Artikel Pilihan

Pengganti Putih Telur dari Air Rebusan Kacang Arab Bagi Vegetarian

Ciri Ciri Kacang Arab

Saat ini ada banyak sekali jenis pola makan yang bisa Anda jalani demi kesehatan tubuh. Salah satu yang paling dikenal adalah vegetarian. Vegetarian merupakan pola makan yang hanya terdiri dari sumber makanan nabati tanpa ada unsur hewani apapun.

Apa itu vegetarian?

Seorang vegetarian adalah orang-orang yang menjalani pola makan hanya dengan mengonsumsi makanan dari tumbuh-tumbuhan, seperti kacang arab, gandum, jamur, buah, dan sayuran. Berdasarkan himpunan vegetarian, diet semacam ini biasanya termasuk dalam diet yang menghindari makanan dari hewan, seperti daging sapi, unggas, ikan, dan juga kerang. Namun, pola makan vegetarian ini masih harus dibagi lagi ke dalam beberapa jenis dengan ketentuan yang berbeda.

Diketahui ada 4 jenis vegetarian yang paling banyak ditemui saat ini, yaitu:

1. Lacto-ovo vegetarian

Jenis vegetarian yang pertama adalah lacto-ovo vegetarian. Umumnya, mereka tidak memakan daging hewan, tapi tetap mengonsumsi produk dairy yang berasal dari susu dan telur. Dengan demikian, mereka juga masih memakan makanan yang mengandung keju, mentega, yogurt, dan juga es krim.




2. Lacto vegetarian

Tipe vegetarian satu ini tidak memakan produk yang mengandung daging dan telur, tapi tetap mengonsumsi produk dairy atau susu.

3. Ovo vegetarian

Ovo vegetarian justru kebalikan dari lacto vegetarian, karena mereka tidak mengonsumsi daging dan produk dairy, tapi boleh memakan telur.

4. Vegan

Vegan benar-benar tidak mengonsumsi semua produk makanan yang berasal dari hewan, termasuk gelatin, madu, dan sarang burung walet. Nah, biasanya para vegan ini yang seringkali menemukan berbagai macam paduan bahan nabati untuk menyiasati bahan-bahan hewani yang jadi pantangan konsumsi mereka. Salah satunya adalah aquafaba.

Apa Itu Aquafaba?

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: foodsguy.com
Aquafaba merupakan cairan dari hasil memasak kacang-kacangan, khususnya kacang arab yang telah direbus sedemikian rupa. Cairan ini agak kental dan legit dengan konsistensi yang serupa dengan putih telur mentah.

Biasanya, para vegan mendapatkan aquafaba dari cairan kacang arab kalengan ataupun merebus jenis kacang-kacangan lain. Kemudian, cairan tersebut dikocok selama beberapa saat yang perlahan bakal menjadi busa mirip seperti putih telur.

Meski terbuat dari bahan nabati, aquafaba juga memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, aquafaba terbuat dari air rebusan kacang arab yang kaya akan protein, serat, selenium, vitamin B, dan zat besi. Bahkan, kacang satu ini disebut-sebut rendah lemak sehingga pas digunakan bagi siapa saja yang ingin menurunkan berat badan.

Aquafaba sendiri bisa dibuat menjadi beberapa bahan masakan, mulai dari mentega, keju, mayonaise, hingga marshmallow. Cairan ini juga kerap digunakan untuk membuat kue kering, roti, waffle, dan juga cake.

Asal Mula Aquafaba di Dunia Vegetarian

Melansir dari laman New York Times, aquafaba berawal dari Goose Wohlt, seorang pembuat piranti lunak asal Amerika Serikat yang baru saja menjadi vegan. Saat itu, Wohlt diberi tugas membuat meringue vegan untuk sebuah acara keluarga.

Tepat satu hari sebelum acara tersebut berlangsung, istri Wohlt bercerita bahwa ia melihat video dua orang asal Prancis yang memasak menggunakan cairan dari sekaleng kacang arab atau kacang garbanzo.

Wohlt pun mencoba apa yang dikatakan oleh sang istri. Dan ketika air rebusan kacang arab tersebut dikocok, perlahan teksturnya berubah menjadi busa berwarna putih layaknya putih telur. Wohlt menambahkan gula dan wujudnya pun kian berkilau seperti putih telur pada umumnya. Sejak saat itulah Wohlt menamakan cairan tersebut aquafaba yang berarti air dan kacang.

Baca juga : Mengenal Pohon Angsana, Si Penyerap Polutan Udara

Perbedaan Aquafaba Kacang Arab dengan Putih Telur

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: wikihow.com
Meski memiliki wujud yang sama persis, aquafaba kacang arab ternyata cukup berbeda dengan putih telur. Salah satu yang paling mencolok adalah baunya. Putih telur memiliki bau amis yang khas, sementara air rebusan kacang arab ini tidak memiliki bau apapun.

Aquafaba memiliki sekitar 1% protein, sementara putih telur memiliki 10% protein. Hal ini membuat para ahli berpendapat, bahwa seharusnya Anda tidak mengganti putih telur kecuali Anda seorang vegan. Meski kacang arab adalah sumber protein vegetarian yang baik, tapi tidak demikian halnya dengan aquafaba.

Mengutip dari CNN, aquafaba dari kacang arab memiliki 3-5 kalori per sendok makan. Namun sayangnya, aquafaba bukan sumber karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral yang signifikan.




Jadi keunggulannya hanya berasal dari tumbuhan yang secara alami rendah kalori, bebas gluten, dan memiliki konsistensi telur ataupun susu bagi mereka yang memilih atau memang perlu untuk menghindarinya.

Meski tidak memiliki kandungan sebanyak telur, tapi aquafaba juga bisa dijadikan salah satu bahan pengganti telur bagi Anda yang mungkin memiliki semacam alergi. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Pengganti Putih Telur dari Air Rebusan Kacang Arab Bagi Vegetarian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel