Artikel Pilihan

Ini Dia Cara Merawat Pohon Basil yang Ditanam Indoor di Rumah

Siapa yang tak mengenal pohon basil? Pohon basil merupakan salah satu jenis tanaman yang seringkali digunakan sebagai bahan campuran untuk masakan, biasanya yang dimanfaatkan adalah daunnya.

Selain digunakan sebagai rempah untuk dicampurkan ke dalam bahan masakan, biasanya pohon basil ini juga dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti misalnya membantu untuk menyembuhkan flu batuk hingga membantu untuk mengurangi pembengkakan.

Karena banyak sekali manfaatnya, maka banyak orang yang menanam pohon basil di rumah mereka. Bagi Anda yang sedang menanam pohon basil secara indoor, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai ini dia cara merawat pohon basil yang ditanam indoor di rumah. Penasaran? Simak beberapa tipsnya!




Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menanam pohon basil secara indoor

Karena pohon basil memberikan banyak manfaat baik untuk bidang kuliner dan juga untuk kesehatan manusia, maka banyak sekali orang yang memanfaatkan pohon basil dan menanamnya di rumah. Menanam pohon basil bisa dibilang mudah, dan bahkan ia bisa ditanam secara indoor maupun outdoor.

Baca juga : Indah! Ini Varian Warna Bunga Pohon Waru yang Memikat

Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai ini dia cara merawat pohon basil yang ditanam indoor di rumah. Berikut merupakan beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda menanam pohon basil secara indoor di rumah Anda :

1. Cahaya

Ciri Ciri Pohon Basil

Walaupun Anda menanam pohon basil secara indoor maka tentu saja Anda harus memperhatikan cahayanya bukan? Karena sama seperti tanaman yang lainnya, pohon basil juga membutuhkan cahaya matahari supaya ia bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Untuk bisa tumbuh dengan baik, pohon basil membutuhkan cahaya matahari selama 6 hingga 8 jam tiap harinya.

Supaya mereka mendapatkan cahaya yang optimal maka Anda bisa meletakkan pot pohon basil Anda di jendela yang punya akses masuk sinar matahari yang tercerah dan terhangat. Bahkan jika misalnya Anda merasa kurang akan cahaya matahari alami, Anda bisa menambahkan cahaya neon.

Sebagai patokannya untuk memudahkan Anda, cahaya neon selama 2 jam itu setara dengan 1 jam sinar matahari. Pastikan supaya pohon basil Anda mendapatkan sinar yang maksimal sehingga mereka bisa tumbuh dengan baik.

2. Suhu

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: gardenerspath.com
Yang kedua, Anda juga harus memperhatikan iklim yang ada di sekitar pohon basil. Untuk menanam pohon basil dengan maksimal maka suhu rata-rata di rumah Anda harus berada di sekitar 70 Fahrenheit.

Biasanya suhu di dekat jendela cenderung menjadi dingin ketika malam hari dibandingkan area lain di rumah Anda, sehingga bisa membuat pohon basil Anda terkulai dan menjadi kurang sehat karena terkena suhu yang dingin.

Baca juga : Bisa Menunjukkan Waktu, Ini Keunikan Bunga Pohon Waru

Oleh karena itu Anda juga harus memperhatikan peletakan pohon basil Anda di dalam rumah, ketika malam datang maka pastikan supaya Anda meletakkan pohon basil di tempat yang hangat. Namun jauhkan juga dari ventilasi pemasan dan radiator karena bisa merusak tanaman.

3. Penyiraman dan pupuk

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: media01.stockfood.com
Cara merawat pohon basil yang yang ketiga adalah perhatikan penyiramannya. Pohon basil bisa tumbuh dengan subur dengan penyiraman yang dilakukan secara rutin. Anda bisa melakukan penyiraman secara rutin, dan berilah piring di bawah pot pohon basil Anda sehingga air bisa mengalir ke piring itu. Jika udara di rumah Anda kering maka Anda bisa meletakkan tambahan kerikil untuk memberikan kelembaban ekstra.




Selain melakukan penyiraman dengan baik, maka Anda juga harus memberikan pupuk sehingga pohon basil bisa mendapatkan nutrisi yang baik. Untuk pemberian pupuk Anda bisa lakukan 1 sampai 2 kali dalam sebulan. Anda bisa memberikan tambahan pupuk organik sehingga pohon basil Anda mendapatkan asupan yang maksimal dan bisa tumbuh dengan baik, menghasilkan daun yang berkualitas sehingga bisa Anda gunakan untuk masak.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami berikan kepada Anda mengenai ini dia cara merawat pohon basil yang ditanam indoor di rumah. Jika Anda memberikan asupan yang tepat untuk pohon basil Anda maka Anda bisa mendapatkan pohon basil yang berkualitas tinggi, sehingga Anda bisa memanfaatkanya untuk kesehatan maupun untuk masak. Semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan berguna bagi Anda semuanya yang sedang menanam pohon basil!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Ini Dia Cara Merawat Pohon Basil yang Ditanam Indoor di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel