Artikel Pilihan

Penting Diketahui! Ini 7 Fakta Stek Pohon Waru

Mengetahui apa saja fakta stek pohon waru mungkin akan membuat Anda tertarik untuk melakukannya. Wajar saja, sebab stek merupakan metode perbanyakan tanaman yang bisa dilakukan dengan mudah dan tidak membutuhkan biaya sama sekali. Siapa saja yang suka bercocok tanam dan mengerti cara stek pasti akan tertarik.

Fakta Stek Pohon Waru

Tak terkecuali pohon waru, waru adalah salah satu tanaman yang bisa diperbanyak dengan cara stek. Bagaimana caranya lebih spesifik akan Anda ketahui nanti, namun sebelumnya ketahui dulu apa saja fakta stek pohon waru :

Baca juga : Begini Ciri Pohon Waru Kecil dan Dewasa

1. Proses Stek yang Sangat Mudah

Fakta stek pohon waru yang pertama adalah bahwasanya proses stek ini sangat mudah untuk dilakukan. Tidak dibutuhkan imu luas untuk bisa melakukan stek pohon waru. Memang benar adanya sebenarnya proses stek, apapun itu pohonnya, adalah cara memperbanyak tumbuhan yang paling mudah.




Ciri Ciri Pohon Waru

Namun untuk stek waru, bisa dikatakan prosesnya lebih mudah dibanding dengan melakukan stek pada jenis tumbuhan lain. Saat Anda mencobanya nanti Anda bisa membuktikannya sendiri.

2. Proses Stek yang Tidak Membutuhkan Dana

Untuk Anda yang tertarik untuk melakukan stek, maka fakta stek pohon waru selanjutnya adalah tidak akan dibutuhkan dana untuk melakukannya. Sama sekali tidak dibutuhkan dana, apabila Anda sudah memiliki wadah dan tanah.
Ciri Ciri Pohon Waru
Sumber: google.com
Nantinya Anda hanya perlu menggunakan tanah dan wadah (pot) saja untuk melakukan stek ini. tidak dibutuhkan peralatan khusus yang mengharuskan Anda mengeluarkan dana.

3. Hasil Stek Berpotensi Besar Hidup

Namanya proses memperbanyak tanaman, pasti ada resikonya. Resikonya tak lain adalah hidup tidaknya dari tumbuhan yang distek tersebut. Semua tumbuhan yang distek memiliki potensi mati. Namun jika Anda melakukan stek waru, fakta stek pohon waru adalah tumbuhan ini memiliki potensi besar untuk hidup bukan untuk mati.

Baca juga : Ragam Bentuk Tulang Daun Pohon Waru dan Fungsinya

4. Hasil Stek Bisa Cepat Mengakar

Hasil stek yang Anda lakukan nanti sifatnya akan cepat mengakar. Anda tak perlu lama-lama menunggunya, tidak seperti saat Anda melakukan stek pada tanaman lain. Berapa lama waktu yang dibutuhkan hasil stek untuk mengakar segera Anda ketahui. Namun satu hak yang sudah pasti adalah jika dibandingkan dengan stek tanaman lain, stek waru lebih cepat mengakarnya.

5. Tidak Dibutuhkan Pohon Waru Khusus

Biasanya untuk melakukan stek dibutuhkan pohon indukan atau pohon asal yang memiliki keistimewaan. Selalu dipilih pohon yang benar-benar memiliki kualitas bagus supaya bisa didapatkan hasil stek yang benar-benar bagus pula.
Ciri Ciri Pohon Waru
Sumber: google.com
Untuk waru, pohon waru apapun yang akan Anda jadikan stek tidak melulu yang spesial, khusus, atau benar-benar berkualitas bagus. Waru seperti apapun jika dipangkas rantingnya dan ditanam pada tanah pasti ada kemungkinan untuk hidup.

6. Bisa Dilakukan Banyak Stek Sekaligus

Dalam satu wadah saja, Anda bisa menanamkan beberapa batang atau ranting waru sekaligus. Karena fakta stek pohon waru ini Anda menjadi bisa hemat waktu dan hemat wadah.

7. Bisa Dilakukan Pemula

Anda tidak membutuhkan latar belakang pertanian untuk bisa melakukan stek pada pohon waru, dan ini merupakan fakta stek pohon waru selanjutnya. Anda bisa melakukan stek pohon waru dengan berbekal informasi bagaimana cara melakukannya.

Cara Stek Pohon Waru

Selain mengetahui apa saja fakta stek pohon waru, sebaiknya ketahui juga bagaimana cara melakukannya. Sebab setelah menyimak apa saja faktanya, mungkin saja Anda langsung tertarik untuk mencobanya.

Untuk melakukan stek pohon waru Anda harus bisa menemukan pohon waru terlebih dahulu. Temukan batang atau ranting dari pohon waru yang diameternya 1 sampai 1,5 sentimeter. Jika sudah ketemu, maka pangkas sepanjang kira-kira 30 sentimeter. Sebelum memulai stek, bersihkan daunnya hingga tersisa dua sampai tiga daun saja.




Jika sudah, maka tanam ranting ini ke tanah yang telah dimasukkan ke dalam baki stek atau pot seadanya. Lebih bagus lagi jika tanah tersebut dikombinasikan dengan pupuk. Tunggu selama kurang lebih satu sampai dua bulan untuk mengakar dan hidup, baru kemudian bisa dipindahkan ke lahan yang lain.

Itulah langkah demi langkah cara melakukan stek pohon waru, apakah fakta stek pohon waru berhasil membuat Anda tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga :














Belum ada Komentar untuk "Penting Diketahui! Ini 7 Fakta Stek Pohon Waru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel