Artikel Pilihan

Bukan Hanya Surabaya, 3 Kota Ini Juga Tanam Pohon Tabebuya

Ciri Ciri Pohon Tabebuya

Terpikat dengan pohon tabebuya yang sempat viral di Kota Surabaya, membuat tiga kota berikut ini turut menanam tabebuya sebagai tanaman peneduh pusat kota. Kira-kira, kota mana saja ya? Berikut ulasannya.

Bekasi, Jawa Barat

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: mediaindonesia.com
Saat ini, Pemkot Bekasi telah menanam kurang lebih 1000 pohon tabebuya dengan jenis Handroanthus Chrysotrichus dan Tabebuia Rosea. Proyek yang pada akhirnya rampung pada akhir 2019 lalu ini membuat jalur pedestrian hingga median jalan arteri Kota Bekasi tampak memesona.

Pohon tabebuya berwarna kuning atau Handroanthus Chrysotrichus ditanam di sepanjang Jalan Cut Mutia, Jalan Hasibuan, Jalan Cipendawa, Stadion Mini Mustika Jaya, TPU Perwira, Stadion Mini Jatisampurna, Rumah Pintar Pondok Gede dan Taman Harapan Baru.




Sementara pohon tabebuya berwarna merah muda atau Tabebuia Rosea ditanam di Stadion Mini Mustika Jaya, TPU Perwira, Polder Areb jaya, Stadion Mini Jatisampurna, Jalan Kalimalang, Rumah Pintar Pondok Gede, Kantor Pengairan Bekasi Timur, Taman Harapan Baru dan Jalan Ahmad Yani.

Pemkot Bekasi berpendapat, pohon tabebuya ini sengaja ditanam untuk dijadikan tempat berteduh bagi warga. Apalagi bunganya yang cantik, menjadikan tanaman ini bisa dijadikan spot berswafoto.

Baca juga : Mengulik Potensi Bisnis Di Balik Budidaya Pohon Tabebuya

Mereka pun mengaku terinspirasi dari Pemkot Surabaya yang lebih dulu menanam tabebuya. Bahkan mereka tak menampik, saking miripnya tabebuya dengan sakura, banyak masyarakat yang keliru mendeskripsikan pohon satu ini.

Sama seperti Surabaya, sempat beredar video di media sosial yang memperlihatkan tanaman mirip bunga sakura tumbuh di jalanan Kota Bekasi. Di dalam video tersebut dinarasikan, bahwa pohon sakura sedang tumbuh di Bekasi. Padahal, fakta yang sebenarnya adalah pohon tabebuya yang berwarna putih dan merah muda.

DKI Jakarta

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: 1.bp.blogspot.com
Dinas Kehutanan DKI Jakarta telah menanam pohon tabebuya di tiga wilayah kota dengan tiga warna berbeda. Tabebuya berwarna merah muda ditanam di Jakarta Pusat, tabebuya ungu ditanam di Jakarta Selatan, dan tabebuya kuning ditanam di Jakarta Utara. Hal ini bertujuan untuk memberikan ciri khas masing-masing pada tiap kota.

Pohon-pohon tabebuya ini ditanam di sepanjang jalan protokol dan juga taman-taman kota sehingga semakin mempercantik tampilan ibu kota secara keseluruhan. Jenis pohon tabebuya yang pertama ditanam adalah tabebuya kuning atau Handroanthus Crysotrichus. Saat itu, Dinas Kehutanan menanamnya tepat di bawah Simpang Susun Semanggi dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-74.

Mereka berpendapat, penanaman tabebuya di Jakarta tak akan kalah dengan Kota Surabaya yang lebih dulu menanam pohon serupa. Selain tabebuya, Dinas Kehutanan DKI Jakarta juga akan menanam pohon penyerap polutan lain. Salah satunya adalah bougenville.

Pohon bougenville termasuk semak perdu yang masuk dalam kategori tertinggi penyerap polutan. Jadi, mereka pun turut menanamnya secara masal. Selain menyerap polutan, bougenville juga berbunga sepanjang tahun, tahan terhadap semua kondisi cuaca, dan tidak terlalu memerlukan banyak perawatan seperti halnya tabebuya.

Rencananya, tanaman ini akan ditanam di sekitar trotoar yang dilebarkan, seperti di Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Professor Doktor Satrio, Kemang, Cikini, hingga Kasablanka.

Baca juga : Tips Agar Pohon Tabebuya Berbunga Lebat dan Memesona

Pihak Dinas Kehutanan DKI memang sengaja mengangkat tentang tropical plant di kotanya. Jadi, selain tabebuya dan bougenville akan ada banyak tanaman lain yang masuk ke dalam agenda kerja mereka. Di antaranya adalah oleander yang direncanakan akan ditanam di kawasan Jakarta Utara. Tak tanggung-tanggung, Dinas Kehutanan DKI Jakarta pun telah mengalokasikan anggaran hingga Rp 9,9 miliar untuk pengadaan berbagai jenis tanaman ini dan berencana akan menambahnya.

Madiun, Jawa Timur

Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur saat ini pun tengah meniru Kota Surabaya untuk mempercantik kotanya dengan menanam pohon tabebuya di sejumlah lokasi. Tak tanggung-tanggung, Pemkot Madiun menanam ratusan tabebuya yang berjajar hampir di semua jalan protokol, termasuk Jalan Pahlawan.

Pihak Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun mengatakan, ratusan pohon tabebuya ini ditanam di bahu jalan. Meski demikian, mereka tak khawatir akar pohon tersebut akan merusak aspal jalan.

Ada sekitar 50 pohon yang ditebang kemudian diganti dengan tabebuya. Salah satunya adalah pohon sono yang batang utamanya telah keropos sehingga langsung diganti dengan pohon berbunga.

Meski tertarik akan pesona tabebuya, ternyata Pemkot Madiun juga menanam ribuan tanaman berbunga lainnya di hampir seluruh kawasan kota. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan Madiun sebagai Kota Sejuta Bunga yang sedang digalakan.




Bahkan, Pemkot Madiun menaikkan anggaran untuk penanaman pohon dan taman bunga di tahun 2020 ini menjadi tiga kali lipat, yaitu sekitar 600 juta. Anggaran tersebut terbagi di tiga kecamatan yang masing-masing menerima Rp 200 juta untuk penanaman pohon dan bunga.

Demikian ulasan singkat mengenai tiga kota di Indonesia yang seolah tak ingin kalah dengan kecantikan Surabaya karena memilih tabebuya sebagai salah satu ikon di kotanya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Bukan Hanya Surabaya, 3 Kota Ini Juga Tanam Pohon Tabebuya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel