Artikel Pilihan

7 Tips Mudah Menumbuhkan Pohon Basil Dengan Cepat

Jika anda merupakan salah satu penggemar makanan Italia maka anda pasti tahu daun pohon basil. Pohon basil merupakan salah satu tanaman yang biasanya daunnya dimanfaatkan untuk campuran berbagai bahan masakan seperti misalnya untuk dicampur ke dalam salad sayur dan juga biasanya untuk topping pizza.

Daun basil dipilih karena bisa membuat rasa masakan menjadi lebih wangi dan selain itu juga dipilih karena beberapa jenis pohon basil bisa menghadirkan sensasi rasa pedas. Oleh karena itu mengapa banyak sekali masakan Italia yang memanfaatkan pohon basil.

Baca juga : Pohon Pinus Merah atau Red Pine Ternyata Punya Banyak Khasiat Tak Terduga

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda mengenai 7 tips mudah menumbuhkan pohon basil dengan cepat. Simak ulasannya di bawah ini!




1. Tanamlah pohon basil dari biji atau dari bibit pohon basil


Ciri Ciri Pohon Basil

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk bisa mendapatkan pohon basil yang sesuai dengan keinginan anda, yang bisa anda manfaatkan untuk masakan ataupun obat herbal adalah menyiapkan bakalnya dulu. Anda bisa menggunakan biji pohon basil untuk anda tanam, atau anda juga bisa menggunakan bibit pohon basil saja karena akan mudah jika anda memiliki bibitnya.

Jika anda masih pemula dan belum terlalu mengerti bagaimana pohon basil itu maka kami sarankan supaya anda menanam dari bibit pohon basil saja ketimbang dari bijinya karena itu akan lebih mudah untuk anda. Anda bisa membeli bibit atau biji pohon basil di toko pertanian atau mungkin anda bisa membelinya di market place online karena sekarang ini sudah banyak sekali orang yang menjual bibit tanaman secara online.

2. Siapkan tanah yang memiliki drainase yang baik

Pohon basil bisa tumbuh dengan baik jika memiliki sistem drainase yang baik. Ini tergantung pada anda, anda bisa memilih metode yang akan anda gunakan untuk menanam pohon basil. Apakah anda ingin menanamnya di pekarangan rumah atau ingin menanamnya secara indoor di dalam pot. Namun pastikan bahwa pohon basil mendapatkan drainase yang baik.

Baca juga : Jangan Kaget, Di Waktu Ini Pohon Ketapang Meranggas Sempurna

3. Pastikan pohon basil mendapatkan sinar matahari yang cukup

7 tips mudah menumbuhkan pohon basil dengan cepat yang ketiga adalah memastikan bahwa pohon basil yang anda tanam mendapatkan sinar matahari yang cukup. Pada dasarnya pohon basil ini menyukai situasi hangat, pastikan bahwa tanaman pohon basil anda mendapatkan asupan cahaya matahari setidaknya 6 jam setiap harinya. Jika anda menanamnya secara indoor, maka jangan letakkan pohon basil di tempat yang dingin karena pohon basil ini menyukai tempat yang hangat.

4. Menambahkan pupuk

Tips ini sebenarnya tak hanya berlaku untuk pohon basil saja namun untuk pohon yang lainnya juga. Jika anda ingin menanam pohon basil dengan subur dan juga pertumbuhannya cepat maka alangkah baiknya jika anda menambahkan pupuk, anda bisa memberikan tambahan pupuk organik seperti pupuk kompos. Dengan begitu maka tumbuhan pohon basil anda mendapatkan nutrisi yang cukup dan bisa membuatnya tumbuh dengan cepat. Sudahkah anda memberikan pupuk pada pohon basil anda?

5. Sering siram air pada cuaca panas

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: farm6.staticflickr.com
Ketika cuaca di sekitar lingkungan anda menjadi panas maka kami sarankan supaya anda sering menyiram tanaman anda dengan air karena pada dasarnya pohon basil bisa tumbuh dengan baik di tanah yang lembab. Jika cuaca sedang panas dan terik, maka bisa membuat tanah jadi kering.

6. Pangkas pohon basil anda – panen

Jika ingin pohon basil anda tumbuh dengan lebih cepat maka ketika ia sudah mengeluarkan banyak daun basil maka yang seharusnya anda lakukan yang selanjutnya adalah memangkas daunnya secara rutin. Pangkasan yang anda lakukan itu akan membuat pohon basil anda menjadi semakin cepat tumbuh.

7. Jauhkan pohon basil dari serangga dan hama

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: gardeners.com





Supaya pohon basil anda bisa tumbuh dengan baik dan anda bisa sering memanennya maka jauhkan juga pohon basil dari hama dan juga serangga yang mungkin mengganggu. Karena pohon basil ini dikonsumsi maka jangan gunakan insektisida, namun anda bisa menggunakan rumput laut yang telah dicairkan dan diubah menjadi pupuk. Itu akan membantu untuk menghilangkan serangga dan hama.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai 7 tips mudah menumbuhkan pohon basil dengan cepat. Semoga artikel yang kami berikan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda!

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Mudah Menumbuhkan Pohon Basil Dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel