit yang ringan seperti bisul atau sariawan yang tadi kami sebutkan di atas tadi. Ternyata, Pohon Angsana ini juga bisa membantu Anda untuk mengatasi batu ginjal. Caranya adalah dengan menyiapkan kulit dari pohon Angsana dan beberapa bahan. Yaitu siapkanlah kulit kayu Angsana sebanyak 3 gram, keji beling sebanyak 2 gram, kumis kucing sebanyak 4 gram, air putih sebanyak 115 ml.
Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: deherba.com
Kemudian langkah selanjutnya adalah mencuci bersih semua bahan dan merebusnya. Minumlah sari rebusan tadi 1 kali sehari sebanyak 100 ml, jika batu telah keluar dalam bentuk kristal atau air kencing berbuih maka Anda bisa menghentikan minum ramuan itu. Dilanjutkan dengan mengkonsumsi teh dari daun kumis kucing sebanyak 6% dalam air, caraya adalah siapkan sebanyak 6 gram daun kumis kucing dan seduh dengan air. Minum 100 ml tiap harinya, mudah bukan?

Itu tadi informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Jarang diketahui, ternyata ini manfaat pohon Angsana bagi kesehatan. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Jarang Diketahui, Ternyata Ini Manfaat Pohon Angsana Bagi Kesehatan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel