Artikel Pilihan

Cara Agar Pohon Bidara tetap Tumbuh Subur

ciri ciri pohon bidara

Pohon bidara diketahui banyak memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan maupun kecantikan kulit. Daunnya juga bisa diolah menjadi minuman teh dan bisa digunakan sebagai bahan pembersih. Tanaman atau pohon bidara ini memiliki daya tahan adaptasi yang baik.

Pohon ini mampu hidup di daerah yang kering maupun basah tetapi akan lebih baik jika diletakkan ke tempat yang terbuka dimana bisa menerima cahaya matahari secara langsung. Habitat alami berada di lingkungan kering atau gurun. Sehingga tidak ada syarat khusus mengenai tanah yang digunakan.

Asalkan tanah tersebut tidak digenangi oleh air terlalu serta mengandung unsur hara yang cukup, maka pohon ini bisa tumbuh subur. Dalam merawat pohon bidara aslinya tidak sulit. Tergantung yang merawatnya dan tahu juga akan kiat-kiat yang dilakukan dalam menumbuhkan pohon ini.

Berikut ini akan diulas tentang cara agar pohon bidara bisa tetap tumbuh sumbur, antara lain:

1. Melakukan Penyiraman

ciri ciri pohon penyiraman
Sumber: 1.bp.blogspot.com

Pohon bidara bukanlah tanaman yang membutuhkan air banyak, sehingga cukup disirami secara rutin dan teratur, yaitu setiap satu atau dua hari sekali. Hal tersebut didasarkan pada tempat asal pohon ini yang berada di tanah kering atau gurun.

Saat menyiram juga cukup diberikan secukupnya tanpa berlebihan.

Baca Juga :


2. Melakukan Pengajiran

ciri ciri pohon pengajiran

Sumber: dashboard.s3.amazonaws.com

Bibit pohon bidara yang masih muda memliki batang yang belum kuat, sehingga batang tersebut perlu diberi pegangan atau yang disebut dengan ajir. Ajir bisa dibuat dari bambu yang dibelah menjadi kecil-kecil.

Tancapkan ajir ke sebelah bibit pohon bidara dan ikat keduanya dengan tali raffia. Hal tersebut agar pohon bidara yang masih kecil bisa berdiri tegak dan tumbuh dengan baik.

3. Melakukan Penyinaran

ciri ciri pohon penyinaran
Sumber: assets-a2.kompasiana.com

Agar tanaman maupun pohon bisa bertumbuh dengan baik, maka perlu mendapatkan pencahayaan atau sinar matahari secara langsung dengan tepat dan benar. Jadi letakkan pohon di tempat yang terbuka dan pastinya selalu mendapatkan cahaya yang masuk.

4. Melakukan Pemupukan

ciri ciri pohon pemupukan
Sumber: www.pertanianku.com

Berikan pupuk secara berkala pada pohon ini. Pupuk tersebut nantinya bisa menyediakan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Berikan pupuk organic setiap bulan agar hasilnya bagus. Pastinya setelah diberi pupuk harus disirami, agar tidak layu.

Selain itu juga, gunanya dikasih air agar pupuknya cepat larut dan langsung diserap oleh pohon tersebut. penggunaan pupuk NPK direkomendasikan dalam tumbuh kembangnya pohon ini.

5. Melakukan Pemangkasan

ciri ciri pohon pemangkasan
Sumber:pertanianku.com

Memangkas atau membuang cabang-cabang yang sudah tua maupun kering disarankan agar pertumbuhannya bagus. Apalagi jika cabang-cabang tersebut terkena penyakit langsung saja dipangkas. Gunanya dipanngkas untuk meremajakan kondisi pohon.

Proses pemangkasan lebih baik menggunakan pisau atau gunting yang tajam, dimana semua itu harus bersih. Tujuannya untuk menghindari pohon dari infeksi. Alat pangkas yang kurang tajam juga mempengaruhi pohon dalam pertumbuhannya. Bisa terhambat karena malah mendapatkan luka.

Berikut ini adalah tips-tips dalam merawat pohon bidara agar sukses tumbuh dan berkembang, antara lain:

1. Tahu Langkah-langkah dalam Menyiram

Tiap pot atau wadah tanaman pasti memiliki lubang untuk jalan keluarnya air saat disiram. Langkah menyiram yang tepat dan tipsnya adalah berhenti menyiram saat air sudah keluar dri lubang tersebut dan meluap. Karena jika berlebihan, tanaman akan membusuk.


2. Menambahkan Kelembapan

Tanda-tanda tanaman yang mempunyai kelembapan rendah atau kekurangan kelembapan adalah munculnya bitnik-bintik cokelat pada daun. Jadi, segera tempatkan tanaman di daerah yang lebih lembab.


3. Berikan Pencahayaan Secukupnya yang Tepat

Tanaman atau pohon pasti memerlukan cahaya, entah cahayanya dalam jumlah banyak atau sedikit yang pastinya dibutuhkan untuk proses fotosintesis maupun pertumbuhan serta perkembangan. Oleh karena itu, tingkat pencahayaan matahari sangat penting bagi tumbuhan.

4. Ubah Media Tanam

Kadang ada tanaman yang tidak bisa tumbuh maksimal walaupun air dan cahaya yang diberikan sudah tepat. Sehingga solusi yang tepat adalah dengan mengganti media tanam. Menggantinya dengan memperbarui tanah (mengganti dengan tanah baru yang banyak nutrisinya).

5. Melakukan Bersih-bersih Tanaman

Tanaman juga perlu dibersihkan dari kotoran atau parasit yang ada di sekitarnya. Sehingga bisa dimulai dengan membersihkan daun dengan menggunakan kain halus itu bisa. Lumayan menghindarkan diri dari debu atau kuman untuk sementara.

 Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Cara Agar Pohon Bidara tetap Tumbuh Subur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel