Artikel Pilihan

9 Benefit Daun Pohon Basil yang Jarang Diketahui

Siapa yang tidak kenal dengan pohon Basil? Pohon Basil merupakan salah satu jenis pohon yang memiliki banyak manfaat dan kegunaan bagi manusia. Biasanya, daun dari pohon basil ini seringkali kita temukan pada makanan Italia.

Seperti misalnya menjadi tambahan pada topping Pizza. Basil digunakan sebagai salah satu bahan untuk menguatkan aroma masakan. Jika di Indonesia, pohon basil ini masih satu kerabat dengan daun kemangi yang sering dijadikan sebagai lalapan.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak Anda semua untuk mengetahui 9 benefit daun pohon basil yang jarang diketahui. Jika mungkin biasanya Anda hanya menggunakan daun basil untuk menambah makanan saja, maka pada kesempatan kali ini kami akan mengajak Anda semua untuk mengetahui apa saja benefit tersembunyi dari pohon basil. Simak ulasannya di bawah ini ya!

Ciri Ciri Pohon Basil

Baca juga : Pinus Radiata, Pohon Pinus yang Mudah Ditanam dan Menghasilkan Kayu Terbaik

1. Sebagai anti radikal

Daun dari pohon basil ini ternyata juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa membantu tubuh untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas. Tanaman pohon basil ini mengandung 2 antioksidan yang flavonoid yang penting yang larut dalam air yaitu viceninare dan orientin. Antioksidan kuat ini bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melindungi struktur DNA, serta baiknya bisa membantu mengurangi efek penuaan kulit dini.




2. Benefit untuk kulit

Tak hanya melulu soal kesehatan saja, ternyata daun basil ini juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Minyak basil ternyata bisa membantu membersihkan kulit dari dalam, sangat cocok digunakan untuk orang yang memiliki kulit berminyak karena bisa membantu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Kandungan anti-inflamasi yang ada di dalamnya juga bisa membantu untuk mencegah jerawat.

3. Membantu mengatasi diabetes

Rutin mengkonsumsi ramuan dari daun pohon basil ternyata juga bisa membantu untuk mengatasi diabetes. Di dalam daunnya juga terkandung muatan glikemik yang sangat rendah. Kandungan minyak atsiri di dalamnya juga bisa membantu mengurangi kadar trigliserida dan juga kolesterol.

4. Mengatasi stress dan depresi

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: almanac.com
Baca juga : Sebelum Budidaya, Kenali 5 Ciri Pohon Ketapang Ini

Benefit daun pohon basil yang jarang diketahui yang keempat adalah daun basil ini bisa membantu untuk mengatasi stress dan depresi. Ramuan dari daun basil dipercaya bisa mengatur hormon yang membantu untuk memproduksi hormon yang mendorong kebahagiaan dan energi orang. Sifat anti-inflamasi yang ada pada pohon ini bisa membantu mengelola stress.

5. Membantu detoksifikasi tubuh

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari Basil, yang pertama Basil ini bisa memberikan keajaiban yang kuat bagi kesehatan manusia. Salah satunya adalah membantu detoksifikasi tubuh dan berperan penting dalam metabolisme tubuh. Basil ini dapat membantu untuk mencegah penumpukan lemak di hati serta membantu mendetoksifikasi tubuh.

6. Baik untuk pencernaan

Benefit yang selanjutnya dari pohon basil adalah ia baik untuk pencernaan. Terbukti, daun dari pohon basil sangat baik untuk sistem pencernaan manusia. Kandungan eugenol di dalam daunnya ini bisa membuat kandungan anti-inflamasi yang ada di dalam daunnya ini bisa bekerja untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Basil juga membantu menyeimbangkan asam di dalam tubuh, selain itu beberapa penelitian mengungkapkan bahwa daun basil baik untuk mengatasi pusing dan insomnia.

7. Sebagai anti-inflamasi

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: bunnings.co.nz
Pohon basil memiliki kandungan anti-inflamasi yang cukup tinggi yang bisa membantu untuk mengurangi berbagai macam jenis penyakit. Di dalam daun pohon basil terkandung minyak esensial seperti eugenol, citronellol, dan linalool yang dapat membantu untuk menyembuhkan peradangan. Selain itu juga bisa membantu untuk menurunkan resiko penyakit jantung. Lebih baiknya lagi, daun basil ini juga bisa membantu untuk menyembuhkan sakit kepala, pilek, batuk, dan flu.

8. Mengatasi sakit perut





Siapa yang sering mengalami sakit perut? Jika Anda adalah salah satu orang yang sering merasakan sakit perut maka Anda bisa mencoba untuk rutin mengkonsumsi daun basil. Minyak atsiri yang ada di dalam daun basil ini ternyata baik untuk mengatasi berbagai masalah perut selain pencernaan. Bisa membantu Anda untuk mengurangi kembung dan perut begah.

9. Meningkatkan kesehatan usus

Kesehatan usus Anda juga sangat perlu untuk dijaga ya. Daun pohon basil ini membantu untuk memulihkan tingkat pH alami tubuh dan bisa membantu memberi makan bakteri sehat dalam usus mikroflora yang mana akan meningkatkan kekebalan dan membuat pencernaan jadi lebih sehat.

Itu tadi informasi yang bisa kami bagikan kepada Anda mengenai 9 kegunaan daun pohon basil yang jarang diketahui. Semoga artikel yang kami berikan berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "9 Benefit Daun Pohon Basil yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel