Artikel Pilihan

Cara Membuat Bonsai Pohon Pinus dengan Mudah

ciri ciri pohon pinus bonsai

Pohon pinus yang tumbuh hingga mencapai puluhan meter ternyata bisa dibuat sebagai tanaman lanskap, seperti bonsai. Siapa yang mengira, tanaman hias seperti bonsai ini bisa dibuat dari pohon pinus. Akan tetapi, ada beberapa proses yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menanam Bibit Pohon Pinus

Siapkan bakalan bonsai pinus dengan menanam benih pohon pinus. Jangan lupa untuk mempersiapkan bahan tanam seperti tanah yang sudah digemburkan, humus atau pupuk kandang dan pasir. Campur ketiga bahan itu, lalu tanam bibit pohon pinus di pot yang telah disediakan.

Setelah itu, ikatkan batang pinus pada pot agar tidak goyah. Tunggu beberapa hari hingga akar pinus menyatu dengan tanahnya yang baru. Pastikan selalu meletakkan bonsai di tempat yang teduh dan mendapatkan sinar matahari yang cukp, meski secara tidak langsung.

Jangan lupa untuk menyiram bonsai pohon pinuS. Saat menyiram, pastikan airnya keluar dari lubang pot. Akan tetapi, jangan terlalu sering menyiram pohon pinus. Lakukan penyiraman rutin selama sekitar dua minggu hingga terlihat tumbuh tunas maupun daunnya. Jika sudah tumbuh tunas dan daunnya, letakkan bonsai di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Merawat Bonsai Pohon Pinus

ciri ciri pohon pinus bonsai
Sumber: hakujuenbonsai.com
Ada sejumlah spesies pohon pinus yang bisa digunakan untuk membuat bonsai. Pilih jenis pohon pinus yang sesuai agar mendapatkan hasil yang bagus. Sedangkan bonsai pohon pinus adalah yang paling bahagia di mana ia akan menerima sinar matahari langsung penuh.

Sebuah pinus yang tidak mendapatkan cukup sinar matahari akan tumbuh panjang, jarum kurus, ranting-ranting pohon dan keluar. Agar pinus tebal dan sehat, cari tempat yang paling cerah di ambang, rak atau teras, atur bonsai dengan aman di tempatnya dan biarkan hidup selama bulan-bulan yang hangat.

Untuk mengukur kebutuhan air bonsai pohon pinus, rasakan tanah sekali atau dua kali sehari. Ketika tanah hampir tidak lembab, di ambang pengeringan sepenuhnya, beri bonsai Anda minuman panjang. Jangan menyiram saat bonsai tidak membutuhkannya.

Baca Juga :

Pohon pinus tidak suka akar yang basah dan mereka bisa membusuk. Akan tetapi, pohon pinus juga tidak menyukai tanah kering. Bonsai mungkin membutuhkan waktu untuk pulih dari tanah kering tulang dari penyiraman yang dilewati. Rawat bonsai pohon pinus dengan memberikan pupuk dengan rutin.


Memangkas Bonsai Pohon Pinus

ciri ciri pohon pinus bonsai
Sumber: henhbonsai.nl
Bonsai pohon pinus terkenal sulit dipangkas. Memang, memangkas bonsai pinus tidak berbeda dengan memangkas spesies bonsai lainnya. Tetapi setiap perubahan pada lingkungan, dedaunan, atau pot pinus harus dilakukan secara perlahan. Akibatnya, ada banyak pantangan yang harus diikuti pembudidaya untuk mencegah melukai atau menghambat pertumbuhan pohon.

Jangan biarkan potongan pemangkasan terbuka. Bonsai pohon pinus akan mengeluarkan getah deras setelah mereka dipotong. Untuk menghindarinya potonglah pemangkasan yang dibuat pada batang atau cabang utama dengan lapisan petroleum jelly. Ini akan membantu pohon pinus menyembuhkan diri dan melindunginya dari penyakit atau pembusukan saat sembuh selama periode tidak aktif.

Jangan pernah memangkas lebih dari setengah pertumbuhan pinus dalam satu tahun. Memangkas pinus bonsai membutuhkan waktu dan paling baik dilakukan dalam tahap kecil. Pohon pinus mungkin tidak bangkit kembali dari potongan batang yang parah.

Pohon pinus yang berumur lebih dari 30 tahun hanya dapat menangani satu pemangkasan per tahun. Itu berarti jika transplantasi dilakukan pada satu tahun, transplantasi selanjutnya harus menunggu sampai tahun berikutnya untuk pemangkasan, pemasangan kabel atau pekerjaan invasif lainnya.

Dua dari transplantasi per tahun ini melemahkan pohon dan dapat menghambat atau merusaknya. Pinus yang lebih muda dapat menangani lebih dari satu kali transplantasi per tahun tetapi ini kurang baik untuk bonsai pohon pinus.

Pohon pinus bonsai memang sebenarnya sulit untuk ditangani. Pemangkasan dan pembentukan harus ditangani perlahan saat pohon tumbuh dan matang. Tetapi bonsai dewasa jarang ada masalah dan keluhan. Dengan kesabaran dan keahlian, bonsai pinus tumbuh menjadi pohon-pohon megah nan indah yang layak mendapatkan perhatian dan perhatian ekstra.

Demikian beberapa tips dan cara membuat bonsai pohon pinus dengan mudah. Agar terus bertahan hingga puluhan tahun, bonsai pohon pinus tetap harus di rawat dengan baik.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Bonsai Pohon Pinus dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel