Artikel Pilihan

Memperbanyak Pohon Tabebuya Melalui Metode Stek Batang

Ciri Ciri Pohon Tabebuya

Anda bisa membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk, asri, dan alami dengan menanam tumbuh-tumbuhan. Perlu Anda ketahui, ada beberapa jenis pepohonan yang bisa difungsikan sebagai peneduh sehingga Anda bisa memperoleh manfaat lain dari pohon tersebut.

Nah, apabila Anda juga menginginkan tumbuhan yang teduh sekaligus indah, maka cobalah untuk menanam pohon tabebuya. Apalagi, akhir-akhir ini popularitas tabebuya meningkat cukup pesat. Pasalnya, pohon ini disebut-sebut memiliki bunga yang cantik mirip sakura.

Jadi jangan heran, jika pada akhirnya pohon tabebuya dianggap sebagai pohon sakura tropis. Uniknya, sebelum bunganya bermekaran, tabebuya akan menggugurkan hampir sebagian besar daunnya. Daun ini akan mengering secara perlahan, sebelum kemudian gugur. Tak lama kemudian, bunga-bunga tabebuya pun akan tumbuh dan bermekaran.




Baca juga : Selain Cantik, Pohon Tabebuya Memiliki Beragam Manfaat

Nah, jika Anda tergiur untuk memiliki pohon yang sama di pekarangan rumah Anda, sebaiknya ambil batang pohon tabebuya untuk ditanam kembali. Metode ini dinamakan metode stek batang yang kerap dijadikan alternatif perkembangbiakan tabebuya.

Stek Batang Pohon Tabebuya

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: 1.bp.blogspot.com
Meski terdengar mudah, stek batang juga memerlukan beberapa peralatan dan bahan yang mendukung setiap prosesnya agar hasilnya sesuai dengan keinginan. Adapun beberapa peralatan tersebut, antara lain:

Batang pohon tabebuya tua
Fungisida
Cocopeat
Zat perangsang tumbuh
Kantong plastik
Gelas plastik bening

Langkah Perkembangbiakan Pohon Tabebuya Melalui Metode Stek Batang

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: google.com
Setelah semua peralatan dan bahan tersedia, maka selanjutnya adalah memulai proses penyetekan batang pohon tabebuya tersebut. Lakukan langkah-langkah berikut ini dengan cermat agar Anda berhasil mendapatkan bibit tabebuya sesuai yang diinginkan :

Pilih batang pohon tabebuya dengan tepat

Bahan utama untuk melakukan stek pohon tabebuya ini tentu saja adalah batang atau cabang pohonnya. Oleh sebab itu, Anda memerlukan batang tanaman yang tepat. Batang ini harus sudah cukup tua dengan kondisi sehat dan memiliki diameter minimal 1 sentimeter.

Potong batang pohon tabebuya

Setelah menemukan batang yang sesuai, potonglah bagian tersebut menggunakan gunting taman, sabit, atau cutter yang cukup tajam. Usahakan agar hasil potongan tersebut rapi dan tidak berserabut.

Bersihkan batang pohon tabebuya yang akan digunakan

Langkah berikutnya adalah membersihkan potongan batang tabebuya dari daun-daun yang tumbuh di sepanjang batang tersebut. Anda hanya perlu menyisakan kurang lebih 3 helai daun saja, termasuk bagian pucuknya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tingkat penguapan. Apabila penguapannya terlalu tinggi, maka batang yang telah dipotong tersebut justru akan mengering.

Siapkan fungisida

Selanjutnya adalah menyiapkan fungisida yang merupakan bahan kimia khusus untuk mengusir jamur dan cendawan. Biasanya, batang pohon yang baru dipotong sangat rentan diserang oleh jamur dan cendawan seperti ini. Jadi, Anda harus mengoleskan fungisida tepat di bekas potongannya.

Tambahkan zat perangsang tumbuh

Setelah mengoleskan fungisida, berikutnya Anda harus menuangkan zat perangsang tumbuh secukupnya ke dalam mangkuk kecil. Kemudian, masukkan potongan batang tabebuya ke dalam mangkuk tersebut. Biarkan beberapa saat hingga batang ini menghisap zat perangsang tumbuh selama 15-30 menit.

Meletakkan batang stek ke dalam media tanam

Media tanam terbaik untuk menanam batang stek tabebuya adalah cocopeat. Sebab, batang tanaman yang ditanam di cocopeat dinilai lebih cepat tumbuh dan mampu terhindar dari serangan hama. Apalagi, jika Anda menggunakan cocopeat yang steril. Caranya cukup mudah kok, masukkan saja cocopeat ini ke dalam gelas plastik bening hingga benar-benar terisi penuh.

Baca juga : Ingin Menanam Pohon Tabebuya? Kenali Dulu Jenis-jenisnya

Menancapkan batang stek pada cocopeat

Langkah berikutnya adalah menanamkan batang pohon tabebuya ke dalam media tanam cocopeat dengan cara menancapkannya sedalam 2-3 sentimeter. Pastikan batang tersebut mampu berdiri sendiri dengan tegak. Setelah itu, Anda bisa memasang kantong plastik bening yang menutupi batang tersebut untuk mengurangi tingkat penguapannya.

Perhatikan asupan air dan sinar matahari

Setelah semua langkah tersebut selesai Anda lakukan, maka selanjutnya adalah meletakkan tanaman di tempat yang teduh. Usahakan agar stek tabebuya tersebut tidak terkena sinar matahari secara langsung. Untuk menjaga kelembabannya, Anda harus menyirami tanaman tersebut setiap 2-3 hari secara rutin.

Perhatikan pertumbuhan daun dan akar

Rawat batang pohon tabebuya yang sedang ditanam dengan sebaik mungkin. Apabila bagian tunas pucuk daunnya tetap segar dan tumbuh, artinya proses penyetekan yang Anda lakukan mungkin akan berhasil. Jangan lupa juga untuk tetap memantau pertumbuhan akarnya.

Memantau Pertumbuhan Tabebuya Melalui Akar dan Jumlah Cabang





Sebaiknya, Anda terus memantau pertumbuhan akar dari batang tabebuya yang telah ditanam tadi. Semakin lama, jumlah cabang yang tumbuh pun akan semakin banyak dan panjang hingga memenuhi wadah penanamannya. Batang utama yang digunakan juga akan bertambah tinggi karena mengalami pertumbuhan. Anda boleh memindahkannya ke media tanam yang lebih luas jika tanaman sudah cukup besar dan kuat.

Itu tadi beberapa langkah memperbanyak pohon tabebuya melalui metode stek batang yang bisa Anda jadikan alternatif pilihan. Lakukan cara-cara tersebut dengan seksama agar hasilnya optimal. Selamat mencoba.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Memperbanyak Pohon Tabebuya Melalui Metode Stek Batang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel