Artikel Pilihan

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Memanen Pohon Basil?

Pohon Basil adalah salah satu jenis tanaman herbal yang sampai sekarang masih banyak digunakan sebagai campuran dari berbagai jenis kuliner. Jika anda ingin memanfaatkan pohon basil untuk campuran masakan anda tiap harinya, maka sekarang anda tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke supermarket untuk membeli pohon basil karena anda bisa memetiknya secara langsung di rumah anda jika anda menanamnya.

Pada dasarnya, menanam pohon basil merupakan salah satu hal paling mudah yang bisa anda lakukan karena ia bahkan bisa ditanam secara indoor maupun outdoor. Banyak dari anda yang bertanya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memanen pohon basil. Penasaran kan, simak ulasannya di bawah ini ya!

Baca juga : Jangan Kaget, Di Waktu Ini Pohon Ketapang Meranggas Sempurna

Atur Waktu Menanam Pohon Basil Anda

Ciri Ciri Pohon Basil

Kami sarankan supaya anda mulai sekarang mencoba untuk menanam pohon basil karena pohon basil ini merupakan salah satu pohon yang membawa banyak manfaat bagi manusia. Entah itu manfaat untuk kesehatan, maupun di bidang kuliner. Hal pertama yang harus anda lakukan jika ingin memanen pohon basil di rumah sendiri, adalah mengatur waktu yang tepat untuk menanam pohon basil anda.




Kami sarankan supaya anda menanam bibit pohon basil atau menabur biji pohon basil di dalam ruangan saat musim panas. Lalu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memanen pohon basil? Diperkirakan dibutuhkan sekitar 50 hingga 75 hari sebelum pohon basil siap panen.

Setelah pohon basil anda memunculkan 6 pasang daun pohon basil pada batangnya, biasanya akan mulai muncul aroma khas pohon basil di puncaknya. Biasanya hal ini terjadi ketika tanaman mulai mengeluarkan kuncup bunganya.

Memanen pohon basil ketika sedang muncul kuncup bunganya merupakan salah satu waktu yang tepat untuk memanennya, karena ketika pohon basil mulai berbunga biasanya akan mempengaruhi rasa dari daunnya.

Memanen Pohon Basil yang Masih Fresh

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: amazonaws.com
Untuk memanen pohon basil ini bisa dibilang sangatlah mudah, karena ketika memanen pohon basil ini tidak ada aturan yang ribet seperti ketika kita memanen tanaman lainnya. Ketika memanen basil maka lakukanlah dengan cara memotong cabang yang ada di bagian atas daun pertama, sehingga bisa tumbuh lagi daun baru.

Baca juga : Berapa Ukuran Pohon Ketapang yang Ideal?

Kemudian waktu terbaik untuk memanen pohon basil yang masih fresh ini adalah di pagi hari, anda bisa memanen pohon basil di pagi hari sebelum matahari terbit karena menanam basil di pagi hari bisa mempertahankan rasa.

Potonglah tanaman sehingga ada sepasang daun yang tersisa di tiap cabangnya. Sebenarnya tidak ada patokan kapan anda harus memanen pohon basil, anda bisa memanen pohon basil ini setiap hari sesuai dengan yang anda butuhkan.

Atau anda juga bisa memanennya seminggu sekali. Pohon basil ini, semakin anda sering memetik atau memanennya maka itu akan membantu anda untuk mendapatkan daun yang baru dan fresh. Selain itu kami sarankan supaya anda memanfaatkan alat pemotong yang anda gunakan menggunakan Listerine atau Pine-Sol.

Bagaimana Cara Menyimpan Pohon Basil

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: maximumyield.com
Setelah anda memanen pohon basil, kemudian langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mencucinya sampai bersih kemudian keringkan daun yang memiliki kualitas yang bagus dan tidak ada memar di bagian daunnya. Anda bisa mengeringkannya dengan menggunakan handuk atau tissue sehingga bisa membuat pohon basil menjadi kering.




Hindarilah suhu yang lebih rendah dari 40 derajat Fahrenheit, karena itu bisa membuat daun dari pohon basil yang anda simpan menjadi hitam. Anda bisa menyimpan daun pohon basil dengan cara mengeringkannya dan kemudian memasukkan ke dalam wadah sebelum memasukkannya ke dalam freezer.

Atau jika tidak, anda bisa mengeringkan daun segar kemudian mengeringkannya dalam dehidrator dan langkah selanjutnya, simpanlah basil kering pada wadah yang kedap terhadap udara sehingga bisa menjaga rasanya.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai penanaman hingga penyimpanan pohon basil. Sekarang pertanyaan anda mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memanen pohon basil, sudah terjawab kan?

Kami sarankan supaya anda menanam pohon basil sendiri di rumah karena itu akan sangat membantu dan memudahkan anda. Semoga artikel yang kami berikan bisa berguna bagi anda semuanya.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Memanen Pohon Basil?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel