Artikel Pilihan

Meneliti Khasiat Pohon Tabebuya Bagi Kesehatan Tubuh

Ciri Ciri Pohon Tabebuya

Pohon tabebuya ternyata bukan hanya berbunga dengan indah dan menghias sepanjang jalanan beberapa kota di Indonesia. Pohon berbunga mirip sakura ini pun memiliki warna-warni menawan, seperti kuning, putih, magenta, dan juga merah. Namun, di balik warna indah tersebut, siapa sangka kalau ternyata bunga tabebuya menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Pohon yang memiliki banyak cabang dan juga bunga lebat ini memang sudah digunakan sebagai obat dari berbagai penyakit sejak zaman dulu. Melansir dari laman Science Direct, pohon tabebuya dianggap ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit kronis, seperti sifilis, infeksi menular, hingga masalah pencernaan.

Baca juga : Selain Cantik, Pohon Tabebuya Memiliki Beragam Manfaat

Bukan hanya itu saja, suku pedalaman Amazon, tempat di mana tabebuya ini tumbuh dengan liar banyak meyakini ada lebih banyak penyakit yang bisa disembuhkan oleh tanaman satu ini. Webmd pun mencatat, penyakit-penyakit tersebut termasuk asma, anemia, bronkitis, diabetes, psoriasis, hingga arthritis.




Mengutip dari laman Research Gate, pohon tabebuya dengan bunga berwarna pink atau yang dikenal dengan nama latin Tabebuia Rosea ini memang memiliki khasiat yang tak boleh diragukan. Untuk meredakan gejala penyakit ringan, seperti demam, tanaman yang dikenal dengan taheebo, pau d’arco, ipe roxo, dan lapacho ini harus dijadikan semacam teh terlebih dulu. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyeduh kulit kayu dan daun tabebuya secara bersamaan.

Hal ini pun turut dibuktikan melalui penelitian Gentry yang berjudul A Synopsis of Bignoniaceae Ethnobotany and Economic Botany. Penelitian tersebut membuktikan bahwa teh yang terbuat dari tabebuya ampuh menurunkan demam. Sayangnya, hingga saat ini belum ada banyak bukti yang bisa menguatkan manfaat-manfaat tersebut beserta efektivitasnya.

Khasiat Pohon Tabebuya untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: farm4.staticflickr.com

Meringankan gejala flu

Bukan hanya baik untuk menyegarkan udara, pohon tabebuya ternyata juga bermanfaat untuk meringankan gejala flu. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dari akar pohon tabebuya yang telah dikeringkan, lalu dijadikan salah satu bahan pembuatan teh herbal. Teh ini juga dikenal dengan sebutan taheebo. Dari segi rasa, taheebo memang tak bisa dinikmati layaknya teh pada umumnya karena memiliki rasa pahit.

Menyembuhkan luka dan anemia

Selain akarnya yang bisa digunakan sebagai bahan pembuatan teh, daun dari pohon tabebuya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan luka. Mulai dari luka sayat hingga luka gores. Selain itu, daun tabebuya ternyata juga termasuk sumber tanaman herbal yang berkhasiat untuk menambah sel darah merah bagi para pengidap anemia.

Menangkal penyakit malaria

Sama seperti cinchona atau kina, bunga tabebuya yang cantik rupawan ini ternyata juga berkhasiat melawan penyakit malaria. Bunga segar dari pohon tabebuya yang telah diproses menjadi obat herbal mampu membantu pengidap malaria memperkuat sistem imunnya.

Baca juga :  Ciri Ciri Pohon Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus)

Mengatasi kanker

Sumber: wikimedia.org
Institut Kanker Nasional Amerika atau NCI pernah melakukan suatu penelitian di tahun 1960. Saat itu, para ahli sedang meneliti ekstrak pohon tabebuya. Mereka mencari senyawa aktif untuk melawan kanker dan menelaah satu persatu setiap bagian tabebuya dengan sangat rinci.

Dari penelitian tersebut akhirnya ditemukan fakta, bahwa tabebuya mengandung lapachol dan beta-lapachone. Perlu Anda ketahui, beta-lapachone ini dianggap sebagai senyawa anti-tumor utama dan efex pro-apoptosis jika diamati secara in vitro.

Hal inilah yang akhirnya menyebabkan banyak orang mulai melirik tabebuya untuk dikomersilkan lebih jauh. Berbagai ekstrak dari kulit kayu dan batang Tabebuia Impetiginosa, Tabebuia Serratifolia, dan Tabebuia Rosea pun diolah menjadi berbagai produk, termasuk produk suplemen makanan.

Beberapa studi mekanistik pada efek molekul senyawa ini pun turut dilakukan. Dari sanalah akhirnya muncul pernyataan, bahwa kandungan dan manfaat kesehatan ini mampu mengobati serta meningkatkan kualitas hidup para penderita kanker hingga AIDS.




Namun sayangnya, komponen aktif utama lapachol ditolak. Salah satu penyebabnya adalah tingkat toksisitas yang dipercaya dapat menyebabkan kematian pada manusia karena jumlah yang dibutuhkan mencapai efek terapeutik. Meski demikian, sifat antibiotik dan disinfektan yang luar biasa kuat dari lapacho memungkinkan penggunaannya justru berhasil dalam beberapa kasus khusus.

Ternyata, selain berfungsi untuk memperindah pemandangan, pohon tabebuya juga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Meneliti Khasiat Pohon Tabebuya Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel