Artikel Pilihan

Jenis-Jenis Pohon Kopi di Indonesia

ciri ciri pohon kopi

Kopi saat ini menjadi minuman yang kekinian dan sudah terkenal di Indonesia sebagai minuman yang lezat. Bagaimana tidak? karena di Indonesia sendiri banyak berbagai jenis pohon kopi yang beragam, sehingga menghasilkan biji kopi yang berbeda dengan tekstur dan rasa yang khas. Kopi makin digemari masyarakat karena minuman ini memiliki aroma yang khas.

Berbicara tentang kopi, sumber kopi adalah berawal dari biji kopi, dimana biji kopi dihasilkan dari budidaya pohon kopi. Pohon kopi tergolong pohon yang unik, pohon ini tumbuh tegak, bercabang, dan memiliki tinggi hingga 12 m. Pohon kopi terdiri dari jenis kopi arabika, kopi robusta, dan kopi liberica.

Selain itu, pohon kopi memiliki nilai ekonomis yang tinggi, maka tidak heran jika harga kopi yang enak juga terbilang mahal, karena memang perawatan tanaman kopi tersebut tidak main-main sehingga menghasilkan biji kopi yang berkualitas.

Saat ini sudah hampir tiga abad kopi diusahakan penanamannya di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan konsumsi di dalam negeri dan luar negeri. Biji buah kopi terdiri atas 4 bagian yaitu lapisan kulit luar yang disebut exocarp, daging buah atau mesocarp, kulit tanduk atau parchment.

Kopi memiliki kadar antioksidan yang tinggi dibandingkan dengan jenis minuman lainnya. Asam klorogenat yang terkandung dalam kopi merupakan antioksidan dominan yang ada dalam biji kopi yaitu berupa ester yang terbentuk dari asam trans-sinamat dan asam quinat.

Asam klorogenat ini merupakan senyawa terpenting yang mempengaruhi pembentukan rasa, bau dan flavor saat pemanggangan kopi. Maka itu kopi dikenal sebagai zat anti kanker dan dapat melindungi sel untuk melawan mutasi somatic.

Disamping keistimewaannya yang dapat membunuh sel kanker, kopi juga memiliki kandungan yang bisa membahayakan kesehatan. Untuk itu minum kopi dianjurkan sewajarnya saja dan jangan berlebihan. Karena kopi memiliki kandungan kafein dan asam organic yang tinggi.

Maka itu kopi digolongkan sebagai minuman psikostimulant yang akan menyebabkan orang tetap terjaga alias insomnia, mengurangi kelelahan dan memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi bagi manusia.


Jenis-Jenis Pohon Kopi di Indonesia

ciri ciri pohon kopi
Sumber: wikipedia.com
Berbicara tentang pohon kopi, kurang lengkap rasanya jika kita belum membahas jenis biji kopi yang dihasilkan oleh pohon kopi. Di dunia perdagangan, dikenal beberapa golongan kopi yang sering dibudidayakan, seperti kopi robusta, arabika dan liberika.

Penggolongan kopi tersebut umumnya didasarkan pada spesiesnya, kecuali Robusta. Kopi robusta merupakan jenis keturunan dari berbagai spesies kopi, sehingga biji kopi ini juga banyak ditanam di Indonesia. Berikut ini penjelasan singkat mengenai kopi arabika dan kopi robusta.

Baca Juga :

Pohon Kopi Arabika

ciri ciri pohon kopi
Sumber: wikipedia.com
Kopi arabika merupakan jenis kopi tradisional dengan cita rasa kopi yang terbaik. Untuk itu, sebagian besar kopi lezat yang berharga mahal menggunakan biji kopi arabika.

Kopi arabika ini tumbuh di negara-negara beriklim tropis atausubtropis. Biji kopi Arabika tumbuh pada ketinggian 600-2000 m di atas permukaan laut. Pohon kopi ini dapat tumbuh hingga 3 m bila kondisi lingkungannya baik. Pohon ini memiliki suhu yang optimal hingga 18-26°C.

Biji kopi yang dihasilkan dari jenis pohon kopi arabika ini berukuran cukup kecil dan berwarna hijau hingga berwarna merah gelap. Perkebunan kopi arabika pertama berada di Semarang dan Kedu, Jawa Tengah pada awal abad ke-19, sedang perkebunan kopi arabika lainnya di Jawa Timur yaitu berada di Kediri dan Malang yang baru dibuka pada abad ke-19.

Pohon Kopi Robusta

Berbeda dengan kopi arabika, kopi robusta pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1898. Biji kopi robusta dapat dikatakan sebagai kopi kelas 2, karena memiliki rasa yang lebih pahit, cenderung sedikit asam, dan mengandung kafein dalam kadar yang jauh lebih banyak. Coffea canephora, nama lain dari biji kopi robusta masuk ke Indonesia pada tahun 1900.

Keistimewaan pohon kopi robusta ini adalah memiliki syarat tumbuh dan pemeliharaan tanaman yang ringan alias tidak ribet. Dengan sesimple itu hasil produksinya juga tidak main-main, karena hasil dari biji kopi jauh lebih tinggi.

Sehingga kopi robusta cepat berkembang dan mampu bersaing dengan jenis kopi lain. Saat ini di lahan pertanian Indonesia, sudah lebih dari 90% dari areal pertanaman kopi Indonesia terdiri atas kopi robusta. Kopi robusta lebih toleran terhadap ketinggian lahan budidaya di Indonesia. Jenis kopi ini tumbuh dengan baik pada ketinggian 400-800 m dpl dengan suhu 21 sampai 24 derajat celcius.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Pohon Kopi di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel