Artikel Pilihan

Benarkah Mengonsumsi Kacang Arab Berlebih Mengakibatkan Sakit Kepala?

Ciri Ciri Kacang Arab

Kacang arab atau yang disebut juga dengan nama chickpeas ini merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang terbukti baik untuk dikonsumsi. Pasalnya, kacang arab kaya akan kandungan protein, serat, vitamin, dan mineral. Oleh sebab itu dikatakan, mengonsumsi kacang arab secara berlebihan diketahui tidak berisiko menyebabkan sakit kepala.

Hanya saja, mengonsumsi kacang-kacangan seperti ini dalam jumlah yang tidak wajar dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada saluran cerna. Mulai dari mual hingga perut kembung. Gejala seperti ini biasanya muncul akibat kandungan karbohidrat pada kacang arab merupakan jenis karbohidrat kompleks yang sulit dipecah oleh enzim pencernaan tubuh.

Baca juga : Cara Merawat Pohon Pinus Agar Mudah Dibudidayakan

Karbohidrat yang tidak terpecah berubah menjadi glukosa yang tidak bisa diserap oleh usus halus sehingga menyebabkan timbulnya gas di usus besar. Efek samping lainnya yang kemungkinan muncul dari konsumsi kacang arab berlebih bisa terjadi pada orang yang memang memiliki riwayat alergi. Alergi makanan biasanya memicu timbulnya gejala, seperti ruam dan gatal pada kulit.




Bahkan, pada kasus alergi yang berat bisa menyebabkan pembengkakan pada mulut dan jalan napas sehingga mengganggu sistem pernapasan. Namun, perlu Anda ingat bahwa efek ini tidak akan terjadi jika Anda tidak memiliki alergi terhadap kacang arab.

Kemungkinan Penyebab Sakit Kepala Setelah Mengonsumsi Kacang Arab

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: drcraigsinger.com
Apabila Anda mengalami sakit kepala atau pusing setelah mengonsumsi kacang arab, bisa jadi gejala tersebut disebabkan oleh hal lain. Ada beberapa kemungkinan penyebab sakit kepala ini, di antaranya:
  • Anemia atau berkurangnya sel darah merah dalam tubuh
  • Dehidrasi atau kekurangan cairan
  • Hipoglikemia atau rendahnya kadar gula dalam darah
  • Hipotensi atau tekanan darah rendah
  • Adanya gangguan pada jantung
  • BPPV atau Benign Paroxysmal Positional Vertigo
  • Sakit kepala migrain, terutama tipe basiler
  • Gangguan psikis, seperti stres, panik, atau terlalu cemas, dan lainnya.

Melihat banyaknya penyebab sakit kepala yang terjadi, Anda memerlukan keterangan lebih lengkap. Mulai dari karakteristik, gejala lain yang menyertai, riwayat penyakit lainnya, obat yang diminum, dan lain sebagainya. Apabila sakit kepala yang Anda alami sudah sangat mengganggu aktivitas, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Sakit Kepala Menyerang?

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika sakit kepala seperti ini mendadak terjadi, antara lain:
  • Cobalah untuk beristirahat atau tidur sejenak ketika sakit kepala menyerang.
  • Konsumsi air putih dalam jumlah cukup minimal 2 liter per hari.
  • Konsumsi makanan bergizi lengkap secara teratur
  • Olahraga secukupnya secara teratur setiap hari
  • Hindari stres berlebihan
  • Risiko yang mungkin terjadi saat kelebihan kacang-kacangan
Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: gannet-cdn.com
Kacang arab dan jenis kacang-kacangan lainnya dikenal memiliki aneka manfaat luar biasa bagi tubuh, seperti meningkatkan kesehatan jantung, melawan kanker, dan menekan risiko alzheimer. Namun sayangnya, jika Anda mengonsumsi kacang secara berlebihan justru berdampak buruk bagi kesehatan.

Ketahuilah, Anda tidak perlu mengonsumsi kacang arab secara berlebihan demi mendapatkan manfaat baiknya. Anda cukup mengonsumsi sebanyak segenggam kacang arab per hari. Sementara untuk kacang almond maksimal 24 butir per hari, kacang kenari 14 butir per hari, dan kacang brazil sebanyak 4 butir per hari.

Bagi sebagian orang, mengonsumsi kacang adalah suatu hal yang menyenangkan karena cita rasanya yang lezat, gurih, dan juga renyah. Alhasil asupan kacang per harinya pun tak bisa dikontrol dengan baik. Apabila kebiasaan ini berlangsung dalam waktu lama, bakal ada efek negatif yang terjadi dalam tubuh Anda.

Mengutip dari laman Prevention, berikut ini beberapa efek mengonsumsi kacang arab dan jenis kacang lainnya secara berlebihan :

Baca Juga : Cara Membuat Bonsai Pohon Pinus dengan Mudah

1. Masalah pada sistem pencernaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mengonsumsi kacang secara berlebihan bisa memicu masalah pada sistem pencernaan. Secara tidak sadar, Anda pasti pernah mengalami perut kembung usai makan kacang, bukan? Hal tersebut merupakan efek dari senyawa pada kacang yang dinamakan phytate dan tanin. Kedua senyawa ini memang dikenal sulit dicerna oleh usus yang kemudian membuat perut terasa tidak nyaman.

2. Meningkatkan berat badan secara drastis

Tak sedikit penelitian yang menyebutkan bahwa, mengonsumsi kacang termasuk jenis kacang arab mampu membantu menurunkan berat badan. Namun, hal tersebut berlaku jika kacang dikonsumsi dalam jumlah sedang atau tidak berlebihan. Apabila Anda mengonsumsinya lebih dari jumlah yang disarankan justru akan membuat berat badan meningkat lebih cepat.

3. Menimbulkan kerontokan rambut, bau mulut, dan kerapuhan kuku





Kacang arab diketahui kaya akan selenium. Perlu Anda ketahui, kerontokan rambut, bau mulut, dan kerapuhan kuku bisa terjadi akibat keracunan selenium karena mengonsumsi kacang berlebihan. Oleh sebab itu, sebaiknya konsumsi kacang arab sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Demikian ulasan mengenai beberapa dampak yang bisa terjadi akibat mengonsumsi kacang arab berlebih. Jadi, Anda wajib berhati-hati ya! Alangkah lebih baik jika mengonsumsi tiap makanan sesuai dengan takaran yang dianjurkan agar tidak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Benarkah Mengonsumsi Kacang Arab Berlebih Mengakibatkan Sakit Kepala?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel