Artikel Pilihan

9 Langkah Mudah Menanam Kacang Arab Di Rumah

Ciri Ciri Kacang Arab

Kacang arab memiliki musim tanam yang terbilang cukup panjang jika dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya. Tanaman ini membutuhkan waktu kurang lebih 100 hari, mulai dari pembibitan hingga mencapai musim panennya. Meski demikian, kacang arab sebenarnya mudah dirawat, selama Anda menjaga kondisi akarnya dan tidak memberikan air secara berlebihan.

Langkah tepat menanam kacang arab

Apabila Anda berniat untuk menanam sendiri kacang arab di rumah, maka perhatikan beberapa langkah berikut ini :

1. Menanam benih kacang arab

Langkah pertama adalah menyebarkan benih kacang arab setidaknya empat minggu sebelum hari pertama musim penghujan tiba. Pasalnya, benih kacang arab sangat rapuh sehingga Anda harus menanamnya di dalam ruangan ketimbang di tanah yang basah dan lembab.




Apabila Anda tetap berniat menanam benih kacang arab di luar ruangan, maka sebaiknya tunggu sekitar 1-2 minggu sebelum musim hujan datang. Lindungi area tersebut di malam hari dengan mulsa tipis atau sobekan kertas untuk menghangatkan benih tersebut agar tidak rusak.

Perlu Anda ketahui, kacang arab memiliki musim tanam yang cukup lama. Biasanya, tanaman ini membutuhkan waktu sekitar 90-100 hari hingga waktu panen tiba. Oleh sebab itu, Anda harus menanamnya sedini mungkin untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

2. Pilih pot yang mudah terurai

Bibit kacang arab tidak bisa dipindahkan dengan mudah layaknya tanaman jenis lain. Jadi, Anda harus menggunakan pot yang terbuat dari kertas atau gambut agar bisa tetap berada di dalam tanah ketimbang menggunakan wadah plastik ataupun keramik.

Baca juga : Apakah Perbedaan Pohon Ketapang Kencana dan Lainnya?

3. Tanam satu atau dua benih di setiap pot

Sebaiknya, tanam 1-2 benih saja di tiap pot agar kacang arab bisa tumbuh sempurna. Ketika bibit mulai berkecambah, Anda harus mengurangi benih hingga hanya ada satu di setiap potnya. Potong bibit yang lebih lemah di atas permukaan tanah menggunakan gunting yang tajam. Jangan pernah menggalinya, karena Anda bisa merusak akar kacang tersebut.

4. Beri air dan sinar matahari yang cukup

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: harvesttotable.com
Sebaiknya, letakkan pot berisi bibit kacang arab di dekat jendela yang mendapatkan banyak sinar matahari langsung dan jaga permukaan tanahnya tetap lembab. Jangan pernah membasahi benih sebelum menanamnya. Anda juga harus menghindari penyiraman secara berlebihan setelah menanam benih karena hal ini justru bisa merusak benih.

5. Pilih lokasi yang tepat untuk memindahkan bibit

Kacang arab biasanya tumbuh di daerah dengan sinar matahari berlimpah. Jadi, Anda harus memilih area yang mendapatkan asupan sinar matahari secara langsung setidaknya sekitar 6 jam. Idealnya, media tanam yang digunakan harus terdiri dari tanah gembur dengan pengairan yang baik serta mengandung bahan-bahan organik.

6. Menyiapkan tanah terbaik

Untuk meningkatkan kondisi tanah, Anda perlu menambahkan beberapa genggam kompos selama satu minggu sebelum memindahkan bibit kacang arab. Anda juga bisa mencampurkan bahan-bahan penyubur yang kaya potasium dan fosfor untuk mendorong tingkat keberhasilan panen.

Baca Juga : Kapan Usia Pohon Ketapang Siap Untuk Berbuah?

Apabila tanah yang digunakan terlalu padat, campurkan saja pasir agrikultur, kerikil halus, atau penyempurna tanah. Anda juga bisa meningkatkan drainase media tanam tersebut. Namun ingat, jangan mencampurnya dengan lumut, karena lumut cenderung menampung terlalu banyak air.

7. Pindahkan bibit saat musim kemarau

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber : www.asiaseeds.com
Meski rapuh, bibit kacang arab tergolong tanaman yang bisa bertahan hidup di musim hujan. Namun, tanaman ini akan tumbuh lebih baik apabila ditanam di luar ruangan saat musim kemarau tiba. Salah satu syarat yang harus Anda penuhi sebelum memindahkan bibit kacang arab adalah bibitnya harus sudah setinggi 10-12 sentimeter.

8. Mengatur posisi bibit

Alangkah baiknya jika Anda memberi jarak antara bibit yang satu dengan yang lainnya sepanjang 12-15 sentimeter. Lubang yang digali juga harus sedalam pot yang digunakan untuk menanam bibit kacang arab tersebut.

Saat kacang arab mulai tumbuh, tanaman ini bakal berdesakan dengan bibit lainnya karena memang kacang arab termasuk jenis tanaman rimbun. Jadi sebaiknya, tanam kacang arab dengan sejajar, beri jarak jajaran tersebut kurang lebih sejauh 45-60 sentimeter.




9. Tanam bibit kacang beserta pot yang digunakan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap lubang yang Anda gali harus memiliki ukuran cukup besar agar pot bibit bisa turut masuk ke dalamnya. Letakkan saja pot tersebut di dalam lubang, kemudian tutup bagian sisinya dengan tambahan tanah secara perlahan.

Demikian beberapa langkah yang bisa Anda terapkan dalam menanam kacang arab di rumah. Semoga berhasil, ya!

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "9 Langkah Mudah Menanam Kacang Arab Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel