Artikel Pilihan

Budidaya dan Perawatan Pohon Gaharu dengan Baik

Ciri Ciri Pohon Gaharu

Ketika berbicara mengenai pohon khususnya yang tumbuh di indonesia. Ada banyak sekali tiba tanaman yang bisa didapatkan salah satunya adalah pohon gaharu beberapa orang memutuskan untuk budidaya gaharu karena dapat menghasilkan reaksi dan juga minyak atsiri, yang nantinya dijual sebagai campuran parfum.

Namun budidaya pohon gaharu tidaklah mudah. Ada beberapa cara yang harus dilakukan sehingga tahapan ini dapat membantu anda untuk mendapatkan sebuah pohon yang berkualitas.

Persiapkan Bibit Pohon Gaharu

Tahapan pertama yang harus dilakukan yaitu memilih bibit yang berkualitas bibit ini sangatlah penting. Karena nantinya akan menjadi sumber dari pohon gaharu yang dibudidayakan oleh anda, pemilihan bibit bisa dilakukan dengan beberapa kriteria:



Di antaranya adalah akar tanaman tidak dapat menembus polybag, ukuran diameter pohon yang ideal tinggi pohon minimal 30 cm dan juga melakukan pengangkutan bibit dengan hati-hati. Selain itu jangan lupa pilihlah bibit tanaman yang tidak memiliki gejala serangan hama, ataupun penyakit. Anda juga bisa meletakkan bibit pertama kali di tempat teduh, dan lakukan penyiraman agar tanaman bisa beradaptasi dengan lingkungan tempat anda menanam.


Mempersiapkan Lahan

Hal kedua yang bisa dilakukan yaitu mencoba untuk mempersiapkan lahan. Karena pohon gaharu merupakan salah satu pohon besar. Maka ukuran bahannya juga akan lebih besar, dibandingkan dengan beberapa pohon lainnya, syarat untuk penanamannya di antaranya yaitu:

- Jika ingin membuat lubang tanam, persiapkan kira-kira 2 minggu sebelum penanaman. Ukuran minimal dari lubang tanam yaitu 30x30x30 cm.
- Jarak setiap pohon 3×3 meter, atau disesuaikan dengan lahan atau area yang dimiliki.
- Gunakan pupuk khusus seperti pupuk kandang / pupuk organik kedalam lubang tanam 3-5 kg / lubang. Jenis pupuk NPK 20-30 gram / lubang merupakan pupuk penting, dan dibutuhkan oleh semua tanaman gaharu.
- Ph tanah haruslah diangka 5. Anda juga bisa dapat menggunakan 100 gram per lubang tanam.

Perawatan

Selanjutnya hal yang bisa dilakukan yaitu pemeliharaan dan perawatan fase ini paling penting karena penanaman. Gaharu sendiri memang menjadi salah satu hal yang paling menyulitkan ketika sudah melakukan perawatan nya.

Tanaman yang dimanfaatkan wewangiannya, sehingga beberapa orang seringkali merasa gatal ketika mereka memutuskan untuk memperbesar tanaman gaharu. Pada dasarnya perawatan yang dilakukan ada beberapa jenis diantaranya yaitu:
Ciri Ciri Pohon Gaharu
Sumber: 8villages.com


Pengairan

Pertama perawatan yang harus dilihat adalah pengairannya. Jika sedang dalam kondisi penghujan maka anda tidak perlu mengeluarkan pengairan dengan waktu yang berlalu. Sehingga nantinya air akan menggenang dan akan lebih mudah membusuk, dibandingkan dengan beberapa pohon lain. Sedangkan jika memang sedang kemarau maka air bisa disiram. Sebaliknya tingkatkan intensitas jika memang sedang kering karena pohon gaharu membutuhkan air yang cukup banyak.

Penyiangan

Penyiangan menjadi salah satu cara yang wajib dilakukan untuk membantu dalam menekan pertumbuhan gulma. Adanya gulma atau tumbuhan yang mengganggu seringkali tidak terkontrol akan menyebabkan perebutan unsur hara dengan tanaman dengan pohon gaharu dan menyebabkan gaharu rusak. Sehingga kualitas dari kayu gaharu hilang begitu saja.



Ditambah lagi, dengan adanya penyiangan membantu menghindari tanaman yang menyerap hara dengan optimal. Adanya penyiangan harus dilakukan sesering mungkin. Bagaimana cara mudahnya? Anda dapat mencabut atau menggunakan berbagai alat atau perkakas khusus, seperti cangkul atau parang untuk menyingkirkan gulma tersebut. Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat membantu.

Itulah beberapa informasi mengenai budidaya dan perawatan pohon gaharu. Semoga bermanfaat, ya.

Belum ada Komentar untuk "Budidaya dan Perawatan Pohon Gaharu dengan Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel