Artikel Pilihan

Cara Merawat Pohon Bidara Agar Tetap Tumbuh dan Berkembang

pohon bidara

Pohon bidara, tanaman yang masih asing didengar oleh para masyarakat Indonesia. Padahal, jika dilihat dari manfaatnya cukup banyak baik untuk kesehatan maupun kecantikan kulit. Pohon bidara merupakan tanaman yang mudah beradaptasi. Baik di tempat yang basah maupun kering.

Untuk pertumbuhan dan perkembangannya, diperlukan perawatan yang baik. Sehingga terdapat beberapa cara merawat pohon bidara agar tetap tumbuh dan berkembang, diantaranya:

1. Melakukan Penyiraman

penyiraman
Sumber: 1.bp.blogspot.com
Pohon bidara bukanlah tanaman yang membutuhkan air banyak, sehingga cukup disirami secara rutin dan teratur, yaitu setiap satu atau dua hari sekali. Hal tersebut didasarkan pada tempat asal pohon ini yang berada di tanah kering atau gurun. Saat menyiram juga cukup diberikan secukupnya tanpa berlebihan.

2. Melakukan Pengajiran

pengajiran
Sumber: 8villages.com
Bibit pohon bidara yang masih muda memliki batang yang belum kuat, sehingga batang tersebut perlu diberi pegangan atau yang disebut dengan ajir. Ajir bisa dibuat dari bambu yang dibelah menjadi kecil-kecil.

Tancapkan ajir ke sebelah bibit pohon bidara dan ikat keduanya dengan tali raffia. Hal tersebut agar pohon bidara yang masih kecil bisa berdiri tegak dan tumbuh dengan baik.

3. Melakukan Penyinaran

penyinaran
Sumber: kompasiana.com
Agar tanaman maupun pohon bisa bertumbuh dengan baik, maka perlu mendapatkan pencahayaan atau sinar matahari secara langsung dengan tepat dan benar. Jadi letakkan pohon di tempat yang terbuka dan pastinya selalu mendapatkan cahaya yang masuk.

4. Melakukan Pemupukan

pemupukan
Sumber: https://www.pertanianku.com
Berikan pupuk secara berkala pada pohon ini. Pupuk tersebut nantinya bisa menyediakan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Berikan pupuk organic setiap bulan agar hasilnya bagus. Pastinya setelah diberi pupuk harus disirami, agar tidak layu.

Baca Juga :

Selain itu juga, gunanya dikasih air agar pupuknya cepat larut dan langsung diserap oleh pohon tersebut. penggunaan pupuk NPK direkomendasikan dalam tumbuh kembangnya pohon ini.

5. Melakukan Pemangkasan

pemangkasan
Sumber: https://www.pertanianku.com
Memangkas atau membuang cabang-cabang yang sudah tua maupun kering disarankan agar pertumbuhannya bagus. Apalagi jika cabang-cabang tersebut terkena penyakit langsung saja dipangkas. Gunanya dipanngkas untuk meremajakan kondisi pohon.

Proses pemangkasan lebih baik menggunakan pisau atau gunting yang tajam, dimana semua itu harus bersih. Tujuannya untuk menghindari pohon dari infeksi. Alat pangkas yang kurang tajam juga mempengaruhi pohon dalam pertumbuhannya. Bisa terhambat karena malah mendapatkan luka.

Berikut ini adalah teknik-teknik yang tepat agar pohon bidara bisa berkembang, antara lain:

1. Teknik Penyiraman Air yang Tepat


Setiap pohon memiliki kekhasan tersendiri dalam mendapatkan kadar air. Tetapi, ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam menyiram air, antara lain siram pohon di waktu pagi atau malam hari, siram secara merata pada satu titik atau bagian tertentu.

Hindari genangan pada pohon sehingga harus disiram secukupnya saja,

2. Teknik Cahaya Matahari Secara Merata


Eksposlah pohon bidara ke cahaya matahari. Karena pastinya setiap tanaman memerlukan fotosintesis. Berikan sinar matahari secukupnya dalam waktu yang disesuaikan dengan tipe tanaman atau pohon tersebut.

3. Teknik Kontrol Suhu dan Atur Kelembapan yang Pas


Pastikan suhu dan kelembapan pada tumbuhan atau pohon sudah disesuaikan. Jadi harus rajin mencari dua hal tersebut pada tanaman atau pohon yang dimiliki atau ditanam.


4. Teknik Antisipasi Hama dan Penyakit Sejak Dini


Sebelum menanam, pastikan terlebih dahulu anda tahu info tentang pohon yang akan ditanam salah satunya tentang penyakit hamanya seperti apa. Sehingga, ada hal-hal yang perlu diperhatikan terkait dengan hal tersebut, antara lain jagalah kualitas tanah pada pohon bidara. Rutin melakukan rotasi tanaman, dimana menanam tanaman atau pohon secara bersamaan selain pohon bidara. Sehingga tidak tertinggal sarang hama dari salah satu jenis pohon.


5. Teknik Mengoptimalkan Lokasi dan Kondisi Tanaman


Mengoptimalkan wilayah dan suasana pohon bidara sangat penting dengan menambahkan pupuk, mendapatkan sinar matahari yang cukup, dan metode penyiraman yang tepat.


6. Teknik Memangkas Rumput Liar


Agar terhindar dari serangan penyakit dan hama, maka lebih baik pohon bidara secara rutin dipangkas rumput liarnya jika ada.


7. Teknik Potong Tanaman yang Kering atau Mati


Jika pohon bidara terlanjur diserang oleh hama maupun penyakit, maka anda bisa langsung melakukan pangkas atau memotong bagian tanaman pohon yang telah kering atau mati agar tidak menyebar ke bagian yang lainnya. Sehingga kata kuncinya, rutin melakukan pengecekan pada pohon bidara.

8. Teknik Hindari Pupuk Kimia


Lebih baik menggunakan pupuk organic daripada kimia, karena bebas dari bahan-bahan kimia. Dengan menggunakan sisa kotoran hewan, kompos, campuran nutrisi makro, sampai pupuk daur ulang bisa digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan pohon.

Nah, itulah penjelasan tentang cara merawat pohon bidara agar tetap tumbuh dan berkembang. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Pohon Bidara Agar Tetap Tumbuh dan Berkembang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel