Artikel Pilihan

Mengapa Kacang Arab Bagus untuk Menurunkan Berat Badan?

Ciri Ciri Kacang Arab

Salah satu budaya orang Indonesia setelah pulang dari Tanah Suci, baik untuk menjalankan ibadah haji maupun umrah adalah membawa oleh-oleh. Selain air zam-zam, oleh-oleh yang paling populer bagi para jemaah ini adalah kacang arab yang memiliki rasa gurih nan lezat.

Meski demikian, tak banyak orang tahu bahwa sebenarnya kacang arab bukan sekadar oleh-oleh biasa. Pasalnya, kacang arab menyimpan sejuta manfaat, di antaranya ampuh untuk menurunkan berat badan.

9 Alasan Kacang Arab Bagus untuk Menurunkan Berat Badan Berlebih

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: healinggourmet.com
Saat ini ada banyak sekali orang yang mencari solusi praktis demi mengurangi berat badan. Mulai dari mengatur pola makan hingga mengonsumsi pil pelangsing yang nyatanya berbahaya bagi kesehatan.




Salah satu alternatif terbaik yang bisa Anda coba untuk menurunkan berat badan secara alami dan tidak berbahaya adalah dengan mengonsumsi kacang arab. Sebab, kacang arab diketahui mengandung protein nabati serta mineral yang baik untuk menjaga kesehatan.

Baca juga : Bagaimana Budidaya Pohon Waru Untuk Pemula?

Berikut ini beberapa alasan mengapa kacang arab cocok dijadikan pilihan makanan untuk diet :

1. Mengandung serat yang mampu mengoptimalkan kinerja sistem pencernaan

Kacang arab terbukti kaya akan kandungan serat larut maupun tidak larut. Pastinya, Anda pun tahu bahwa salah satu fungsi serat dalam tubuh adalah untuk mengoptimalkan kinerja sistem pencernaan sehingga nutrisi dapat diserap dengan sempurna. Sementara itu, lemak jahat, termasuk kolesterol akan diikat oleh serat dan kemudian dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk feses.

2. Mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama

Salah satu manfaat serat dalam kacang arab adalah membantu menekan nafsu makan sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama.

3. Sumber protein nabati terbaik bagi tubuh

Seperti yang Anda ketahui, ada dua jenis protein, yaitu protein nabati dan hewani. Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu membatasi konsumsi produk hewani dan sebagai ganti atas kebutuhan protein tersebut, Anda bisa mengonsumsi protein nabati. Namun sayangnya, tak banyak jenis makanan yang mengandung protein tinggi, kecuali jenis kacang-kacangan termasuk kacang arab.

4. Mengandung kadar lemak rendah

Kacang arab dikatakan cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan karena mengandung kadar lemak yang cukup rendah. Hal ini menjadikan kacang arab sangat aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang demi mendapatkan berat badan proporsional.

5. Dikenal sebagai sumber pangan yang rendah kalori

Kacang arab juga diketahui memiliki kadar kalori yang cukup rendah. Meski demikian, Anda tetap harus ingat kalau kalori dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi agar mampu melakukan aktivitas sehari-hari.

Baca juga : Inilah Ragam Filosofi Pohon Waru dan Artinya

6. Alternatif sumber karbohidrat

Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh. Meski saat ini diet karbohidrat sedang tren, tapi sebenarnya diet semacam ini cukup berbahaya karena tubuh tidak bisa berfungsi secara optimal tanpa adanya asupan karbohidrat yang cukup. Ketahuilah, kandungan karbohidrat dalam kacang arab berada dalam batas aman untuk dikonsumsi secara rutin.

7. Mengandung vitamin K dosis tinggi

Tak banyak orang tahu, bahwa ternyata vitamin K juga berperan cukup penting dalam proses penurunan berat badan. Sebab, vitamin K memiliki fungsi yang hampir sama dengan kalsium, yaitu memastikan kekuatan dan kesehatan tulang. Pahamilah, untuk apa memiliki tubuh yang ideal jika tidak didukung dengan tulang yang sehat dan kuat.

8. Mengandung berbagai mineral penting

Dalam sebutir kacang arab terdapat berbagai mineral penting bagi tubuh, seperti kolin, selenium, folat, kalsium, zat besi, hingga magnesium. Mineral-mineral ini memiliki peranan penting dalam sistem metabolisme. Sebab, mampu mengoptimalkan pembentukan sel darah merah sehingga proses distribusi nutrisi dan oksigen bisa merata ke seluruh bagian tubuh.

9. Kaya akan kandungan antioksidan





Tahukah Anda, bahwa oksidasi pada sel dapat berujung pada masalah obesitas? Oksidasi sel disebabkan karena adanya pengaruh buruk dari radikal bebas. Nah, salah satu zat yang mampu menangkal radikal bebas ini adalah antioksidan. Namun sayangnya, tubuh kita tidak bisa memproduksi antioksidan yang cukup sehingga mengonsumsi makanan seperti kacang arab bisa jadi solusi terbaik untuk mengatasinya.
Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: healthline.com
Telah banyak penelitian dan berbagai faktor yang membuktikan tentang manfaat kacang arab untuk menurunkan berat badan. Baik dari segi kandungannya yang cocok bagi para vegetarian hingga sejumlah vitamin dan mineral di dalamnya yang mampu mencegah risiko naiknya berat badan. Tapi ingat, bagi Anda yang memiliki masalah dengan sistem pencernaan sebaiknya membatasi konsumsi kacang arab karena bisa menyebabkan mulas dan kembung.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Mengapa Kacang Arab Bagus untuk Menurunkan Berat Badan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel