Artikel Pilihan

Punya Bentuk Unik, Inilah Buah Pohon Waru yang Menarik

Memang benar adanya buah pohon waru memiliki bentuk yang unik. Tidak hanya bentuknya saja, melainkan seluruh karakteristiknya bisa dikatakan unik. Jangan sangka buah pohon waru sama halnya dengan buah pada umumnya, di dikonsumsi atau di berbagai masakan.

Buah dari pohon waru tidak untuk dikonsumsi, apalagi menjadi bahan pangan untuk diolah menjadi masakan. Dalam artikel ini anda akan mengenal lebih jauh tentang buah pohon waru. Apa fungsinya, karakteristiknya, dan apa yang membuatnya unik segera Anda ketahui.

Tentang Buah Pohon Waru

Buah pohon waru adalah bagian terunik nomor dua dari pohon waru setelah bunga. Bicara soal bunganya, memang bunga dari pohon waru sangatlah unik dan khas lain dari bunga yang lain. Warna dari bunganya sangatlah indah dan memiliki warna yang mencolok, apalagi bunganya ini tak sembarang bunga sebab bisa memberikan manfaat.




Buah dari pohon waru terletak tidak jauh dari bunganya. Dua bagian dari pohon Waru ini biasanya terletak berdekatan. Karena memang kelopak yang dimunculkan oleh tumbuhan ini pada akhirnya bisa menjadi bunga, namun juga bisa menjadi buah.

Ciri Ciri Pohon Waru

Baca juga : Ketahui Persebaran Pohon Waru di Seluruh Dunia

Maksudnya adalah jika anda menemui beberapa kelopak sekaligus di pohon waru, maka kelopak-kelopak tersebut pasti ada yang berubah menjadi bunga dan ada yang berubah menjadi buah. Karena hal ini, wajar jika buah dan bunga dari pohon waru selalu terletak berdekatan.

Tidak banyak orang yang mengetahui fungsi atau manfaat buah pohon waru. Sebab memang bisa dikatakan buah dari pohon yang bisa melindungi ini tidak memiliki manfaat. Namun sebagai bagian dari sebuah pohon tentu saja ada manfaatnya, meskipun tidak terlalu dirasa oleh manusia.

Manfaat dari buah pohon waru adalah untuk memberikan biji dari pohon waru itu sendiri. Tidak perlu lagi ditanya Apa manfaat dari biji sebuah tumbuhan. Biji tumbuhan memiliki kontribusi yang besar terhadap pembudidayaan tumbuhan itu sendiri. Tanpa biji, tumbuhan tersebut bisa cepat punah karena tidak bisa diperbanyak jumlahnya.

Baca juga : Siapa Sangka, Fungsi Daun Pohon Waru Untuk Kecantikan Ini Bisa Diandalkan

Mereka yang ingin menanam pohon Waru dari biji, akan mencari biji dari pohon waru yang terletak di dalam buahnya. Lain cerita Jika Anda ingin menanam pohon waru mulai dari bibit. Sebab Anda hanya perlu datang ke pasar atau toko tanaman untuk membeli bibit pohon waru. Namun untuk Anda yang ingin membudidayakan pohon waru, pastilah suatu saat nanti Anda akan mencari biji pohon waru.

Keunikan Buah Pohon Waru

Keunikan buah dari pohon Waru yang paling utama terletak pada bentuknya. Bentuknya akan berbeda-beda Seiring berjalannya waktu. Diawali dengan buah yang yang tertutup penuh oleh kelopak, lama-kelamaan kelopak tersebut akan membuka dan muncullah buah yang berbentuk seperti bola.
Ciri Ciri Pohon Waru
Sumber: sawonbudidaya.com
Bulat nya buah dari pohon waru tidak sempurna atau simetris. Di beberapa sisinya ada yang menajam bahkan ada pula yang meruncing. Namun jika dilihat sekilas bentuknya adalah bulat. Warna dari buah ini mulanya berwarna hijau seperti daunnya, namun seiring berkembangnya waktu warnanya berubah menjadi orangnya makan coklat.

Buah Pohon Waru yang Berwarna Cokelat

Saat buah pohon waru mulai berwarna coklat, maka artinya buah ini sudah mengering dan siap diambil bijinya. Anda tidak akan kesulitan ketika mengambil bijinya, sebab saat warnanya berubah menjadi coklat bentuknya juga akan pecah. Buah yang tadinya berbentuk seperti bola akan membuka seperti makanan bolu kukus. Apakah Anda bisa membayangkannya?
Ciri Ciri Pohon Waru
Sumber: ramanarunachalam.github.io





Saat buah dari pohon waru ini membuka dan seperti bolu kukus, buah ini sering dimanfaatkan untuk berbagai hal. Ada yang mengambil biji yang ada di dalamnya untuk dijadikan tanaman baru. Ada juga yang memilih untuk berkreasi dengan buah dari pohon waru yang telah kering ini untuk menjadi benda-benda kesenian. Mereka biasanya mewarnainya dan menempelkannya ke berbagai benda lain untuk meningkatkan estetika.

Setelah mengerti keunikannya, Anda bisa menjadikannya sebagai tambahan wawasan namun juga bisa mendapatkan manfaat yang telah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga :









Belum ada Komentar untuk "Punya Bentuk Unik, Inilah Buah Pohon Waru yang Menarik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel