Artikel Pilihan

Taheebo, Teh Herbal Pohon Tabebuya yang Kaya Manfaat

Ciri Ciri Pohon Tabebuya

Taheebo merupakan minuman tradisional yang terbuat dari tanaman Tabebuia Avellanedae asal Amazon dan Amerika Selatan. Taheebo juga dikenal dengan sebutan Pau d’Arco dan Lapacho. Tanaman yang dapat tumbuh sampai 30 meter ini memiliki bunga cantik berbentuk terompet berwarna ungu.

Umumnya, taheebo digunakan dalam olahan berbentuk teh karena dipercaya memiliki banyak khasiat di dalamnya. Namun, tak seperti teh pada umumnya yang berasal dari daun, teh taheebo justru berasal dari kulit bagian dalam batangnya.

Baca juga : Sempat Dianggap Gulma, Ini Kelebihan Pohon Tabebuya yang Mendunia

Menurut sejarah, teh herbal ini telah digunakan sejak zaman dahulu oleh Suku Inca. Pasalnya, kulit batang dan daun tabebuya dipercaya memiliki khasiat yang ampuh untuk meringankan gejala maupun menyembuhkan berbagai penyakit.




Secara tradisional, taheebo memang telah digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan selama berabad-abad lalu. Mulai dari infeksi bakteri, kanker, radang, hingga pembekuan darah. Penggunaannya cukup sederhana karena hanya dilakukan secara oral dalam bentuk suplemen dan juga penggunaan eksternal.

Kandungan Taheebo


Diketahui, taheebo memiliki banyak kandungan senyawa aktif dalam ekstraknya. Berikut diantaranya:

  • Anthraquinones
  • Coumarine
  • Furano Naphthoquinones
  • Flavonoid
  • Iridoi
  • Turunan asam benzoat
  • Turunan benzaldehyde

Sementara kandungan atau komponen bioaktif utama pada kulit taheebo yang bertanggung jawab untuk aktivitas farmakologinya, yakni beta-lapachone dan lapachol.

Cara Membuat Teh Taheebo dari Pohon Tabebuya

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: revivapets.com
Selain menggunakan kulit pohon tabebuya jenis T. Avellanedae, taheebo juga bisa menggunakan kulit pohon T. Impetiginosa. Untuk mengekstrak bahan kimia aktif di dalam taheebo, Anda perlu merebus kulit pohon tabebuya tersebut selama kurang lebih 15 menit.

Langkah pertama adalah mengambil kulit bagian dalam pada batang pohon tabebuya. Kemudian, jemur hingga benar-benar kering di bawah sinar matahari langsung. Setelah kering, Anda bisa segera menggunakannya atau membubuknya hingga halus sebelum diseduh.

Berikutnya, siapkan air dalam sebuah panci, tambahkan 3 sendok taheebo bubuk. Rebus air dan taheebo hingga mendidih menggunakan api kecil selama 25 menit. Setelah mendidih, segera matikan api dan biarkan dingin hingga suhunya sesuai dengan suhu ruangan.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus)

Selanjutnya, saring taheebo ke dalam botol. Tutup rapat dan dinginkan di dalam lemari es. Taheebo akan tetap segar meski Anda telah menyimpannya selama 3 – 8 hari.

Manfaat Taheebo Bagi Kesehatan

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: google.com
Taheebo memiliki sifat anti-inflamasi, astringent, antibakteri, antijamur, antikoagulan, diuretik, dan antikanker. Oleh karena itu, taheebo sangat bermanfaat bagi kesehatan, seperti berikut ini:

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Bagian daun dan kulit pohon tabebuya memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem imun tubuh serta mencegah serangan berbagai macam penyakit. Kandungan antioksidannya mampu melawan radikal bebas. Jadi jangan heran, jika taheebo pada akhirnya digunakan sebagai alternatif antibiotik alami yang bisa meningkatkan vitalitas tubuh.

2. Mengatasi masalah pernapasan

Taheebo juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah pernapasan, seperti batuk dan sakit tenggorokan yang mengarah pada timbulnya gejala lain. Selain itu, taheebo juga sangat berkhasiat untuk meredakan gejala flu secara cepat.

3. Sebagai antiseptik luka

Taheebo juga bisa digunakan sebagai antiseptik untuk meredakan nyeri karena luka dan meningkatkan proses penyembuhan kulit. Beberapa penyakit kulit pun bisa ditangani dengan baik, seperti misalnya eksim dan juga psoriasis.

4. Detoksifikasi tubuh

Apabila Anda mengonsumsi teh taheebo secara teratur, maka tubuh Anda akan mengalami detoksifikasi dengan baik. Tubuh yang terdetoksifikasi bisa terhindari dari berbagai macam penyakit kronis, seperti misalnya stroke dan serangan jantung.

5. Mengatasi masalah pencernaan

Taheebo juga dikatakan mampu mengatasi masalah pencernaan karena memang daun tabebuya sendiri berkhasiat menjaga pergerakan usus pada sistem pencernaan. Oleh sebab itu, mengonsumsi teh taheebo secara teratur bisa membantu Anda terhindar dari kembung dan juga sembelit.
Efek samping penggunaan teh taheebo bagi tubuh




Meskipun alami, taheebo tetap beresiko menimbulkan efek samping ringan yang bervariasi, seperti misalnya sakit perut, mual, muntah, dan pusing. Tak hanya itu saja, taheebo juga bisa memicu reaksi alergi untuk beberapa orang. Reaksi alergi yang timbul biasanya berupa masalah pernapasan, gatal, kulit bengkak, ruam, dan nyeri dada. Sebaiknya, hindari penggunaan untuk ibu hamil dan menyusui karena dikhawatirkan memicu terjadinya komplikasi.

Demikian informasi seputar taheebo, teh herbal pohon tabebuya yang kaya manfaat. Apakah Anda tertarik untuk mengkonsumsinya?

Baca juga :


Belum ada Komentar untuk "Taheebo, Teh Herbal Pohon Tabebuya yang Kaya Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel