Artikel Pilihan

Perut Melilit Karena Sembelit? Hempaskan Dengan Kacang Arab

Ciri Ciri Kacang Arab

Kacang arab merupakan salah satu jenis biji-bijian yang bercita rasa gurih dengan banyak manfaat kesehatan. Nutrisi penting yang terkandung di dalamnya, antara lain karbohidrat, protein, lemak, folat, fosfor, mangan, kolin, selenium, dan vitamin K. Kacang arab juga diketahui kaya akan vitamin B6, zat besi, serta magnesium yang berguna bagi tubuh.

Tingginya kandungan serat pada kacang arab dapat membantu mengontrol kesehatan empedu. Sementara serat tidak larut di dalamnya mampu meningkatkan kesehatan maupun kebersihan sistem pencernaan tubuh. Oleh sebab itulah, kacang arab juga disebut mampu membantu menurunkan berat badan karena akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Bukan hanya itu saja, kandungan serat yang tinggi menjadikan kacang arab sebagai salah satu jenis pangan yang berfungsi untuk mencegah sembelit. Sementara kandungan kolin diyakini bisa membantu memperbaiki gangguan tidur, meningkatkan daya ingat, dan fleksibilitas gerakan otot.




Usir Sembelit dengan Mengonsumsi Kacang Arab yang Tinggi Akan Serat

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: frugalhausfrau.com
Buang air besar adalah suatu proses yang dialami oleh tubuh saat mengeluarkan kotoran. Tubuh akan menjadi kurang nyaman ketika kotoran tersebut susah dikeluarkan atau prosesnya mengalami kegagalan.

Baca juga : Di Mana Habitat Pohon Ketapang untuk Pertumbuhan Optimal ?

Perut akan terasa tidak enak dalam waktu yang cukup lama sehingga rutinitas pun terganggu. Kondisi susah buang air besar seperti ini disebut dengan sembelit. Sembelit menjadi masalah yang kerap terjadi pada manusia, khususnya pada orang-orang yang kekurangan serat. Untuk mengatasinya, tentu saja pola makan seseorang wajib diperbaiki dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi.

Dengan mengonsumsi jenis-jenis makanan tersebut, sembelit dan konstipasi pasti bisa dihindari. Perlu Anda ketahui, kandungan makanan yang kaya akan serat bisa ditemukan dalam buah, sayur, hingga kacang-kacangan, seperti kacang arab misalnya.

Mengatur Gizi Pada Makanan yang Dikonsumsi untuk Mencegah Sembelit

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: nutrialign.in
Meski sembelit seringkali terjadi pada seseorang, tapi seharusnya Anda tidak terburu-buru mengonsumsi obat kimia dalam mengatasinya. Cukup atur saja asupan gizi makanan yang dikonsumsi untuk mencegah sembelit. Mencari makanan berserat bukanlah perkara sulit. Berikut ini beberapa makanan yang mengandung serat tinggi :

1. Buah-buahan

Buah menjadi salah satu jenis makanan yang diketahui paling banyak mengandung serat, misalnya stroberi dan blackberry. Selain itu, kandungan serat pada buah apel, pir dan mangga juga tergolong tinggi.

Bahkan, mangga mengandung jenis serat larut yang disebut dengan pektin. Namun ingat ya, jangan mengonsumsi buah-buahan ini secara berlebihan agar tidak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

2. Buah kering

Anda juga bisa mengonsumsi buah kering yang kaya akan serat, seperti aprikot, kurma, ara, dan kismis. Menurut penelitian, buah-buahan kering ini mengandung sorbitol yang dipercaya ampuh untuk mencegah sembelit.

3. Sayuran

Kandungan serat juga terdapat pada beraneka jenis sayuran, seperti bayam, mentimun, buncis, hingga brokoli. Anda juga bisa mengonsumsi kentang panggang tanpa dikupas kulitnya untuk mendapatkan serat tapi rendah lemak.

Baca juga : Tak Hanya Indah, Pohon Tabebuya Menyimpan 9 Fakta Menarik

4. Kacang-kacangan

Selain buah dan sayur, kacang-kacangan ternyata juga mengandung serat yang cukup tinggi, seperti misalnya kacang arab. Kacang satu ini diketahui mengandung dua jenis serat, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Kedua jenis serat ini memudahkan makanan yang masuk ke tubuh untuk bisa bergerak leluasa menuju usus besar.

5. Air putih

Cara paling sederhana untuk mencegah sembelit adalah mengonsumsi air sesuai aturan. Usahakan untuk meminum air sebanyak 8-10 gelas sehari. Hal ini berguna untuk memperlancar pergerakan usus sehingga terhindar dari sembelit. Apabila Anda sudah memasuki tahap yang tidak biasa dari sembelit ini, maka segera konsumsi obat sesuai resep dokter.




Sembelit memang seringkali dialami ketika pola hidup dan asupan makanan tidak terkontrol. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mulai rutin berolahraga dan diikuti dengan mengonsumsi makanan bergizi, terutama berserat untuk mencegah sembelit.

Demikian sekilas informasi mengenai sembelit yang ternyata bisa dicegah dengan konsumsi aneka jenis makanan berserat tinggi, salah satunya adalah kacang arab. Selain mudah ditemukan, kacang arab juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan sehingga Anda tidak gampang bosan saat mengonsumsinya. Selamat mencoba!

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Perut Melilit Karena Sembelit? Hempaskan Dengan Kacang Arab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel