Artikel Pilihan

Bermanfaat, Mari Kenali Lebih Dekat Lagi Pohon Basil

Basil merupakan salah satu jenis tanaman yang dimanfaatkan untuk kuliner, dan biasanya daun pohon basil ini juga digunakan untuk herbal. Mungkin masih banyak dari Anda yang tidak familiar dengan daun basil, jika di Indonesia daun pohon basil ini hampir mirip dengan kemangi.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai detail dari pohon basil. Sehingga Anda yang mungkin tidak pernah tahu tanaman ini bisa tahu gambarannya secara lengkap. Kali ini kami akan menyampaikan informasi mengenai pohon basil yaitu bermanfaat, mari kenali lebih dekat lagi tanaman pohon basil. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

Deskripsi Pohon Basil

Ciri Ciri Pohon Basil

Apakah Anda sudah pernah melihat tanaman pohon basil secara langsung? Mungkin bagi Anda yang suka masak pasti pernah menggunakan daun pohon basil ya? Memang, daun basil ini bisa meningkatkan aroma masakan jadi lebih kuat.

Baca juga : Pohon Pinus Purba di Eropa, Usianya Ribuan Tahun

Kali ini kami akan membahas informasi mengenai deskripsi pohon basil. Pohon basil sendiri memiliki beberapa varietas, dan ukurannya juga tergantung itu. Namun umumnya tanaman ini bisa tumbuh mencapai 30 cm atau 0,98 ft dan 150 cm atau 4,9 ft. Memiliki daun berwarna hijau dan bentuknya bulat telur, namun sekali lagi bentuknya juga tergantung dari varietasnya.




Untuk ukuran daun dari pohon basil bisa berkisar antara 3 cm sampai 11 cm dan panjangnya antara 1 cm dan lebarnya sendiri adalah 6 cm. Pohon basil ini tumbuh dengan akar tunggang yang tebal. Memiliki bunga dengan ukuran kecil yang berwarna putih dan biasanya bunga itu muncul di pusat batang. Seperti yang ada pada gambar di atas, itulah pohon basil.

Habitat Pohon Basil

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: gardeningknowhow.com
Bermanfaat, mari kenali lebih dekat lagi tanaman pohon basil. Jika tadi Anda sudah tahu bagaimana deskripsi dari Pohon Basil maka pada kesempatan kali ini kami juga akan mengajak Anda untuk mengetahui habitat asli dari Pohon Basil sehingga Anda tahu mengenai detailnya juga. Tanaman basil ini merupakan tanaman asli India dan daerah tropis lainnya yang membentang dari benua Afrika hingga ke Asia Tenggara.

Namun sekarang, basil telah menjadi tanaman global karena banyak sekali orang yang telah membudidayakan pohon basil. Bahkan di Indonesia pun sekarang kita bisa dengan mudah menemukan Pohon Basil. Jika Anda ingin memanfaatkan Pohon Basil maka Anda bisa menanamnya sendiri di rumah dan membudidayakannya.

Penggunaan Pohon Basil

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: images.immediate.co.uk
Sekarang kami akan mengajak Anda untuk mengetahui pohon basil ini digunakan untuk apa saja. Pohon basil sendiri sering dimanfaatkan untuk kuliner dan juga sebagai obat herbal. Penasaran kan apa saja penggunaan dan pemanfaatan pohon basil? Simak ulasannya di bawah ini :

1. Kuliner

Jika pergi ke Italia maka mungkin banyak sekali makanan yang menggunakan daun basil sebagai tambahan rempah. Salah satu jenis makanan yang menggunakan bahan utama daun basil adalah pesto yang merupakan saus minyak dan ramuan hijau khas Italia. Selain itu orang Cina pun juga memanfaatkan daun pohon basil dalam masakan mereka, biasanya orang Cina memasukkan basil ke dalam sup buatan mereka.

Baca juga : Pohon Pinus Longleaf Bisa Hidup Hingga 500 Tahun Lamanya

Mereka juga umumnya makan ayam goreng dilengkapi dengan daun basil. Selain itu, di Thailand biasanya basil dicampur dalam krim atau susu untuk menciptakan rasa yang menarik. Basil ini merupakan rempah yang sangat cocok untuk digunakan dalam campuran masakan.

2. Biji

Mungkin Anda tahu biji selasih? Yang biasanya kita temukan dalam campuran es di Indonesia. Nah biji selasih ini merupakan biji dari pohon basil. Karena ketika direndam, bijinya ini akan menjadi seperti agar-agar dan sering digunakan sebagai tambahan minuman di kawasan Asia. Menurut penelitian, kandungan minyak atsiri di dalam bijinya ini bersifat sebagai antijamur serta dapat menolak serangga.




3. Obat

Tak hanya dijadikan tambahan dalam kuliner saja ya, ternyata pohon basil ini juga dimanfaatkan sebagai obat yaitu lebih tepatnya obat herbal. Biasanya basil ini dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional seperti misalnya Ayurveda atau pengobatan tradisional di Tiongkok. Basil digunakan untuk obat herbal karena memiliki sifat terapeutik dan bisa menyembuhkan berbagai jenis keluhan penyakit.

Itu tadi informasi yang bisa kami berikan kepada Anda mengenai pohon basil. Sangat bermanfaat bukan? Yuk coba tuk menanam pohon basil di rumah Anda.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Bermanfaat, Mari Kenali Lebih Dekat Lagi Pohon Basil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel