Artikel Pilihan

Begini Cara Terbaik Mengolah Kacang Arab Kering

Ciri Ciri Kacang Arab

Kacang arab yang juga dikenal dengan nama garbanzo ini sering digunakan sebagai salah satu bahan dasar hummus, campuran salad, ataupun camilan sehari-hari. Meski kacang arab siap saji dalam kemasan kaleng sudah banyak dijual di pasaran, Anda tetap bisa membuat sajian dari kacang arab kering yang tak kalah bergizi.

3 Langkah Mudah Mengolah Kacang Arab

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: assets.bonappetit.com
Sebenarnya tidak sulit mengolah kacang arab kering untuk dijadikan sajian sehat sehari-hari. Hanya saja, Anda perlu mengetahui dulu cara-cara terbaiknya agar kandungan dalam kacang arab tersebut tidak terbuang sia-sia. Berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda lakukan demi mendapatkan kacang arab yang sarat manfaat bagi kesehatan tubuh :

1. Memilih dan membeli kacang arab kering

Langkah pertama adalah memilih dan membeli kacang arab kering di pasaran. Sebaiknya, cari kacang arab kering di bagian makanan di supermarket atau pasar langganan Anda. Tapi jangan lupa, pastikan toko tersebut memiliki tingkat pergantian yang tinggi. Meski tergolong makanan kering, kacang arab juga memiliki batas kadaluarsa dalam beberapa bulan saja. Apalagi jika kemasannya kurang memadai.




Mungkin jenis kacang satu ini agak sulit ditemukan di Indonesia karena memang kacang arab berasal dari Timur Tengah. Namun, Anda tak perlu khawatir. Sebab, saat ini kacang arab kering sudah banyak dijual di toko oleh-oleh umroh dan haji ataupun di beberapa marketplace.

2. Merendam dan membersihkan kacang arab kering

Setelah Anda berhasil mendapatkan kacang arab kering, segera pindahkan dalam sebuah wadah besar. Pilih dan singkirkan kacang arab yang berkualitas kurang baik butir per butirnya. Ketahuilah, kacang arab berkualitas baik adalah yang memiliki warna kuning cerah dengan ukuran yang relatif sama. Apabila Anda menemukan kacang berwarna gelap atau berukuran lebih kecil, maka sebaiknya pisahkan dan buang.

Kemudian, tambahkan air dingin ke dalam wadah tersebut hingga setinggi 10 cm dari permukaan kacang agar air terserap sepenuhnya dalam semalam. Apabila ada kacang yang mengapung di permukaan air, buang saja karena itu juga jadi pertanda kualitas yang kurang baik.

Jangan lupa untuk menambahkan ½ sdt garam, lalu aduk merata sebagai tambahan rasa. Diamkan kacang tersebut terendam selama kurang lebih 12 jam. Sebaiknya, rendam kacang arab di malam hari agar bisa disiapkan di hari berikutnya.

3. Memasak kacang arab

Langkah terakhir sekaligus penentu dari pengolahan kacang arab ini adalah memasaknya. Setelah direndam, Anda bisa meniriskan kacang arab tersebut dengan menuangkannya ke dalam saringan. Pastikan lubang saringan yang digunakan cukup halus agar kacang tidak jatuh.

Baca juga : Kenali Ciri Pohon Tabebuya yang Mirip dengan Pohon Sakura

Pindahkan kacang arab yang telah disaring ke dalam sebuah panci atau wajan berukuran besar. Beri air dingin setinggi 7 cm dari permukaannya. Panaskan panci berisi kacang di atas kompor dengan suhu tinggi hingga airnya mendidih.

Setelah air rebusan kacang benar-benar mendidih, kurangi suhunya, tapi jangan matikan api. Tutup panci tersebut dan biarkan proses pemasakan terus terjadi hingga 90 menit berikutnya. Setelah itu, tambahkan beberapa bumbu atau rempah-rempah, seperti bubuk bawang putih di menit-menit terakhir.

Sebelum mematikan api kompor, sebaiknya cek dulu apakah kacang sudah memiliki tekstur yang sesuai. Ingat ya, kacang arab yang telah direbus harus tetap keras dan tidak lembek. Apabila masih terasa terlalu keras, sebaiknya didihkan selama kurang lebih 30 menit lagi di atas api kecil.

Baca juga : Bisa Menunjukkan Waktu, Ini Keunikan Bunga Pohon Waru

Setelah benar-benar matang dan teksturnya pas, tiriskan dan dinginkan kacang. Sajikan kacang arab rebus bersama potongan daun peterseli dan minyak zaitun agar lebih lezat. Anda bisa langsung menyantapnya atau mencampur kacang bersama hidangan lain, seperti salad.

Tips Untuk Merendam Kacang Arab Secara Cepat

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: inspiredtaste.net
Apabila Anda merasa merendam kacang selama semalaman terasa terlalu lama, maka Anda bisa mencoba cara yang lebih cepat. Masukkan kacang arab kering ke dalam panci, tambahkan air hingga setinggi 10 cm dari permukaannya. Kemudian, didihkan di atas suhu tinggi, biarkan mendidih selama 5 menit.




Setelah itu, angkat kacang dari kompor dan diamkan selama kurang lebih 60 menit di dalam air panas. Segera tiriskan dan kacang siap disajikan ataupun diolah menjadi jenis kudapan lain yang tak kalah lezat.

Demikian beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengolah kacang arab kering. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Begini Cara Terbaik Mengolah Kacang Arab Kering"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel