Artikel Pilihan

Cara Mengatasi Bekas Jerawat Menggunakan Kacang Arab

Ciri Ciri Kacang Arab

Hampir sebagian besar orang berpendapat bahwa jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sangat menyebalkan dan mengganggu penampilan. Bukan hanya itu saja, jerawat juga bisa menurunkan rasa percaya diri.

Apalagi, jika jerawat ini meninggalkan bekas dan membentuk noda-noda hitam di wajah.
Ketika Anda mengalami masalah jerawat dan bekasnya tak kunjung hilang, maka Anda tak perlu khawatir.

Pasalnya, bekas jerawat membandel tersebut bisa diatasi dan disamarkan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Salah satunya adalah kacang arab. Melansir dari laman natural remedy ideas, kacang arab merupakan bahan alami yang mudah ditemukan untuk dimanfaatkan sebagai pembersih bekas jerawat di wajah.




Kacang arab atau yang kerap dikenal dengan nama chickpeas ini merupakan sejenis tumbuhan polong berukuran kecil dan warnanya kekuningan.

Baca juga : Sebelum Budidaya, Kenali 5 Ciri Pohon Ketapang Ini

Diketahui, kacang yang tumbuh di daratan Mediterania ini merupakan jenis kacang-kacangan dengan segudang manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan wajah. Nutrisi yang terkandung di dalamnya pun dipercaya mampu mengatasi bekas jerawat dengan sangat sempurna.

Cara Terbaik Memanfaatkan Kacang Arab Sebagai Bahan Alami untuk Mengatasi Jerawat

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: lipaniskincare.com
Penasaran bagaimana cara memanfaatkan kacang arab yang memiliki tekstur lembut ini untuk mengatasi jerawat membandel di wajah? Sebenarnya, langkah yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan kacang arab secukupnya, kira-kira sebanyak satu genggam atau tiga sendok makan.

Kemudian, rebus kacang tersebut dengan air mendidih hingga benar-benar empuk dan teksturnya jadi lunak. Angkat, lalu tiriskan sebelum dihaluskan. Setelah itu, aplikasikan kacang arab tersebut ke wajah sebagai masker. Usahakan untuk memijat lembut wajah saat pengaplikasian masker. Diamkan sejenak selama kurang lebih 10 menit agar seluruh kandungan kacang arab menyerap ke dalam kulit wajah.

Kemudian, bilas menggunakan air bersih dan jangan lupa untuk menggunakan pelembab wajah setelahnya. Alangkah lebih baik jika Anda menggunakan pelembab alami, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

Diketahui, nutrisi yang terkandung di dalam kacang arab bukan hanya membuat kulit wajah Anda terbebas dari masalah bekas jerawat saja. Bahan alami ini juga bisa membuat wajah terasa kian halus, cerah, lembut, dan bebas dari komedo.

Demi hasil yang lebih optimal, Anda bisa melakukan perawatan ini setiap hari atau dua hari sekali. Anda juga bisa mencampur adonan kacang arab dengan minyak zaitun saat menggunakannya sebagai masker wajah. Kacang arab dan lemon merupakan campuran terbaik untuk mengusir flek hitam di wajah
Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: myfooddiary.com
Selain cara yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa mencoba trik lainnya untuk menghilangkan flek atau noda hitam di wajah. Caranya dengan menambahkan air perasan lemon ke dalam pasta kacang arab. Trik satu ini diketahui dapat menghilangkan bintik hitam dan mencerahkan wajah lebih cepat.

Baca juga : Dengan Fisiologis yang Rindang, Ini Fungsi Pohon Ketapang

Beberapa bahan yang Anda butuhkan sebagai berikut:
  • 4 sdm pasta kacang arab
  • 3 sendok air perasan lemon

Cara membuatnya:
  • Anda hanya perlu mencampurkan pasta kacang arab dengan air perasan lemon hingga merata. 
  • Kemudian, oleskan pasta ke seluruh wajah.
  • Diamkan kurang lebih sekitar 20 menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih.

Perlu Anda ketahui, kacang arab mengandung mangan yang berperan dalam meremajakan sel-sel kulit wajah dan menyerang radikal bebas penyebab kerutan. Kandungan molybdenum pada kacang arab juga bertindak untuk mendetoksifikasi kulit dan kerusakan vitamin B akibat paparan sinar matahari berlebih.

Kombinasi mineral dan nutrisi ini bekerja sama dengan luar biasa untuk mengeksfoliasi kulit sehingga menjadikan kacang arab sangat sempurna untuk membersihkan sel-sel kulit mati. Bahkan, kandungannya pun mampu menyingkirkan bintik-bintik hitam di wajah yang mengganggu penampilan.




Sementara air perasan lemon mengandung bahan-bahan yang bisa membantu memutihkan serta membuat wajah lebih cerah. Air lemon juga membantu membersihkan sel-sel kulit mati sehingga mengurangi pigmentasi.

Demikian sekilas informasi mengenai kacang arab yang ternyata mampu mengusir bekas jerawat dan juga noda-noda hitam di wajah. Apakah Anda tertarik melakukan perawatan ini agar wajah senantiasa terlihat bersih, halus, dan bebas dari bekas jerawat? Apabila Anda penasaran, segera coba cara tersebut di rumah demi mendapatkan kulit yang lebih cantik dan memesona.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Bekas Jerawat Menggunakan Kacang Arab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel