Artikel Pilihan

Menanam Pohon Tabebuya untuk Mencegah Pemanasan Global

Ciri Ciri Pohon Tabebuya

Sebuah studi mencatat, cara paling efektif untuk mencegah sekaligus memerangi pemanasan global adalah dengan menanam banyak jenis pohon, seperti pohon tabebuya. Mungkin jika dihitung, kita harus menanam hingga tiga triliun pohon. Banyak? Tentu saja.

Tapi, Anda tak perlu khawatir jumlah tersebut bakal membuat seluruh lapisan bumi tertutup oleh pepohonan atau berubah jadi hutan belantara. Menurut para peneliti, bumi masih memiliki cukup banyak ruang untuk menanam pohon sebanyak itu sembari manusia tetap tinggal di antaranya.Bahkan dengan berkembangnya kota dan lahan pertanian, masih ada cukup tempat yang mencakup 3,5 juta mil persegi. Area ini kira-kira sama besarnya dengan luas daratan Amerika Serikat.

Baca juga : Tak Hanya Indah, Pohon Tabebuya Menyimpan 9 Fakta Menarik

Studi pada laman jurnal Science ini mengungkap, dalam beberapa dekade, pohon-pohon yang baru ditanam tersebut mampu menyedot 830 miliar ton karbondioksida yang memerangkap panas atmosfer. Jumlah ini hampir sama dengan banyaknya polusi karbon yang telah diciptakan oleh manusia dalam kurun waktu 25 tahun terakhir.




Namun, bisa juga manfaat tersebut mungkin akan datang lebih cepat jika mengingat pohon mampu menghilangkan lebih banyak karbon ketika usianya masih muda. Para ahli pun mengatakan, sejauh ini menanam pohon jadi solusi termurah dan paling efektif dalam mengatasi perubahan iklim.
Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: azocleantech.com
Sebelum diadakannya penelitian ini, banyak orang berpendapat bahwa tak ada cara lain untuk mengatasi perubahan iklim selain mengurangi emisi. Faktanya, menanam pohon besar layaknya tabebuya bisa sangat efektif karena memang tanaman ini mengonsumsi lebih banyak karbondioksida di udara.

Meski demikian, menanam pohon bukanlah pengganti dari pembakaran batu bara, minyak, dan gas yang jadi penyebab utama pemanasan global. Artinya, menanam pohon sebanyak apapun tak akan pernah berhasil jika emisi tetap tidak dikurangi.

Selain itu, menggerakkan hati semua orang untuk menanam banyak pohon juga bukan perkara mudah, kecuali, pohon tersebut memiliki daya tarik tersendiri. Seperti misalnya pohon tabebuya yang memesona ketika bunganya bermekaran.

Pohon Tabebuya Sangat Efektif Dalam Menyerap Karbondioksida dan Polutan di Udara

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: 4.bp.blogspot.com
Menurut New Mexico Solar Energy Association, pemanasan global merupakan peningkatan suhu permukaan rata-rata bumi karena efek gas rumah kaca. Salah satunya adalah emisi C02 yang sumbernya berasal dari kegiatan atau aktivitas penggunaan bahan bakar fosil atau dari deforestasi yang menangkap panas. Padahal, seharusnya panas ini lepas dari bumi.

Kondisi ini diperparah dengan menipisnya lapisan ozon di atmosfer yang selama ini jadi pelindung bumi terhadap radiasi negatif sinar matahari. Semakin tipis lapisan ozon, maka semakin leluasa radiasi gelombang pendek matahari memasuki bumi.

Baca juga : Mengulik Potensi Bisnis Di Balik Budidaya Pohon Tabebuya

Akibatnya terjadi kondisi seperti di rumah kaca, yaitu suhu permukaan bumi semakin tinggi, mencairnya gunung es di kedua kutub bumi sehingga menaikkan permukaan laut dan mengubah pola iklim dunia.

Salah satu cara mengatasi pemanasan global adalah melakukan penanaman tanaman hias, antara lain pohon tabebuya dan juga pohon ketapang. Kedua jenis tanaman ini dianggap paling efektif sebagai tanaman pinggir jalan untuk meneduhkan jalan yang panas serta menyerap karbondioksida dan polutan lain di udara. Selain itu juga bisa menambah pesona di sepanjang jalan.

Ketapang merupakan tanaman asli Asia Tenggara yang umum ditemukan di Indonesia, kecuali di Sumatera dan Kalimantan. Pohon ini juga biasa ditanam di bagian utara Australia dan Polinesia. Penyebarannya meliputi Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika Timur, Afrika Barat, Madagaskar, India, dan Pakistan.

Sementara pohon tabebuya adalah jenis tanaman hias dengan ukuran besar yang berasal dari Brazil. Seringkali tanaman ini dikira sebagai sakura oleh banyak orang. Pasalnya, tabebuya memiliki bentuk bunga yang mirip dengan bunga sakura.

Padahal, sebenarnya kedua tanaman ini sebenarnya tidak berkerabat. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh pohon tabebuya di antaranya, daun yang tak mudah rontok, ketika musim berbunga mampu menghasilkan bunga berlimpah yang indah, dan akarnya tidak merusak rumah ataupun aspal meski berbatang keras.




Saat ini, tabebuya banyak dijumpai di beberapa ruas jalanan kota. Selain dijadikan tempat peneduh bagi para pengguna jalan, tanaman tersebut juga berfungsi sebagai penambah keindahan di sepanjang jalan. Bahkan, tabebuya juga dikenal memiliki banyak manfaat lain, salah satunya manfaat bagi kesehatan dengan cara diolah menjadi teh herbal.

Demikian informasi singkat mengenai pohon tabebuya yang ternyata bisa dijadikan salah satu solusi mengatasi pemanasan global. Yuk, mulai sekarang kita kurangi penggunaan emisi dan perbanyak penanaman pohon untuk menjaga kelestarian bumi tempat kita berpijak.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Menanam Pohon Tabebuya untuk Mencegah Pemanasan Global"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel